Apa Yang Dimaksud Dengan Fungsi Logika Dalam Microsoft Excel?

Apa Yang Dimaksud Dengan Fungsi Logika Dalam Microsoft Excel

Apa yang dimaksud fungsi logika dalam Microsoft Excel?

Yang disebut fungsi logika adalah fungsi Excel yang dipakai dalam membandingkan 2 atau lebih suatu kondisi tertentu.

Fungsi logika adalah salah satu fungsi Excel yang sering digunakan. Bisanya, fungsi logika dipakai dalam membandingkan suatu data dalam skala yang besar.

Fungsi logika pada Excel dan contohnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Fungsi Logika Dalam Microsoft Excel

Fungsi logika pada Excel contohnya apa saja?

1. Fungsi IF

Fungsi IF memberikan peran dalam membandingkan suatu kondisi, tepatnya 2 kondisi. Jika lebih dari itu maka memakai rumus IF bertingkat.

Contoh penulisan rumus fungsi logika IF:

=IF(D5<6;”Tidak Lulus”;”Lulus”)

 

Penjelasan lain bisa di baca di Rumus Excel Membuat Keterangan Lulus Dan Tidak Lulus.

2. Fungsi OR

Fungsi OR dipakai dalam membandingkan 2 atau lebih suatu kondisi tertentu dan menghasilkan nilai keterangan Benar (TRUE) apabila semua terpenuhi dan Salah (FALSE) apabila salah satunya tidak terpenuhi.

Contohnya:

=IF(OR(D5<60;E5<60;F5<60);”Tidak Lulus“;”Lulus“)

 

3. Fungsi AND

Fungsi AND adalah fungsi logika pada Excel guna melakukan pengujian dengan hasil TRUE jika semua nilai benar dan FALSE ketika bernilai salah. Rumus AND memakai teori serta dasar matematika modern.

Contoh penggunaan rumus AND:

=IF(AND(D5<60;E5<60;F5<60);”Tidak Lulus“;”Lulus“)

 

4. Fungsi NOT

Fungsi NOT adalah fungsi yang dipakai menggembalikan keadaan logika, misal nilai TRUE menjadi FLASE atau sebaliknya FALSE menjadi TRUE.

Contoh penggunaan rumus NOT:

=NOT(C5=D5)

 

5. Fungsi IFERROR

Fungsi IFERROR pada Excel adalah fungsi logika yang dipakai untuk mengecek ada kesalahan atau error pada fungsi Excel atau tidak.

Fungsi ini akan mengembalikan nilai ekspresi apabila tidak terjadi kesalahan.

Rumus IFERROR:

=IFERROR(value, value_if_error)

 

Pelajari: Pengertian Cell dan Range

6. Fungsi FALSE

FALSE berfungsi untuk menampilkan logika salah tanpa kamu harus memasukkan argumen dulu pada suatu cell tertentu.

Contoh syntagnya:

=FALSE(A9:A20)

7. Fungsi TRUE

Berfungsi untuk menampilkan logika nilai yang benar tanpa harus memasukan argumen terlebih dahulu pada suatu cell tertentu.

Baca Juga: Cara Menggandakan Fungsi ke Cell Tertentu

8. Fungsi IFS

Berfungsi dalam memeriksa satu persyaratan ataupun lebih terpenuhi ataukah tidak serta mengembalikan yang sesuai dengan syarat dari argumen TRUE pertama.

Fungsi IFS ini dipakai menggantikan fungsi IF bercabang dan fungsi iin hanya ada mulai Ms Office 2016 maupun Ms Office Excel online.

Menggunakan IFS ini memungkinkan kita untuk menggunakan rumus IF yang lebih pendek sehingga akan lebih mudah untuk dibaca.

Rumusnya yaitu:

=IFS(logical_test, value_if_true, … )

Baca dulu: Cara Copy Paste Excel kebawah

9. Fungsi IFNA

Fungsi IFNA berguna dalam mengembalikan nilai yang telah ditentukan sebelumnya apabila terjadi kesalahan berupa #N/A, apabila tidak maka ini akan mengembalikan hasil dari rumus.

Ketika kesalahan terjadi seperti hasil #N/A, maka rumus IFNA ini akan memperbaikinya.

Rumus IFNA Excel:

=IFNA(value, value_if_na)

Baca Dulu: Cara Copy Paste Sheet Excel

10. Fungsi XOR

Fungsi XOR adalah fungsi yang berguna dalam mengembalikan nilai TRUE apabila kedua kondisi TRUE. Formula XOR ini mulai diperkenalkan di MS Office 2013.

Rumus fungsi XOR adalah:

=XOR (logical1; logical2; …)

 

Baca juga: Download Rumus Perhitungan PPH 21

11. Fungsi SWITCH

Berguna dalam mengevaluasi suatu ekspresi pada daftar nilai serta mengembalikan hasilnya ke nilai semula. Apabila tidak ada kecocokan dalam pengujian, maka nilai standar bisa dikembalikan.

Rumus SWITCH ini mulai ada di Microsoft Office 2016.

Rumusnya:

=SWITCH(expression;value1;result1;[default_or_value2];[result2]; …)

 

Baca Juga: Bagian Menu Ikon Save Redo dan Undo

Fungsi logika dalam Microsoft Excel dipakai memperkenalkan pengambilan keputusan dalam evaluasi suatu rumus Excel. Fungsi logika pada Excel berguna dalam mempermudah olah data dalam jumlah yang banyak. Dengan rumus logika Excel maka pekerjaan akan lebih mudah dan cepat terselesaikan. Misalnya, menentukan status para siswa lulus tidak lulus, menentukan apakah dalam 1 perusahaan para karyawan tersebut sudah lunas hutangnya atau belum dan lain sebagainya.

One Reply to “Apa Yang Dimaksud Dengan Fungsi Logika Dalam Microsoft Excel?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *