Tombol Pada Keyboard Yang Digunakan Untuk Memperbaiki Kesalahan Pengetikan

Dalam mengerjakan dan mengelola tugas yang berkaitan dengan angka angka, program Microsoft Excel menjadi andalan bagi banyak orang. Inilah mengapa tombol pintasan keyboard untuk Excel perlu dipelajari, agar penggunaannya pun lebih efektif. Contohnya seperti tombol pada keyboard yang digunakan untuk memperbaiki kesalahan pengetikan adalah F2.

Manfaat Menggunakan Tombol Pintasan Keyboard

Tombol pintasan keyboard atau button shortcut diperuntukan untuk profesional maupun bagi pemula. Penting untuk menghafalkan berbagai pintasan ini, seperti tombol pada keyboard yang digunakan untuk memperbaiki kesalahan pengetikan pada MS Excel adalah F2. Karena pada beberapa kasus, berbagai pintasan ini akan membuat masalah penghitungan lebih mudah diselesaikan.

tombol pada keyboard yang digunakan untuk memperbaiki kesalahan pengetikan adalah

Beberapa manfaat penggunaan button shortcut ini antara lain memudahkan pekerjaan, mendapatkan efisiensi waktu, menjadi cepat tanggap dalam menggunakan MS Excel, mudah dihafal baik oleh profesional maupun level pemula, dan cocok dijadikan sebagai pembelajaran bagi mereka yang menggunakan aplikasi hitung Excel untuk bekerja.

Baca Juga: Apa Itu Print Preview? Menu Print Digunakan Untuk Apa Saja?

Shortcut Keyboard untuk Memformat Cell

Apabila tombol pada keyboard yang digunakan untuk memperbaiki kesalahan pengetikan adalah F2, maka berikut button shortcut untuk memformat Cell.

  1. Ctrl + 1 : membuka kotak dialog format cell.
  2. Ctrl + Shift + P/F : memformat font pada kotak dialog format cell.
  3. Shift + F2 : tambahkan atau edit komentar cell, sehingga cara memperbaiki kesalahan pengetikan pada lembar kerja yaitu dengan F2 atau Shift + F2.
  4. Ctrl + Shift + Plus (+) : membuka kotak dialog “Sisipkan” untuk menyisipkan cell kosong.
  5. Ctrl + Minus (-) : membuka kotak dialog “Hapus” untuk menghapus cell yang telah dipilih.
  6. Ctrl + Shift + Titik dua (:) : memasukkan waktu saat ini.
  7. Ctrl + titik koma (;) : memasukkan tanggal saat ini.
  8. Ctrl + X : memindahkan cell yang dipilih.
  9. Ctrl + C : tombol pada keyboard yang digunakan untuk menyalin data adalah button shortcut satu ini.
  10. Ctrl + V : menempelkan konten atau cell pada titik penyisipan.
  11. Ctrl + Alt + V : membuka kotak dialog tempel spesial

Baca Dulu: Format Gaji Karyawan Excel

Function Key pada Excel untuk F1 sampai F12

Tombol pada keyboard yang digunakan untuk memperbaiki kesalahan pengetikan adalah F2, dan masing masing tombol F1 sampai F12 yang terletak di paling atas pada keyboard mempunyai pintasan fungsi tersendiri. Baik ketika anda menggunakannya secara satuan atau contohnya F2 saja, atau dengan tambahan tombol lain seperti Shift + F2 seperti yang telah disebutkan di atas.

Baca juga: Untuk Mengakhiri Excel Menekan Tombol Apa?

Berikut function key untuk F1 sampai F12 secara satuan.

  1. F1 : menampilkan panel tugas bantuan Excel.
  2. F2 : dalam memperbaiki kesalahan pengetikan tombol yang digunakan adalah satu ini, dimana anda nantinya bisa mengedit cell aktif dengan ini.
  3. F3 : menampilkan kotak dialog “Tempelkan Nama”.
  4. F4 : mengulangi perintah terakhir.
  5. F5 : menampilkan kotak dialog “Buka”.
  6. F6 : beralih antar lembar kerja, panel tugas, pita, dan kontrol zoom.
  7. F7 : membuka kotak dialog “Ejaan”.
  8. F8 : mengaktifkan maupun menonaktifkan mode perluas.
  9. F9 : menghitung semua lembar kerja yang terbuka.
  10. F10 : mengaktifkan maupun menonaktifkan tips tombol.
  11. F11 : membuat bagan data.
  12. F12 : menampilkan kotak dialog “Simpan Sebagai”.

Bisa dilihat bahwa tombol pada keyboard yang digunakan untuk memperbaiki kesalahan pengetikan adalah F2, dan tombol fungsi F1 sampai F12 lainnya memiliki kegunaan yang berbeda. Anda bisa menghafalkan semua tombol ini untuk menggunakan MS Office lebih efektif.

Artikel Terkait:

Bahkan, selain berbagai navigasi keyboard seperti yang telah disebutkan di atas. Masih banyak sekali tombol pintasan lain untuk mengelola data di dalam Microsoft Excel. Beberapa juga bisa digunakan pada lembar kerja program Microsoft Office yang lain seperti Microsoft Word maupun Microsoft Power Point.

Leave a Reply