Bagaimana Rumus Excel Menghitung Jam Lembur?

4 min read

File Excel perhitungan lembur — Hingga saat ini, masih banyak yang bingung mengenai rumus Excel menghitung jam kerja lembur seorang pegawai atau karyawan. Pada umumnya, perhitungan lembur mengacu pada jumlah waktu ekstra yang dihabiskan karyawan untuk bekerja di samping jam kerja reguler atau biasa. Dengan kata lain, setiap jam kerja karyawan yang melebihi waktu kerja yang dijadwalkan bisa dikatakan lembur.

rumus excel menghitung jam lembur

Lembur adalah hal biasa atau bahkan wajib bagi karyawan di industri seperti konstruksi, IT, Manajemen, retail, dan sebagainya. Perhitungan waktu kerja normal berbeda dari satu industri ke industri lain.

Bahkan masih ada beberapa perusahaan yang menerapkan waktu lembur ekstrim. Namun biasanya beberapa perusahaan memiliki jam kerja 8 jam hingga 10 jam per hari.  Sebuah perusahaan menentukan jam kerja normal tergantung pada jenis pekerjaan dan praktik terbaik suatu profesi.

Rumus Excel menghitung jam kerja

Negara-negara di seluruh dunia telah mengatur Undang-undang Ketenagakerjaan dengan mempertimbangkan waktu jam lembur untuk mencegah karyawan dipaksa bekerja berjam-jam.  Undang-undang ini bahkan memuat peraturan tentang kompensasi lembur yang tentu bersifat saling menguntungkan.

  1. Waktu dan Upah Lembur Sesuai Aturan Pemerintah

Sebelum menggunakan rumus perhitungan lembur Excel, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu ketentuan waktu dan upah lembur yang baru. Sebab ketentuan mengenai perhitungan lembur ini sekarang mengacu pada Pasal 13 PP No. 35 th. 2021. Dimana perhitungannya sendiri dibedakan atas waktu kerja lembur yang dilakukan, yakni saat hari kerja dan hari libur resmi.

Jadi, untuk lembur pada hari kerja biasa maka cara menghitung jam lembur di Excel menggunakan ketentuan satu jam pertama dibayar sebesar 1,5 kali upah satu jam. Lalu setiap jam berikutnya akan dibayar 2 kali upah satu jam. Sementara lembur pada hari libur resmi untuk 6 hari kerja dengan 40 jam kerja dalam seminggu, memiliki ketentuan seperti berikut.

  1. Jam ke-1 sampai ke-7 dibayar 2 kali upah satu jam.
  2. Jam ke-8 dibayar 3 kali upah satu jam.
  3. Jam ke-9 sampai ke-11 dibayar 4 kali upah satu jam.

Selain itu, rumus Excel menghitung jam lembur juga akan memperoleh hasil yang berbeda apabila lembur dilakukan pada hari libur resmi yang jatuh di hari kerja terpendek. Ketentuannya akan menjadi seperti berikut.

  1. Jam ke-1 sampai ke-5 dibayar 2 kali upah satu jam.
  2. Jam ke-6 dibayar 3 kali upah satu jam.
  3. Jam ke-7 sampai ke-9 dibayar 4 kali upah satu jam.

Lalu untuk karyawan yang bekerja 5 hari kerja dengan ketentuan 40 jam seminggu, untuk lembur yang dilakukan pada hari libur resmi, maka cara menghitung upah per jam di Excel akan mengacu pada ketentuan berikut.

  1. Jam ke-1 sampai ke-8 dibayar 2 kali upah satu jam.
  2. Jam ke-9 dibayar 3 kali upah satu jam.
  3. Jam ke-10 sampai ke-12 dibayar 4 kali upah satu jam.

Rumus Excel menghitung jam lembur juga tidak boleh melupakan ketentuan yang berbunyi perhitungan upah lembur mengacu pada upah bulanan. Kemudian cara menghitung upah satu jam adalah dengan 1/173 kali upah sebulan. Sebagai contoh Candra bekerja dengan total upah sebulan senilai Rp. 4.325.000, maka upah setiap satu jamnya = Rp. 4.325.000/173 = Rp. 25.000.

Baca Juga: Cara Mengolah Data Kuesioner Manual

  1. Menghitung Gaji Lembur Karyawan

Sebagai contoh, lihat gambar file Excel perhitungan lembur berikut.

Menghitung Gaji Lembur Karyawan

Pada gambar di atas terlihat beberapa nama karyawan dengan jam masuk dan jam pulang untuk waktu lembur. Yang mana masing masing karyawan memiliki total jam kerja lembur yang berbeda antara satu sama lain. Untuk rumus Excel menghitung jam kerja, bisa menggunakan yang standar seperti =((D8-C8)-INT(D8-C8))*24.

Ketentuannya yaitu jam pulang dikurangi jam masuk, lalu masukkan rumus INT dan masukkan lagi jam pulang dikurangi jam masuk, berikutnya dikali 24 untuk mewakili jam. Fungsi INT sendiri adalah rumus Excel yang digunakan untuk membulatkan angka ke integer terdekat. Sehingga total jam kerja lembur untuk karyawan pun akan didapat dengan akurat.

Setelah menggunakan rumus Excel menghitung jam lembur, selanjutnya menghitung gaji lembur karyawan. Bisa menggunakan rumus seperti =HOUR(D8-C8)*$C$4+MINUTE(D8-C8)/60*$C$5. Karena di sini berkaitan dengan waktu, maka menggunakan rumus HOUR. Lalu masukkan jam pulang dikurangi jam masuk, dan dikalikan gaji per jam-nya.

