Apa Fungsi Title Bar Pada Microsoft Word?

Jelaskan fungsi title bar pada Microsoft Office Word !

Adik-adik pastinya mendapatkan pertanyaan seperti ini sewaktu mau belajar Ms office Word pertama kali. Yup, sebelum praktek pastinya harus mengenal bagian-bagian dari Ms Word termasuk Title bar. Bagian-bagian dari aplikasi Microsoft Word ada banyak sekali. Namun semua itu tidak perlu kita hafalkan semua. Cukup mengetahui dan bisa menggunakan fitur Word saja kita sudah bisa mengoperasikan dan membuat dokumen Word sesuai keinginan kita.

Fungsi Title Bar Pada Microsoft Word

Lalu apa itu title bar pada Microsoft Word? Untuk mengetahuinya, kita ketahui pengertian dari title bar terlebih dahulu.

Ketahui: Apa Itu Print Preview?

Pengertian Title bar

Title bar adalah istilah bahasa inggris untuk menampilkan sebuah nama judul dari sebuah file atau dokumen program yang sedang aktif.

Title bar pada Microsoft Office adalah salah satu bagian dari program Microsoft Office, baik Ms Word, Excel atau PowerPoint atau aplikasi Microsoft Office lainnya berupa nama atau judul file program atau aplikasi yang aktif.

Letak title bar ini biasanya ada pada bagian atas jendela aplikasi Microsoft Office baik Word, Excel maupun PowerPoint.

Pada Ms Word, baik Ms Word 2007, 2010 sampai 2016 dan 2019, title bar ini tetap berada di bagian atas tengah.

Cari Tahu: Fungsi Drop Cap

Apa fungsi title bar pada Microsoft Word?

Fungsi title bar pada Microsoft Word adalah menampilkan judul dokumen Ms Word atau nama dokumen Word yang sedang dibuka atau aktif yang terletak dibagian atas dari aplikasi MS Word.

Dengan adanya title bar ini, kita jadi tahu, bahwa file tertentu tersebut sedang aktif dan kita buat atau edit. Disamping itu, disaat kita memiliki banyak file Word, nama file itulah yang muncul dalam title bar.

Jadi dengan nama file tersebut kita tidak bingung lagi jika ingin mengedit atau membuka file yang kita inginkan. Kita tidak terlalu lama mencari file atau dokumen yang kita inginkan.

Fungsi title bar pada Microsoft Word ini juga mencakup fungsi pada program Microsoft Office yang lain, seperti Excel dan Power Point.

Pelajari: Kegunaan Shape Tool Ms Word

Title bar Microsoft Word 2016, 2019

Title bar Microsoft Word

Title bar Microsoft Word 2016

Pada title bar Microsoft Office 2016 dan 2019 dibagian pojok kiri disamping judul atau title bar terdapat Quick Access Toolbar. Sedangkan bagian kanan title bar terdapat Window Management.

A. Quick Access Toolbar

Secara default pada Microsoft Office Word 2016, Quick Access Toolbar terdapat ikon Save, ikon Undo dan Redo serta panah kecil kearah bawah (Customize Quick Access Toolbar).

Pelajari: Fungsi Merge Cell dan Split Cell

B. Window Management
Window management atau disebut juga kontrol jendela pada Ms Word terdiri dari:

  • Ribbon Display Options, berfungsi dalam menampilkan serta menyembunyikan ribbon aplikasi Word.
  • Minimize
    Minimize ini berfungsi untuk menampilkan jendela Microsoft Word ke mode latar belakang pada taskbar.
  • Restore & Down Maximize
    Pada ikon 1 buah kotak kecil berfungsi untuk membuat tampilan jendela Ms Word jadi penuh. Sedangkan kotak kecil 2 berfungsi mengecilkan tampilan jendela (Restore Down).
  • Close
    Pada bagian kanan title bar atau bagian pojok atas sebelah kanan terdapat tombol silang atau disebut tombol close yang berfungsi untuk menutup aplikasi Ms Word.

Baik pada lembar kerja Excel atau Power point terdapat tombol Close disebelah pojok kanan atas yang berfungsi untuk menutup aplikasi Microsoft Office.

fungsi title bar pada microsoft word

Fungsi title bar pada Microsoft Word

Microsoft office Word cenderung dipakai untuk pembuatan dokumen berupa tulisan atau teks. Sedangkan Microsoft Office Excel cenderung ke data angka, perhitungan matematika atau pembuatan grafik. Sedangkan Powerpoint lebih ke pembuatan file presentasi.

Pelajari:

Apa yang dimaksud dengan Microsoft Word?

Pengertian Microsoft Word adalah program pengolah kata yang berfungsi dalam membuat dan mengedit text atau tulisan dilengkapi berbagai fitur atau fasilitas pendukung.

Hasil Microsoft Word adalah tulisan atau text dalam bentuk file dengan berbagai alternatif ekstensi, yang paling populer adalah ekstensi file .doc atau docx. File inilah yang nantinya dapat dicetak menjadi hardcopy atau dokumen berupa kertas yang berisi tulisan yang telah dibuat sebelumnya.

Pengertian Microsoft Word lainya adalah software buatan Microsoft yang memiliki berbagai fitur dan berfungsi dalam membuat dokumen softcopy berupa file yang dapat dicetak menjadi hardcopy (dokumen).

Microsoft Word menawarkan sejumlah fitur yang berguna bagi penggunanya. Selain huruf dan angka, Word memungkinkan Anda untuk menyisipkan gambar, tabel, dsb dan dapat disimpan dalam format txt atau bahkan pdf.

Sejarah Microsoft Word

  1. Word 1.0, versi awal Microsoft Word, dirilis ke publik pada Oktober 1983.
  2. Mantan programmer Xerox Charles Simonyi dan Richard Brodie dikatakan telah menciptakan versi awal Microsoft Word.
  3. Pada tahun 1981, pendiri Microsoft Bill Gates dan Paul Allen mempekerjakan mereka berdua karena keahlian mereka.
  4. Microsoft Word adalah perangkat lunak WYSIWYG (What You See Is What You Get), yang berarti apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan.
  5. Ini menyiratkan bahwa apa pun dokumen yang muncul di layar akan sama setelah dicetak.
  6. Selain itu, fitur-fiturnya terus ditingkatkan untuk kepentingan konsumennya.
  7. Tahun 1985, Microsoft Word 2.0 diperkenalkan. Beberapa fitur baru disertakan dalam edisi ini, termasuk pemeriksaan ejaan dan jumlah kata.
  8. Setelah beberapa tahun, Microsoft mengkode ulang perangkat lunak tersebut berkali-kali sehingga dapat digunakan pada beberapa sistem operasi, termasuk DOS (Disk Operating System) dan Mac.
  9. Microsoft meluncurkan Word 6.0 pada tahun 1993, yang diketahui digunakan pada Mac, DOS, dan, pastinya Windows.
  10. Microsoft Word 6.0 juga merupakan versi final yang dirancang untuk bekerja pada sistem operasi DOS. Ini juga merupakan versi final yang diberi nama dan nomor versi.
  11. Karena itu, versi berikut diberi label dengan tahun rilis, seperti Microsoft Word 1998, dan seterusnya.
  12. Microsoft secara konsisten menerbitkan versi baru Microsoft Word setiap dua hingga tiga tahun sejak saat itu.
  13. Microsoft Word 2019, yang diluncurkan pada akhir 2018, adalah versi terbaru dari perangkat lunak Microsoft Word.

Baca Lagi:

Demikian penjelasan mengenai title bar pada Microsof Word, semoga bermanfaat buat Anda atau adik-adik SD serta SMP yang baru mulai belajar komputer. Terutama Microsoft Office, dimana program yang satu ini sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan terutama pembuatan dokumen berupa teks maupun data angka. Sangat disayangkan jika kita tidak bisa mengopeasikan atau menggunakan program buatan Microsoft ini. Karena fungsinya banyak sekali terutama pelajar dan orang yang bekerja di kantor.

Leave a Reply