Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Cara Membuat & Cetak Struk Pembayaran PLN Yang Sudah dibayar Dengan Word

2 min read

cetak struk pln yang sudah dibayar

Cetak struk PLN yang sudah dibayar terkadang diperlukan bagi masyarakat yang ingin menyerahkan struk pembayaran PLN tersebut untuk berbagai macam keperluan. Akan tetapi, seringkali struk yang sebelumnya sudah didapatkan hilang. Dalam kondisi ini, masyarakat tidak perlu khawatir karena mereka bisa mencetak struk PLN tersebut dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

cetak struk pln yang sudah dibayar

Sementara itu, di sisi lain ada beberapa masyarakat yang membuka usaha pembayaran listrik PLN. Mereka tentu perlu mencetak struk PLN yang sudah disesuaikan dengan biaya administrasi. Oleh karena itu, mereka bisa melakukan beberapa cara membuat struk pembayaran listrik dengan Word. Membuat struk dengan menggunakan Microsoft Word relatif mudah dilakukan karena tidak perlu menginstal aplikasi lain. Sehingga, laptop atau komputer akan bekerja secara lebih ringan.

Jika Anda malas untuk membuat struk dengan Microsoft Word dari awal, Anda bisa download format struk pembayaran listrik PLN ini secara gratis dalam file doc MS Word.

Cara Cetak Struk PLN Yang Sudah Dibayar

Cetak struk PLN yang sudah dibayar dengan aplikasi PLN Mobile bisa dilakukan sebelum membuat struk pembayaran PLN dengan Word. Hal ini dikarenakan cetak aplikasi dengan PLN Mobile bisa dilakukan lebih cepat berbekal aplikasi PLN Mobile di smartphone. Berikut ini beberapa cara untuk cetak struk PLN melalui PLN Mobile.

  1. Instal aplikasi PLN Mobile yang di smartphone. Setelah itu, pengguna bisa membuka aplikasi tersebut sehingga masuk ke dalam tampilan awal aplikasi. Berikut ini salah satu contohnya.cetak struk pln yang sudah dibayar
  2. Setelah itu, pengguna bisa klik Daftar jika belum mempunyai akun. Akan tetapi, jika pengguna sudah memiliki akun, maka mereka bisa melanjutkan proses dengan klik tombol login.
  3. Setelah itu, pengguna bisa memilih menu Kelistrikan di bagian awal aplikasi.
  4. Nantinya akan muncul tampilan kotak dialog baru. Pengguna bisa mengetikkan ID Pelanggan dan Nomor Meter.
  5. Kemudian, pengguna bisa memilih menu History Penggunaan. Nantinya muncul tampilan riwayat pembayaran. Pengguna bisa memilih bulan yang ingin dicetak.
  6. Setelah itu, file struk pembayaran akan dikirimkan melalui email yang terdaftar di akun PLN Mobile. Sehingga, pengguna bisa langsung cetak file struk pembayaran tersebut.

Baca Juga:

Cara Membuat Struk Pembayaran Listrik dengan Microsoft Word

Cara membuat struk pembayaran listrik dengan Word bisa dilakukan dengan membuat sketsa tabel dan format struk tersebut. Setelah itu, pengguna bisa membuatnya dengan menu tabel. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat struk listrik dengan Word.

judul gambar

Cara Membuat Struk PEMBAYARAN Listrik Dengan Word

  1. Pengguna bisa membuat kop atau kepala struk yang berisi keterangan loket dan tanggal pembayaran listrik.
  2. Setelah itu, pengguna bisa membuat tabel untuk informasi struk pembayaran listrik. Cara membuat tabel adalah dengan klik menu Insert pada ribbon tab. Selanjutnya, klik menu tabel dan pilih insert tabel atau draw table. Kotak dialog pembuatan tabel seperti berikut ini:
  3. Jika mengacu pada format struk diatas, kita bisa buat kolom berjumlah 6 buah dengan jumlah 7 barisCara Membuat Struk PEMBAYARAN Listrik Dengan Word
  4. Setelah itu, pengguna bisa mengisikan informasi di tabel tersebut.
  5. Di bawah tabel bisa disebutkan rincian mengenai PLN dan kontak yang bisa dihubungi.
  6. Untuk menghilangkan garis table, seleksi table dahulu dengan cara klik icon tanda 4 panah pojok kiri table.Cara Membuat Struk PEMBAYARAN Listrik Dengan Word
  7. Setelah terseleksi, klik Border pada menu HOME pada group Paragraph.
  8. Kemudian pilih icon tanpa border, maka border pada table akan hilang.cetak struk pln yang sudah dibayar
  9. Selanjutnya tinggal merapikan bagian judul dan bagian contact
  10. Keterangan lainnya bisa Anda tambahkan atau sesuaikan sendiri ya!

Silahkan download file doc Wordnya DISINI.

Atau bisa Anda langsung download tanpa konfirmasi melalui link ini.

Artikel Terkait:

Demikian pembahasan mengenai bagaimana cetak struk PLN yang sudah dibayar serta cara Membuat Struk PEMBAYARAN Listrik dengan menggunakan Microsoft Word. Caranya sangat mudah bukan? Selamat praktek ya, jika bermanfaat bantu kami untuk tetap membuat artikel bermanfaat dengan cara like fanpage Facebook kami!

judul gambar
Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text