Bagaimana Perintah Untuk Menyisipkan Kolom di Excel?

Ada pertanyaan nih seputar soal Excel yakni:

Perintah untuk menyisipkan kolom di Excel adalah …

Dibawah ini kami uraikan jawabannya buat kalian, semoga membantu!

Pada artikel yang lampau kami sudah membahas tentang fungsi Insert dan cara membuat baris kosong diaplikasi Excel. Nah, pada kesempatan kali ini tak jauh berbeda pembahasannya dari panduan yang lalu yakni berkaitan perintah dalam menyisipkan kolom.

Tak sedikit para pelajar bertanya – tanya perihal melakukan perintah membuat atau menambahkan kolom di Microsoft Excel. Biasanya ini ada di saat siswa mempelajari TIK. Misalnya soal pilihan ganda: Perintah untuk menyisipkan kolom adalah …

Menyisipkan Kolom di Excel

Dari salah satu soal TIK itu saja bisa kamu ketahui satu point. Yaitu itu terkait akan kata “kolom”. Kata kolom ini dalam bahasa Inggris berarti “Column”.

Nah, tentu kalimat yang mengandung kata “Column” merupakan pilihan yang tepat. Lebih tepatnya jawaban dari pertanyaan tersebut Entire Column.

Lalu bagaimana cara menambahkan kolom secara cepat dan mudah?

Baca Dulu:

 

Menyisipkan kolom dengan INSERT

Tutorial waktu yang lalu juga telah kami kupas secara tuntas mengenai fungsi Insert guna menambah kolom maupun baris. Agar semakin jelas, kalian dapat simak kembali karena kami urai satu – persatu.

Insert Cells

Insert Cells dipakai dalam menambah 1 cell saja.

Insert Cells

Sebagai contoh menggunakan Insert Cells versi Excel 2010, lalu pilih Shift cells right. Kita akan menambahkan satu kolom antar kolom A dan B dibawah ini. Maka jika posisi kursor atau pointer pada kolom A, kolom akan muncul diantara kolom A dan kolom B. Kolom B otomatis bergeser ke arah kanan.

Insert shift Cells

Untuk Ms Office Excel 2013, kita menerapkan metode klik kanan guna menyisipkan kolom. Misal, ada tabel seperti ini.

menyisipkan kolom

Berikutnya, kita mau tambahkan kolom sebelum “ALAMAT”. Maka kita klik saja cell B1. Lalu klik kanan –> Insert… –> pilih Entire Column, selanjuntya klik OK.

Entire Column

Selanjutnya akan terlihat kolom baru tepatnya sebelah kiri “ALAMAT”.

perintah untuk menyisipkan kolom

Guna menyisipkan baris, sebenarnya kami sudah membahasnya di panduan Excel sebelumnya. Jadi tidak akan kita bahas lagi disini.

Untuk Ms Excel 2010, kita bisa menyisipkan kolom dengan memakai Insert Sheet Columns. Fitur ini dijumpai pada Excel 2010 juga versi lain.

Langkah – langkahnya:

Di tab HOME, pilih Cells –> lalu klik Insert –> kemudian klik Insert Sheet Columns.

Insert Sheet Columns

Pada Office Excel lainnya, seperti Excel 2013 juga sama. Perintah dalam menyisipkan kolom, kalian tinggal klik Insert pada tab HOME. Lalu pilih Insert Sheet Columns.

Sedangkan Insert Sheet fungsinya adalah menambah sheet baru di file Excel yang sama.

menambah sheet baru

Soal “perintah untuk menyisipkan kolom adalah” sudah terjawab. Melalui uraian singkat ini diharapkan bukan hanya mengetahui jawabannya saja, akan tetapi dapat mempraktekkannya di lembar kerja Excel.

Baca juga:

Demikian pembahasan seputar perintah untuk membuat kolom di Excel. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply