Cara Menambah & Menghapus Beberapa Sheet di Excel Sekaligus

Bagaimana cara menambah dan menghapus beberapa sheet di Excel sekaligus? Sebenarnya caranya sangat mudah. Namun, bagi yang baru mengoperasikan Excel akan sedikit kebingungan, terutama menambah beberapa sheet Excel sekaligus.

cara menambah sheet excel
Sebelum kita ketahui cara menghapus serta menambah sheet di Excel, di artikel sebelumnya kami telah jelaskan apa itu sheet, worksheet dan workbook. Untuk singkatnya, kami uraikan seperti dibawah ini.

Baca Dulu:

 

Pengertian Workbook Excel

Definisi workbook diartikan sebagai buku kerja pada aplikasi Ms Excel. Gambaranya adalah 1 file Excel yang berisi data ini bisa kita sebut 1 workbook. File Excel atau workbook tersebut biasanya berekstensi xls atau xlsx. Bisa juga ekstensi lain yang sepertinya jarang kita pakai yaitu .xlam serta .xlsb.

Didalam workbook ini terdapat worksheet. Worksheet ini terdapat beberapa sheet Excel. Anda bisa menambah sheet Excel atau menghapus sesuai kebutuhan.

Pengertian Workbook Excel

Pengertian worksheet Excel

Seperti disinggung diatas, worksheet adalah lembar kerja pada aplikasi Microsoft Excel dimana kita bisa mengolah data, membuat tabel dan masih banyak fungsi yang lainnya.

Secara default, saat kamu membuka workbook atau file Excel, dibagian bawah sudah tertera Sheet1 Sheet2. Inilah worksheet dimana kamu bisa memasukan data, mengolah data, membuat tabel dan lain sebagainya.

Cara menambah sheet di Excel

Untuk menambahkan lembar kerja baru, pada Excel 2013 sudah tersedia tanda “+”. Tanda “+” jika kita klik maka akan langsung muncul worksheet baru pada workbook Excel Anda.

Jika pada Ms Office 2007, tidak ada tanda “+” melainkan tanda lembar kertas kecil. Jika Anda klik maka akan menambah lembar kerja baru.

Bagaimana jika kalian ingin menyisipkan lembar kerja diantara lembar kerja sebelumnya?

Contoh, kita akan menambah lembar kerja baru diantara lembar kerja 1 dan 2.

  • Maka tinggal klik kanan Sheet2
  • Lalu pilih Insert

Cara menambah sheet di Excel

  • Kemudian muncul jendela, pilih Worksheet, lalu klik OK

Cara menambah sheet di Excel

Maka akan muncul sheet3 diantara sheet1 dan sheet2.

Bagaimana bila ingin menambah beberapa lembar kerja sekaligus?

Jika kalian ingin menambahkan 3 lembar kerja dan sudah ada 3 lembar kerja, maka tinggal tekan tombol SHIFT dan tahan lalu seleksi 3 lembar kerja tersebut. Lalu klik kanan salah satunya, pilih Insert. Maka akan muncul lembar kerja baru berjumlah 3 buah.

Baca Juga:

 

Cara menghapus sheet di Excel sekaligus

Bagaimana menghapus beberapa lembar kerja sekaligus?

Jika kalian ingin menghapus beberapa worksheet sekaligus, maka cukup tekan tombol Shift dan tahan, lalu tekan tombol Delete di keyboard. Maka lembar kerja yang kita seleksi tadi akan terhapus.

Demikian panduan sederhana tentang cara menambah dan menghapus sheet di Excel. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply