Kenapa Hasil Perkalian Di Excel Error #VALUE, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kenapa hasil perkalian di Excel Value ? Bagaimana solusi mengatasi kesalahan error #Value!? Misal kalian bikin rumus perkalian di Excel, namun hasilnya malah error #Value!

kenapa hasil perkalian di excel value

Perlu diketahui, error #VALUE ini ada disebabkan terdapat karakter bukan numerik muncul dalam rumus Excel tersebut. Karakter tersebut bisa text ataupun simbol tertentu. Ini tak bisa dibaca oleh formula Excel. Data seharusnya berbentuk angka atau numerik.

Contoh:

tabel Excel error #VALUE

Dari tabel bilangan diatas, Anda tahu kesalahannya? Yup, di baris ke-4 dan ke-5 terdapat karakter text yang membuat error #VALUE.

Nah, sekarang kita makin paham kenapa hasil perkalian di Excel Value. Bagaimana langkah memperbaikinya? Tentu saja dengan mengganti text memakai angka.

Penyebab lain, kenapa terjadi Error #VALUE:

1. Ada spasi saat melakukan perkalian Excel, penjumlahan ataupun fungsi lainnya
2. Adanya data yang tidak valid
3. Pemakaian tanda Plus (+) dan Minus (-)
4. Kolom di yang mau dihitung kosong
5. Kesalahan di Formula Array

Tips jitu memperbaiki error #VALUE

Ada beberapa alternatif untuk mengatasi erro #VALUE ini:

1. Teliti, semua data yang Anda input dalam tabel Excel. Pastikan tidak ada karakter symbol, text maupun non numerik lainnya.

2. Pakai fungsi ISERROR

Caranya adalah dengan membuat formula:

=ISERROR(value)

 

Jika hasilnya benar, maka akan menunjukan hasil FALSE. Jika hasilnya salah, maka akan menunjukan TRUE.

Cara ini sebenarnya tidak cukup membantu kita. Karena kita sudah mengetahui hasil error dengan hasil #VALUE!

Oleh karena itu, telitilah data Anda, apakah memiliki karakter texts atau tidak.

3. Cek source data

Sebaiknya periksa source data. Jika data tersebut di atur pada Marge & Center. Kembalikan ke posisi Cell semula. Marge & center ini bisa menyatukan beberapa cell jadi satu. Selanjutnya bila telah dilakukan penghitungan dengan rumus, bisa diatur lagi ke Marge & Center.

Cek source data

Kesalahan #Value sering terjadi, terutama pada mereka yang memiliki banyak data dan rumus untuk diinputkan. Selain itu, bagi sebagian pemula, kesalahan #Value cukup membingungkan.

Tetapi dengan menerapkan cara diatas insyaallah dapat teratasi. Cara – cara diatas sudah dicoba untuk mengatasi kesalahan error #Value dan berhasil. Anda bisa menggunakan cara – cara diatas. Selamat mencoba, semoga membantu! Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya dan share artikelnya, terima kasih.

Leave a Reply