Jangan lupa gaji per jam harus diabsolut, karena semuanya nanti pada jam yang anda cari akan dikalikan Rp.25.000. Cara menggunakan kunci absolut sendiri sangat mudah, yakni dengan menambahkan tanda $ di depan nomor baris, atau bisa langsung menggunakan tombol F4 di keyboard. Berikutnya tambahkan dengan rumus minute, karena ada sisa menit di waktu lembur karyawan.

Download perhitungan lembur Excel berikut untuk melihat hasilnya.

judul gambar

cara menghitung jam lembur di excel

Perhitungan dengan Excel tentunya akan membantu anda mendapatkan hasil yang lebih akurat, dengan meminimalisir potensi human error yang bisa terjadi. Dengan begitu karyawan pun akan mendapat yang benar benar sesuai haknya.

Baca Dulu: Rumus Excel Menghitung Gaji Pokok Dengan IF

Form lembur Excel

Contoh lain untuk menghitung jam lembur, bisa Anda lihat perhitungan dibawah ini.

Jika tertarik untuk mempelajari bagaimana perhitungan rumus jam kerja lembur dengan Excel, perhatikan work sheet berikut:

rumus menghitung jam lembur dengan excel
Rumus menghitung jam lembur dengan Excel

Pada lembar kerja di atas, kita bisa menghitung gaji pegawai berdasarkan jam kerja efektif dan lembur per individu. Di sini kita mematok jam kerja masuk pukul 07.00 dan jam pulang pada pukul 16.00. Nantinya waktu ini bisa bersifat fleksibel sesuai kebutuhan. Sementara upah kerjanya adalah Rp 40.000 per jam di jam kerja biasa. Jika lembur, maka bertambah Rp 10.000 menjadi 50.000 per jam.

Karena kita akan mencari berdasarkan jam kerja lemburnya, maka dibuat keterangan Lembur apabila melebihi jam 16:00. Maka dapat disimpulkan apabila seorang pegawai atau karyawan bekerja lebih dari pukul 4 sore, jam kerjanya telah dihitung lembur.

Baca Dulu: Cara Menghitung Bonus Karyawan Menggunakan Excel

Rumus Excel Menghitung Jam Lembur Kerja

Untuk mengetahui jam lembur kerja, maka terlebih dahulu harus dicari jam efektif kerja karyawan. Setelah memperoleh jumlah jam kerja efektif, baru bisa dilanjutkan untuk mencari total jam lembur. Cara yang digunakan sangat mudah, cukup ikuti rumus berikut berdasarkan worsheet diatas:

  1. Jam efektif dihitung dengan rumus =TIME(16;0;0)-C7
  2. Blok dan tarik ke bawah untuk mempercepat kerja
  3. Total jam kerja dapat dihitung dengan rumus =D7-C7
  4. Blok dan tarik ke bawah
  5. Untuk menghitung waktu lembur, maka gunakan rumus total jam kerja dikurangi jam efektif, yakni =F7-E7
  6. Setelah diblok dan tarik ke bawah, maka kita akan mendapatkan hasil total lembur per masing-masing karyawan

Rumus dii atas sangat berguna untuk mengetahui selisih jam kerja dari masing-masing karyawan di sebuah perusahaan. Namun bagaimana jika ingin menghitung gaji atau upah yang didapatkan? Tenang saja, cara yang digunakan pun hampir mirip dan tidak terlalu sulit.

Baca Dulu: Download Contoh Soal Perhitungan PPh Pasal 21 Terutang di Excel

Rumus Perhitungan Upah Lembur

Setelah mengetahui jumlah jam kerja efektif dan jam lembur, langkah selanjutnya adalah menghitung upah atau gaji masing-masing karyawan. Maka dari itu cukup ikuti rumus berikut ini:

  1. Untuk menghitung upah berdasarkan jam efektif, gunakan rumus =(HOUR(E7)*D3 setelah itu jangan lupa dikunci dengan tombol F4 dan beri simbol tutup kurung. Rumus yang akan muncul di layar akan menjadi =(HOUR(E7)*$D$3) lalu lanjutkan dengan mengetik rumus: +(MINUTE(E7)*$D$4) dan tekan Enter. Rumus yang akan muncul di layar sebelum dienter adalah =(HOUR(E7)*$D$3)+(MINUTE(E7)*$D$4)
  2. Setelah mendapatkan upah berdasarkan jam efektif, jangan lupa diblok dan tarik ke bawah untuk mempercepat kerja. Selanjutnya kita harus menghitung upah berdasarkan jam lembur karyawan. Rumus excel yang digunakan sama, hanya berbeda cell saja.
  3. Untuk menghitung upah berdasarkan jam lembur, gunakan runus =(HOUR(G7)*E3 dan jangan lupa lock dengan F4 lalu tambahkan tanda tutup kurung. Selanjutnya lanjutkan dengan +(MINUTE(G7)*E4 dan lock kembali disertai tanda tutup kurung. Rumus yang akan muncul di layar sebelum enter adalah =(HOUR(G7)*$E$3) +(MINUTE(G7)*$E$4)
  4. Setelah mendapatkan hasilnya, jangan lupa blok dan tarik ke bawah
  5. Untuk menjumlahkan upah yang didapatkan karyawan, cukuo gunakan rumus =H7+I7 dan Enter

Artikel Terkait: 

Itulah rumus hitung lembur dalam excel yang sangat simpel dan mudah diingat. Rumus ini bisa diterapkan untuk mengetahui jumlah jam kerja efektif beserta upah yang didapatkan masing-masing karyawan berdasarkan jam lemburnya. Jangan lupa dipraktekkan supaya mudah diingat.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.