Fungsi Rumus If And Bertingkat Excel

2 min read

rumus if and

Rumus IF merupakan salah satu rumus Excel yang masuk ke dalam kategori logical function (fungsi logika) yang kerapkali digunakan untuk menentukan perbandingan logika antara “True” dan “False” pada suatu data. Nah, diantara sekian banyak rumus IF, ada yang disebut sebagai rumus IF AND yang termasuk ke dalam rumus IF bertingkat.

rumus if and

Berbeda, dengan rumus IF tunggal yang memiliki perhitungan lebih sederhana, rumus IF AND termasuk rumus IF bertingkat sehingga perhitungannya lebih kompleks. Nah, bila kalian ingin tahu lebih lanjut seputar rumus IF AND, silakan simak artikel lengkapnya berikut ini.

Pengertian Rumus IF AND

Rumus IF AND merupakan rumus fungsi AND pada Excel digabungkan dengan fungsi IF sehingga dapat digunakan untuk menentukan argumen logika pada suatu data. Kalian dapat menggunakan rumus ini untuk menganalisis data yang melibatkan dua atau lebih kriteria yang berbeda.

Misalnya, penentuan kenaikan kelas seorang siswa yang dihitung berdasarkan dua nilai test yakni nilai tes MID yang akan dipakai sebagai kriteria pertama serta nilai tes UAS sebagai kriteria kedua. Jadi, rumus IF AND harus memenuhi persyaratan penggabungan dua atau lebih kriteria yang saling berhubungan satu sama lain.

Rumus IF AND biasa dipakai secara tunggal maupun dipakai bersamaan dengan rumus IF bertingkat lainnya. Nah untuk mengetahui apa itu rumus IF AND bertingkat, silakan simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga :Rumus Excel IF Untuk Absensi Karyawan 

Apa itu Rumus IF bertingkat?

Rumus IF bertingkat merupakan rumus IF yang dipakai untuk menguji berbagai macam kondisi logika yang berbeda. Misalnya, untuk menghitung kondisi logika yang mana semuanya harus “True” atau harus “False” (AND), kondisi logika yang salah satunya saja yang harus “True” atau “False” (OR), dan kondisi untuk memerika apakah memenuhi kriteria atau tidak (NOT).

Rumus IF AND bertingkat terdiri dari 3 jenis yakni fungsi AND, OR, dan NOT yang memiliki rumus masing-masing ialah sebagai berikut:

  • AND : =IF(AND(logical_test1, logical_test2), Value_if_True, Value_if_False)
  • OR: =IF(OR(logical_test1, logical_test2), Value_if_True, Value_if_False)
  • NOT : =IF(NOT(logical_test), Value_if_True, Value_if_False)

Contoh Rumus IF AND dan Pengaplikasiannya

Contoh Rumus IF AND dan Pengaplikasiannya

Apabila kalian masih bingung dalam memahami rumus IF AND, berikut kami berikan rincian contohnya sekaligus cara pengaplikasiannya yang kami jabarkan dalam bentuk contoh soal dan jawabannya berikut ini.

1)      Contoh Soal Pertanyaan Rumus IF AND

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi spare part mobil sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi akuntan. Saat ini sudah ada 6 kandidat yang mendaftar sesuai dengan tabel di bawah.

Agar diterima kerja, maka peserta test harus memenuhi dua kriteria yakni:

  • Nilai test: minimal 80
  • Ijazah terakhir: minimal S1

Bila pelamar kerja memenuhi kedua kriteria tersebut, maka dianggap LULUS. Jika hanya memenuhi salah satu persyaratan atau bahkan tidak memenuhi persyaratan sama sekali, maka dinyatakan GAGAL.

Ketahui : 

Silakan isi kolom keterangan menggunakan rumus IF AND sesuai kriteria di atas:

judul gambar
ABCDE
1NoNamaNilai TestIjazah terakhirKeterangan
21Yuna Anggraini79S1?
32Huda Alfaroh82S1?
43Anggi Prastuti90SMA?
54Zaki Ramadan72SMA?
65Hanif Akbar87S1?
76Yogi Fadilah89S2?

1)      Jawaban Pertanyaan Rumus IF AND

Untuk menentukan rumus IF AND pada kasus pertanyaan ini, kalian bisa menggunakan rumus dasar Excel IF AND yakni:

 =IF(AND(logical_test1, logical_test2), “value_if_true”, “value_if_false”)

Jika diaplikasikan langsung ke dalam sel Excel, maka rumus IF AND Excel yang bisa kalian gunakan ialah:

=IF(AND(D2=“S1”,D2>=80), “LULUS”, “GAGAL”)

Silakan terapkan juga di sel lain pada kolom keterangan yang ada. Setelah diisi semua dengan rumus tersebut, maka akan muncul hasil sebagai berikut:

ABCDE
1NoNamaNilai TestIjazah terakhirKeterangan
21Yuna Anggraini79S1GAGAL
32Huda Alfaroh82S1LULUS
43Anggi Prastuti90SMAGAGAL
54Zaki Ramadan72SMAGAGAL
65Hanif Akbar87 

S1

LULUS
76Yogi Fadilah89S2GAGAL

Ketahui :

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan seputar rumus IF AND. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya yang akan datang!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *