Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Cara Membuat Absensi Guru Online

2 min read

absensi guru online

Kemajuan teknologi digital saat ini membuat berbagai hal bisa dikerjakan secara online, termasuk membuat absensi guru online. Seperti diketahui, umumnya pembuatan absensi tersebut dilakukan menggunakan software di komputer.

Absensi Guru Online
Absensi Guru Online

Namun, sekarang Anda tidak harus menggunakan software mainstream untuk dapat membuat presensi tersebut. Cara pembuatan absensi secara online ini juga termasuk mudah untuk dikerjakan oleh siapa saja.

Bagaimana? Apakah Anda termasuk orang yang sudah tahu tentang cara pembuatan absensi tersebut? Nah, jika memang belum mengetahui tentang cara pembuatan absensi secara online tersebut, maka langsung saja ikuti tutorial berikut ini.

Baca Dulu : Contoh Absensi Guru

Cara Membuat Absensi Guru Online

Cara Membuat Absensi Guru Online
Cara Membuat Absensi Guru Online

Apabila Anda berfikir untuk membuat daftar hadir guru online ini butuh aplikasi absensi guru online berbayar, maka hal itu tidaklah benar. Cukup dengan bermodalkan Google Drive saja, Anda sudah dapat untuk membuatnya dengan mudah.

Lantas, seperti apakah cara pembuatan daftar hadir guru online dengan menggunakan Google Drive ini? Untuk langkah-langkah lengkapnya, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Buka Google Drive

Langkah pertama adalah dengan membuka situs Google Drive lewat link berikut:

https://drive.google.com/drive/

kemudian, pada bagian halaman utama, langsung saja pilih tombol “Baru” -> “lainnya” -> “Google Formulir”. Setelah itu, tinggal buka lembaran formulir kosong baru.

2. Buat Judul

Setelah membuka halaman baru formulir, Anda dapat membuat judul absensi sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, tambahkan juga beberapa deskripsi pendukung pada formulir jika dibutuhkan.

3. Tambahkan KOP Sekolah

Langkah selanjutnya, Anda dapat memasukkan KOP sekolah ke dalam absensi guru. Caranya tinggal klik saja icon penyesuaian tema dan lanjut klik “Pilih Gambar” di bagian header. Setelah itu, pilihlah foto yang akan dijadikan sebagai KOP Sekolah.

4. Masukkan Data Guru

Langkah berikutnya dalam cara membuat absensi guru online adalah dengan memasukkan data guru yang dibutuhkan untuk absensi. Untuk menambahkannya Anda tinggal pilih ikon + tambahkan pertanyaan.

Pada bagian kolom pertanyaan, Anda dapat menggantinya dengan nama guru. Selanjutnya, di bagian pilihan ganda dapat diubah dengan “Drop Down”.

5. Isi Nama Guru

Pada bagian opsi pertanyaan, Anda dapat memasukan nama guru yang diperlukan. Apabila sudah selesai mengisi nama, jangan lupa untuk geser tombol.

6. Pilih Ikon Duplikat

Terakhir, Anda dapat lanjut memilih menu icon “Duplikat”. Setelah itu, tinggal ganti saja teks “Nama GTK” dengan jenis guru. Anda dapat mengisi dengan pilihan keterangan seperti kepala sekolah, wakil, guru, ataupun tenaga administrasi.

Baca Juga :

Setelah semua langkah di atas dikerjakan, maka formulir daftar kehadiran guru yang diinginkan sudah selesai. Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan untuk menggunakan aplikasi absensi guru online gratis seperti yang dijelaskan di atas?

Apabila Anda merasa kebingungan mengikuti langkah di atas, maka bisa mencoba untuk melihat gambaran pembuatannya melalui link berikut:

https://bit.ly/3SCSOZY

Di dalam file tersebut, diberikan visualisasi pembuatan absensi secara online dengan lebih mudah. Dengan begitu, Anda bisa memahami pembuatannya dengan lebih mudah lagi.

Cara Membagikan Absensi Guru Secara Online

Setelah Anda berhasil untuk membuat formulir daftar hadir guru secara online, maka berikutnya Anda juga dapat membagikannya secara online. Nantinya, absensi tersebut bisa dibagikan kepada para guru lainnya dengan cukup mudah.

Berikut adalah langkah untuk membagikan absensi guru:

  • Pertama, pada bagian formulir daftar hadir, pilihlah menu “Kirim” di bagian pojok kanan atas
  • Setelah itu, lakukanlah pemendekan link URL
  • Jika sudah, salinlah link yang sudah diperpendek sebelumnya.
  • Berikutnya, Anda tinggal membagikan link tersebut kepada guru lainnya.

Kurang lebih seperti itu langkah untuk membagikan hasil formulir daftar hadir guru yang sudah Anda buat di Google Form. Adanya cara pembuatan absensi secara online ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda coba gunakan.

Namun, jika memang Anda lebih nyaman untuk membuat daftar hadir lewat aplikasi yang mainstream itu juga tidak menjadi masalah. Hal yang penting, Anda pilih saja cara mana yang dirasa paling nyaman digunakan.

Ketahui :

Seperti itulah tadi penjelasan tentang pembuatan absensi guru online yang bisa Anda lakukan. Secara umum, langkah pembuatannya terbilang mudah dilakukan karena tidak membutuhkan skill khusus ataupun editing.

Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *