Contoh Soal Tes Kerja Excel Untuk Admin & Jawabannya

Apakah Anda ingin download contoh soal Excel untuk tes kerja dan jawabannya format xls? Disini kami berikan contoh tes soal Excel untuk tenaga administrasi yang biasanya diberikan kepada peserta / pendaftar sebagai tenaga admin. Jadi Anda bisa mempelajari contoh ini karena kami berikan juga pembahasan atau jawabannya.


soal tes kerja excel untuk admin

Untuk mengelola administrasi kantor, perusahaan tentunya membutuhkan seorang admin yang menguasai penggunaan Microsoft Office, tak terkecuali Excel. Katakanlah sebagai admin jasa pengiriman paket yang sekarang sedang berjaya, seperti J&T, JNE, SiCepat dll. Oleh sebab itu, soal tes kerja Excel untuk admin tidak pernah ketinggalan selama proses rekrutmen. Bagaimana tes Excel untuk admin ? Berikut simak contoh soal Excel dan cara pengerjaannya.

Contoh soal tes kerja Excel untuk admin dan jawabannya

Persiapan

Contoh tes Excel untuk administrasi biasanya tersaji dalam bentuk tabel dan soal seperti berikut ini.

download contoh soal excel untuk tes kerja dan jawabannya xls

 

Soal :

  1. Isikan kolom Nama Pelanggan, Nama Produk, dan Harga Satuan (gunakan fungsi VLOOKUP).
  2. Isi Total Penjualan (gunakan rumus perkalian).
  3. Jika qty pembelian di atas 500, maka diskon 20% (gunakan rumus IF).
  4. Isi Penjualan Bersih (gunakan rumus perkalian).
  5. Totalkan semua Qty dan Penjualan Bersih serta Rata Rata kan (gunakan Rumus pembagian).

Ketika mendapatkan soal Excel admin seperti ini jangan bingung, anda hanya perlu mengisikan tabel sesuai dengan perintah soal di bawahnya. Untuk latihan anda bisa langsung mencobanya di Excel secara langsung.

Baca Dulu: Format Gaji Karyawan Excel

Pengerjaan Soal

  1. Isikan kolom Nama Pelanggan, Nama Produk, dan Harga Satuan

Soal tes kerja Excel untuk admin pada nomor satu bisa dijawab menggunakan rumus Vlookup. Vlookup di sini merupakan fungsi yang bisa digunakan untuk mencari dan membandingkan data di tabel referensi secara vertikal, mengacu pada data yang ada di kolom paling kiri. Jadi di sini untuk nama pelanggan bisa menggunakan rumus seperti =VLOOKUP(C5;M6:N8;2;0).

Dimana C5 adalah lookup value yaitu pada kolom kode pelanggan, M6:N8 adalah table array yaitu tabel sebelah kanan yang berisikan nama dari kode pelanggan tersebut, 2 adalah index karena nama kode pelanggan berada pada kolom ke-2 di dalam tabel, sedangkan range lookup diisi 0 untuk mencari data yang benar sama persis.

Tes Excel admin nanti akan menjadi seperti berikut, yang mana nama produk dan harga satuan dicari dengan cara yang sama. Download soal Excel untuk admin xls seperti di bawah ini.

download soal excel untuk admin xls

 

  1. Isi Total Penjualan

Total penjualan pada soal tes kerja Excel untuk admin cukup mengalikan jumlah di kolom kuantitas dan harga satuan. Bisa langsung menggunakan rumus =G5*H5, maka untuk kolom nomor 1 akan ketemu 68.000.000.

Baca juga: Untuk Mengakhiri Excel Menekan Tombol Apa?

  1. Isi Diskon

Isi kolom diskon menggunakan rumus =IF(G5>500;20%;0). Jadi IF di sini untuk rumus syarat-prasyarat, jika kuantiti atau kolom Qty lebih dari 500 maka mendapat diskon 20% dan jika kuantiti tidak lebih dari 500 maka tidak mendapat diskon atau 0.

  1. Isi Penjualan Bersih

Penjualan bersih dihitung dengan total penjualan dikurangi total penjualan dikali diskon, contoh =I5-(I5*J5). Download soal Excel untuk admin seperti berikut ini.

soal tes kerja excel untuk admin

 

  1. Soal Nomor Lima

Mengisi total dan rata rata penjualan harian pada contoh soal tes kerja Excel untuk admin di sini tidak sulit. Untuk total bisa langsung menggunakan rumus SUM dan dijumlah dari 15 kolom kuantitas dan penjualan bersih. Download contoh soal Excel untuk tes kerja dan jawabannya xls ini, maka akan didapat total 6050 dan 1.071.730.000.

Sementara untuk rata rata penjualan harian tidak menggunakan rumus Average, karena menggunakan Average akan menghasilkan rata rata untuk setiap kali penjualan pada 15 kolom. Cukup gunakan hasil penghitungan total lalu dibagi 3 (penjualan selama 3 hari), maka rata rata penjualan harian sudah ditemukan. Download soal Excel untuk admin pdf seperti gambar berikut ini.

contoh tes excel untuk administrasi

 

Baca Juga:

Tes Excel admin J&T maupun posisi admin lainnya tidak jarang menggunakan soal seperti yang telah dicontohkan di atas. Sehingga rumus rumus seperti VLOOKUP, SUM, IF, dan rumus dasar kali serta bagi tentunya harus dipahami dengan baik. Dengan begitu, maka anda pun akan lebih mudah lolos seleksi tes admin di suatu perusahaan.

One Response

  1. Nur Iqu

Leave a Reply