Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Download Contoh Format Absensi Guru

2 min read

Absensi Guru

Tidak cuma untuk kehadiran siswa saja, para guru juga membutuhkan yang namanya absensi guru. Secara fungsi, tentu absensi tersebut dipergunakan sebagai daftar hadir oleh para guru yang sedang bekerja.

Absensi Guru

Adanya daftar hadir atau absensi memang dibutuhkan baik untuk guru maupun siswa. Tujuannya tentu untuk melihat seberapa tinggi tingkat disiplin yang dimiliki oleh guru serta para siswanya.

Seperti halnya pembuatan absensi siswa, pada absensi para guru juga mempunyai format pembuatannya. Nah, bagi Anda yang belum tahu tentang format tersebut, berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

Baca Dulu : Format Absensi Siswa Doc

Format Absensi Guru

Meskipun proses absensi sekarang sudah mulai menggunakan teknologi digital, namun kebutuhan sekolah pada absensi manual untuk guru masih ada. Apalagi jika memang teknologi dari sekolah tersebut masih belum mumpuni.

Untuk pembuatan absensi untuk guru sendiri prosesnya tidaklah sulit dilakukan. Anda hanya perlu memahami format penulisan absensi agar daftar tersebut mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca.

Format pada daftar kehadiran guru ini kurang lebih tidak jauh berbeda dengan absensi pada siswa. Anda bisa melihat beberapa contoh absensi guru dalam berbagai format dari internet dengan mudah.

Nah, bagi Anda yang mungkin belum tahu format pembuatannya, langsung saja lihat pada penjelasan di bawah ini.

1. Nama Lengkap Guru

Format pertama yang wajib ada tentu adalah nama lengkap dari guru. Penulisan nama dari guru yang bersangkutan di sini dituliskan secara lengkap beserta gelar yang dimiliki.

Hal tersebut dilakukan karena memang laporan daftar hadir tersebut akan digunakan dalam kebutuhan laporan ke bagian dinas pendidikan. Oleh karena itu, penggunaan nama yang tidak formal tidak diperkenankan pada absensi ini.

Bahkan, untuk mendapatkan data absensi para guru dengan lebih lengkap, Anda juga bisa menambahkan kolom untuk penulisan Nomor Induk Pegawai (NIP). Terkait dengan NIP ini, pihak operator sekolah pasti sudah memahaminya dengan baik.

2. Status Absensi

Selanjutnya, jangan ketinggalan untuk memasukkan kolom untuk mengisi status absensi kehadiran guru. Anda bisa membagi status tersebut ke dalam beberapa macam kondisi seperti berikut ini.

  • Hadir
  • Terlambat
  • Pulang Awal
  • Izin
  • Sakit
  • Cuti

Dengan pemberian beragam status absensi seperti di atas, maka status kehadiran dari para guru bisa menjadi lebih jelas. Seperti diketahui, terdapat berbagai macam hal yang dapat memengaruhi tingkat kehadiran para guru saat mengajar.

3. Jenis Absensi

Secara umum, terdapat beberapa jenis absensi apabila Anda melihatnya berdasarkan format. Sebagai contohnya ada absensi untuk harian, absensi mingguan, ataupun absensi bulanan.

Untuk absensi harian atau mingguan, format yang dipakai biasanya lebih sederhana. Pasalnya, untuk daftar hadir harian atau mingguan cenderung membutuhkan banyak ruang untuk absensi kehadiran.

Sementara untuk absensi yang berjenis bulanan atau tahunan biasanya dibuat dengan lebih kompleks. Artinya, pada daftar hadir tersebut akan ditampilkan semua data kehadiran yang berlangsung pada semua tanggal.

Berdasarkan jenis yang dijelaskan tersebut, Anda yang bertugas menjadi operator sekolah bisa membuat absensi sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, nantinya absensi yang telah dibuat terbaca dengan baik dan jelas.

Baca Juga :

Download Absensi Guru Format Excel

Setelah memahami tentang format pembuatan dari absensi untuk guru, pastinya Anda sudah mendapatkan gambaran untuk membuatnya. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu repot untuk membuat daftar hadir ini dari awal.

Contoh Absensi Guru
Contoh Absensi Guru

Hal itu karena terdapat cukup banyak contoh yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet. Salah satunya adalah contoh absensi guru excel yang tinggal Anda download lewat link yang ada di bawah ini.

 Format Absensi Guru
Format Absensi Guru

Absensi Guru Excel
Absensi Guru Excel

 

Atau anda bisa unduh link download:

Ketahui :

Itulah pembahasan lengkap tentang format dan contoh dari absensi guru yang bisa Anda gunakan. Cukup dengan mengunduh file yang telah diberikan di atas, Anda sudah bisa membuat absensi dengan format yang baik.

Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *