Cara Mencari Nama Barang Secara Cepat Dengan Rumus Excel Vlookup

Bagaimana cara mencari nama barang secara cepat di Excel? Selain menggunakan Find and Replace, kita bisa menggunakan rumus Excel Vlookup. Mencari nama yang sama di Excel dengan banyak data menjadi lebih cepat. Anda bisa memakai bebragai versi Excel, Excel 2007, 2010 sampai yang terbaru. Semua bisa dipakai!


Bagi yang bekerja di bidang entry data, tentu Excel bukanlah hal asing. Bahkan berbagai Excel dari versi 2007, 2010, Excel 2016 dan lainnya biasanya telah dikuasai. Dibandingkan dengan Word, Excel lebih memiliki banyak fitur otomatis yang memudahkan pengguna.

cara mencari nama di excel

Misalnya ada perhitungan dengan rumus, cara mencari kata tertentu seperti nama, nama barang dan lainnya, semua itu bisa diselesaikan secara cepat. Bahkan untuk sekedar search nama ada banyak rumusnya, bisa secara manual atau bisa dengan rumus Excel VLOOKUP.

Jika mendapat suatu file, dan di dalamnya sudah terdapat data yang sangat banyak, jika ada nama khusus yang ingin dicari bagaimana caranya. Membutuhkan waktu yang lama jika dicari secara manual. Maka dari itu, ada rumus khusus untuk mencarinya. Bukan hanya memudahkan pencarian, tapi juga mengakuratkan hasil pencariannya. Tapi sebelumnya, caranya harus sudah diketahui terlebih dahulu.

Cara Mencari Nama di Excel dengan Find Replace

Pada saat diminta untuk mencari satu kata di dalam ribuan kata di data Excel, satu satunya cara cepat mencarinya adalah dengan rumus. Ada cara manual juga memudahkan, tapi jadi terlihat kurang profesional. Cara tersebut bisa menggunakan fitur Find and Replace. Seperti arti kata Find yaitu menemukan, maka fungsinya memang untuk mencari kata khusus.

Caranya tinggal klik lambang teropong di pojok kanan atas di kolom HOME. Atau klik Ctrl+F adalah cara mudah untuk aksesnya. Nanti, akan diarahkan ke tabel tabel kata yang dicari.

Related Artikel: Rumus Excel If Bertingkat Dengan Vlookup

Selanjutnya, setelah Find adalah Replace. Replace atau yang berarti menempatkan kembali, bermaksud untuk merubah suatu kata ke kata lain namun secara bersamaan. Replace ini juga bisa dilakukan satu kali cek yaitu dengan Ctrl+H, dengan begitu hanya sekali klik langsung mengarah pada fitur Replace. Ini bisa digunakan untuk mencari dan mengubah nama yang sama di Excel. Sehingga tidak perlu memilih per satu kata untuk diganti. Sehingga hasilnya akan lebih cepat.

Mencari Kata dengan Rumus VLOOKUP

Manfaat VLOOKUP sendiri sebenarnya adalah pada kolom pertama, dicari data datanya. Lalu, pada baris yang sama, diambil nama di sel mana pun dan akan keluar yang yang dicari. Maka untuk melakukannya, rumus VLOOKUP nya adalah sebagai berikut :

=VLOOKUP(NamaYangDicari; TabelReferensi; NomorKolom); [RangeLookup]

 

Keterangan:

Asumsi dari rumus di atas adalah, NamaYangDicari yaitu nama bisa berupa nomor, atau nama yang akan dicari.

Lalu TabelReferensi yaitu gabungan yang akan berhubungan pada nilai yang ada di Nomor Kolom di tabel itu.

Setelah itu di bagian belakangnya ditambahkan RangeLookup untuk membuat hasil pertimbangan nama yang dicari itu persis atau tidaknya.

Lalu, mengapa di belakang terdapat RangeLookup? Itu karena pada hasil akhir yang tertera, bisa terlihat hasil yang tertera adalah sama persis atau hanya mendapat kata yang mendekati. Karena pada saat mendapat data dari luar, kita tidak selalu tahu apakah ada atau tidaknya nama yang akan kita cari. Dengan RangeLookup inilah NilaiYangDicari dan tidak ada dalam data, yang mendekati akan ditemukan.

Baca Dulu: 

Cepat dan Tepat Mencari Nama di Excel

Meski berfokus pada search nama, jika datanya tidak terlalu banyak dan hanya berupa nama secara simpel, maka menggunakan Find and Replace sudah cukup. Namun jika yang dicari berupa kode-kode, maka VLOOKUP adalah solusi terbaik untuk pencarian di ribuan kode di Excel. Maka sebelum menggunakan dua metode ini, pastikan jenis nama seperti apa yang akan dicari. Karena jika search nama biasa dicari menggunakan VLOOKUP akan sedikit lama dan rumit. Jadi lebih baik menggunakan yang simpel. Karena fitur Find and Replace ini bisa secara singkat menggunakan klik otomatis Ctrl+F dan Ctrl+H. Maka sekali klik, langsung terlihat apa saja yang ingin dicari.

Berbeda jika yang dicari adalah nilai-nilai kode. Karena pencarian kode dengan format yang tidak biasa,  VLOOKUP akan memudahkan pencarian. Mau di excel 2007, 2010, atau 2016, cara mencari VLOOKUP tetap sama. Jadi bisa diaplikasikan ke semua tipe Excel. Pastikan yang paling memudahkan dan simpel untuk melakukan pencarian. Selain pengehmatan waktu, hasil dari VLOOKUP juga akan akurat dibandingkan mencari satu-satu dengan fitur Find.

Baca Dulu: 

Silahkan coba mulai mencari nama di Excel, dan gunakan fitur Find and Replace, atau dengan VLOOKUP untuk data yang rumit. Anda bisa menemukan nama atau kode dengan cepat hanya sekali klik-klik. Dan masih banyak lagi rumus di Excel yang bisa diaplikasikan untuk mempermudah pekerjaan data. Pastikan tahu bagaimana cara memakai rumusnya, dan mengerti fitur fitur di Excel agar semakin memudahkan menyeleseaikan pekerjaan. Bukan hanya nama atau nama barang saja yang bisa dicari dengan cepat, bahkan Excel memudahkan untuk hasil perkalian, perjumlahan dan lain sebagainya. Selamat mencoba.

Leave a Reply