Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Contoh Soal Tes Finance Staff Untuk Calon Karyawan

2 min read

soal tes finance staff

Bagi para lulusan finance seperti jurusan akuntansi, sangat penting untuk mengetahui kisi-kisi soal tes finance staff sebelum masuk ke dunia kerja. Pasalnya, soal yang diberikan cenderung berpola sehingga dapat dipelajari oleh calon pelamar kerja. Selain itu, tipe ujian setiap perekrutan karyawan juga tidak terlalu berbeda setiap tahunnya.

soal tes finance staff

Pada umumnya, tes masuk akan terdiri dari tiga tahap. Pertama adalah administrasi, kedua tes tulis, dan yang ketiga adalah tes wawancara atau interview. Dari ketiga tahapan tersebut Anda harus dapat menunjukkan hasil maksimal karena memang persaingan dalam dunia finance sangat ketat. Nah, berikut ini adalah beberapa materi soal yang biasa dikeluarkan oleh perusahaan.

Baca Dulu : Cara Menghitung Diagram Batang 

Kisi-Kisi Soal Tes Posisi Finance Tulis

1. Persamaan Dasar Akuntansi

Materi pertama yang wajib dikuasai adalah dalam hal persamaan dasar ilmu akuntansi. Hal ini harus dipahami betul karena menjadi fondasi dasar dari ilmu akuntasi. Berikut ini adalah konsep persamaan dasar tersebut:

Assets (Harta) = Liabilities (Kewajiban) + Equity (Modal)

Penjelasan:

  • Assets (Harta) = Semua aset kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan
  • Liabilities (Kewajiban) = Kewajiban dalam hal ini adalah hutang ke pihak lain (Bank dan lain sebagainya)
  • Equity (Modal) = Hak atau modal dari perusahaan

Untuk mencapai kesetimbangan persamaan, setiap penambahan / pengurangan di bagian kiri harus diikuti dengan penambahan / pengurangan di persamaan kanan. Kondisi tersebut biasa dikenal dengan istilah Balance.

2. Accounting Cycles

Berikutnya calon pelamar juga harus mengetahui tentang accounting cycles. Pahamilah tentang cara menyusun laporan keuangan perusahaan dalam satu periode waktu. Hal ini dijadikan test untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman pelamar tentang ilmu akuntansi dan finance. Pelamar dengan pemahaman terbaik tentu akan mendapatkan nilai lebih dalam proses melamar kerja di posisi tersebut.

3. Materi Jurnal Dasar Akuntansi

Jurnal dasar yang biasa dimasukkan dalam proses pengujian karyawan baru antara lain adalah tentang debit kredit, serta perkreditan. Kuasailah cara-cara untuk menentukan kredit debit dengan baik untuk mendapatkan nilai lebih. Berikut adalah beberapa jenis jurnal yang bisa sekilas dibaca-baca:

  • Jurnal pengeluaran kas
  • Jurnal Umum
  • Jurnal penjualan
  • Jurnal pembelian
  • Jurnal penerimaan kas
  • Jurnal penutup
  • Jurnal umum
  • Jurnal pembalikan
  • Jurnal Khusus

4. Penyusutan Depresiasi / Aktiva

Materi ini kerap kali keluar dalam soal tes akuntansi untuk calon karyawan baru di perusahaan. Selain dalam tes tulis, pertanyaan tentang penyusutan depresiasi ini juga sering ditanyakan saat wawancara khusus posisi akuntan atau finance. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda menyiapkan materi ini sebelum mengikuti ujian masuk.

Penyusutan atau depresiasi merupakan alokasi nominal jumlah yang bisa disusutkan dari asset atas usia manfaatnya. Secara sederhananya, depresiasi ini adalah sesuai yang dapat menjadikan biaya asli dari fixed assets seperti pabrik, alat kerja, mobil perusahaan, serta mesin produksi jadi beban saat masih masa manfaat dari jenis aset tersebut.

Pelajari juga tentang cara perhitungan depresiasi. Anda bisa mempelajari tentang metode saldo menurun, rata-rata, dan juga metode garis lurus.

Baca Juga :

5. Membuat Laporan Keuangan Perusahaan

Berikutnya, Anda juga harus mempelajari tentang bagaimana cara membuat laporan keuangan. Hal ini sangat penting untuk diketahui HRD karena sebagai seorang finance staff, paling tidak Anda dapat membuat laporan sederhana. Seiring berjalannya waktu, nanti skill tersebut akan berkembang dan bisa membuat Anda mengerjakan jenis laporan keuangan lebih besar lagi.

Untuk pembuatan laporan, terdapat skill dasar yang harus dimiliki, yakni rumus excel. Pelajarilah bagaimana membuat laporan dengan menggunakan Excel. Jangan cari yang terlalu rumit. Belajar saja membuat tabel sederhana, namun dapat menampilkan data dengan baik.

Anda juga dapat latihan Excel untuk kerja nanti saat Anda sudah diterima di perusahaan. Dengan begitu, Anda akan selalu siap saat diberikan tugas untuk membuat laporan. Biasanya terdapat beberapa jenis laporan yang wajib bisa dibuat, seperti:

  • Laba rugi
  • Perubahan modal
  • Posisi keuangan / neraca
  • Arus kas

Berikut ini adalah beberapa contoh soal tes finance karyawan baru:

Soal Akuntansi dan Jawabannya

judul gambar

Contoh Soal Akuntansi

Soal Akuntansi

Contoh Soal Tertulis Akuntansi

contoh soal tes posisi finance

Materi Interview Kerja Staff Finance

Dalam materi interview, biasanya para interviewer akan memberikan beberapa pertanyaan umum hingga spesifik tentang diri Anda. Pada umumnya, pertanyaan tersebut meliputi profil pribadi, riwayat studi, tentang kelebihan serta kekurangan diri, dan alasan mengapa perusahaan tersebut pantas memilih Anda sebagai karyawan baru mereka.

Persiapkanlah secara matang berbagai macam pertanyaan tersebut. Selain itu, perhatikan juga sikap serta posisi saat menjawab pertanyaan. Biasanya, para interviewer juga akan menilai tentang perilaku dan karakter para calon karyawannya lewat bagaimana cara menjawab.

Ketahui :

Kurang lebih seperti itulah tadi beberapa kisi soal tes finance staff yang kerap kali muncul dalam perekrutan karyawan akuntasi baru perusahaan. Pelajarilah dengan baik kisi-kisi tersebut agar Anda bisa menjawab setiap pertanyaan dengan baik. Pastikan juga Anda telah mempersiapkan sesi interview sebaik mungkin untuk menunjukkan bahwa Anda pantas bekerja di perusahaan mereka.

judul gambar
Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text