Download Contoh Soal Excel Vlookup & Hlookup Beserta Jawabannya

contoh soal excel vlookup dan hlookup dan jawabannya

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas tentang VLOOKUP dan HLOOKUP ini tepatnya di artikel Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP. Pada artikel kali ini akan kami berikan contoh soal excel VLOOKUP dan HLOOKUP dan jawabannya. Kami berikan dalam format Excel dan bisa Anda download langsung sehingga Anda akan lebih jelas memahami rumus yang dipakai.

Baca Dulu: Cara Menghitung Persen Keuntungan

Download contoh soal excel Vlookup dan Hlookup dan jawabannya

Berikut ini adalah gambaran contoh soal Excel Vlookup dan Hlookup yang dimaksud:

Contoh soal Excel HLOOKUP & VLOOKUP 1download contoh soal excel vlookup dan hlookup dan jawabannya

 

Contoh soal Excel HLOOKUP & VLOOKUP 2

Download contoh soal excel Vlookup dan Hlookup dan jawabannya

Pelajari: Cara Mencari Mean di Excel

Contoh soal Excel HLOOKUP & VLOOKUP 3

 

Untuk soal dan jawabannya dalam format Excel silahkan Anda download di link berikut ini.

Untuk sekedar mengingat kembali, Anda bisa pelajari fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dibawah ini. Atau Anda bisa membaca diartikel sebelumnya pada link yang telah kami berikan sebelumnya. Disana juga kami terangkan dengan menggunakan contoh mencari HLOOKUP dan VLOOKUP.

Ketahui: Fungsi Logika Pada Excel

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP

Dalam melakukan pembacaan tabel Excel, ada 2 macam fungsi yang cukup dikenal, yaitu fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP. Kedua fungsi ini merupakan fungsi pembacaan tabel untuk menghubungkan beberapa data yang tersedia dalam suatu tabel. Pada penerapannya, fungsi VLOOKUP digunakan untuk tabel yang disajikan secara vertikal, sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk tabel yang tersusun secara horizontal. Agar dapat lebih memahami fungsi serta penggunaannya, Anda dapat mempelajari contoh–contoh soal Excel mengenai VLOOKUP dan HLOOKUP beserta jawabannya pada link yang telah kami berikan diatas. Soal–soal pada link tersebut telah tersedia dengan jawabannya berikut penjelasan mengenai jawabannya tersebut.

1. Fungsi VLOOKUP
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi Excel VLOOKUP pada dasarnya ditujukan untuk mengambil data dari suatu kolom pada tabel Excel yang tersusun secara vertikal. Dengan kata lain, fungsi Excel ini digunakan untuk membaca tabel dengan memanfaatkan nilai kunci pembanding dan nomor urut kolom atau offset kolom yang dapat memperlihatkan posisi data yang akan dibaca pada kolom-kolom tabel yang ada. Adapun contoh–contoh soal penyelesaian masalah excel yang menggunakan fungsi VLOOKUP dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus berikut:

=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;range_valookup)

 

Atau dapat dibaca sebagai

=VLOOKUP (nilai_kunci, tabel_data, nomor_kolom, tipe_data)

 

Adapun fungsi dari masing-masing variabel pada fungsi VLOOKUP, yaitu:
• Nilai_kunci. Variabel ini menunjukkan nilai yang diajukan dalam pembacaan tabel referensi dan harus ada pada tabel referensi maupun pada tabel yang akan diisi.

  • Tabel_data. Berfungsi sebagai tabel referensi atau tabel bantu yang akan dibaca. Variabel ini berisi range data yang tersusun secara vertikal atau tegak dan berisikan data-data yang digunakan untuk mengisi hasil yang diharapkan. Namun, ketika mengambil isi untuk tabel_data, harus dipastkan judul kolom tidak ikut serta.
  • Nomor_kolom. Nomor_kolom adalah nomor urut kolom dalam membaca tabel referensi/bantu, dimulai dari nomor atau index ke 1 dan seterusnya dari kolom paling kiri.
  • Tipe data: Ada dua jenis data dalam variabel ini, yaitu True dan False. True digunakan saat nilai datanya tidak pasti atau berada pada range tertentu. Sedangkan sebaliknya, False digunakan ketika nilai datanya sudah pasti.
    Agar dapat lebih memahami fungsi excel VLOOKUP ini, Anda dapat melakukan latihan mengerjakan contoh–contoh soal excel mengenai materi pembahasan ini. Contoh–contoh soal excel tersebut kini dapat diperoleh pada banyak sumber yang telah dilengkapi dengan penjelasan jawabannya masing-masing.

Baca Juga: Cara Menambah Sheet di Excel

2. Fungsi HLOOKUP

Fungsi HLOOKUP yakni untuk digunakan mengambil data dari suatu sel atau kolom tabel yang tersusun secara horizontal atau untuk membaca tabel horizontal dengan nilai kunci pembanding dan nomor urut baris yang memperlihatkan posisi masing-masing data pada baris-baris tabel horizontal tersebut. Adapun contoh soal penyelesaian masalah excel yang menggunakan fungsi HLOOKUP dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus berikut:

=HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;range_lookup)

 

Atau dapat dibaca sebagai

=HLOOKUP (nilai_kunci, tabel_data, nomor_baris, tipe_data)

 

Masing-masing fungsi dari variabel HLOOKUP hampir sama dengan variabel pada fungsi Excel VLOOKUP. Hanya saja yang membedakannya adalah susunan data yang akan diambil, dimana VLOOKUP tersusun secara vertikal dan HLOOKUP secara horizontal. Adapun fungsi masing-masing variabel HLOOKUP, yaitu:

  • Nilai_kunci. Merupakan alamat suatu sel dari kolom tab yang digunakan sebagai kunci pembacaan tabel.
  • Table_data. Merupakan range tabel yang akan dibaca yang mana data-data dalam range tersebut harus diurutkan terlebih dahulu dengan metode ascending atau pengurutan data secara terbalik. Dalam tabel_data, kolom pertama harus berisi nilai kunci pembanding yang akan dibandingkan dengan nilai kunci pada tabel induk.
  • Row_index_num. Merupakan nomor urut baris pada tabel yang akan dibaca dan yang akan digunakan sebagai penentu posisi.

Pelajari: Rumus CAGR Excel

Selanjutnya, agar pemahaman mengenai soal fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP bisa lebih dalam, Anda dapat mencoba untuk mengerjakan contoh soal Excel VLOOKUP dan HLOOKUP dengan menggunakan acuan rumus yang telah dijelaskan sebelumnya. Contoh–contoh soal Excel mengenai bahasan materi ini telah cukup mudah di temukan di internet dan juga telah dilengkapi dengan jawabannya.

Leave a Reply