Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Apa Kegunaan & Fungsi Dari Tab Design, Animation Pada Microsoft Word?

2 min read

apa kegunaan dari tab design

Tahukah Anda sebenarnya apa kegunaan dari tab design? Tab tersebut bisa kita temui baik di Microsoft Word maupun Power Point. Pada dasarnya, tab design berisikan tools untuk mempercantik komponen yang terdapat pada dokumen. Selain desain, ada satu lagi yang berhubungan dengan aspek visual, yakni animation. Untuk penjelasan lengkapnya, silakan perhatikan pembahasan berikut ini.

Apa Kegunaan Dari Tab Design
Apa Kegunaan Dari Tab Design

Baca Dulu : Fungsi Text Highlight Color 

Apa Kegunaan dari Tab Design?

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tab design terdapat di dua aplikasi yakni Microsoft Power Point dan Word. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memperhatikan pembahasan di bawah ini.

1. Fungsi tab design di Microsoft Power Point

Pada dasarnya, tab Design yang terdapat di Microsoft Power Poin terdapat tiga bagian utama, yakni Page Setup, Themes, dan Variants. Bagian Page Setup terdiri dari ikon Slide Size dan Format Background. Fungsinya adalah sebagai berikut.

  • Slide Size untuk mengatur ukuran slide presentasi
  • Format background untuk mengatur background presentasi (solid fill, gradient fill, dan picture fill)

Selanjutnya adalah bagian Themes. Di bagian ini Anda akan melihat berbagai macam tema desain slide yang bisa langsung dipilih. Anda bisa menerapkannya untuk satu slide atau keseluruhan slide. Terakhir adalah variant. Variant sebenarnya tidak terlalu jauh fungsinya dengan Themes. Hanya saja Variant lebih berisi variasi-variasi dasar dari tema yang sudah dipilih.

2. Fungsi tab design pada Microsoft Word

Meskipun merupakan aplikasi pengolah kata, namun Microsoft Word juga memiliki tab design. Hal tersebut bertujuan untuk melengkapi jika nantinya pengguna membutuhkan desain sebagai pendukung tulisan yang dibuat. Pada dasarnya, isi dari tab Design akan berbeda-beda tergantung dari versi Microsoft Office. Namun, pada kali ini akan dijelaskan untuk Microsoft Word pada umumnya.

  • Themes untuk mengatur tema keseluruhan dokumen
  • Style Set untuk mengubah tampilan dokumen dengan pengaturan cepat
  • Colors untuk membuat halaman dengan warna baru
  • Font untuk mengatur jenis font yang digunakan
  • Effects untuk mengatur tampilan objek seperti shadow atau visual lainnya
  • Page Background untuk mengatur latar belakang
  • Watermark untuk menambahkan watermark pada lembar kerja
  • Page borders untuk mengatur bingkai atau batas halaman kerja

Artikel Terkait :

Apa Fungsi dari Tab Animation?

Fungsi dari Tab Animation
Fungsi dari Tab Animation

Berbeda dengan tab Design, tab Animation hanya bisa ditemui pada Microsoft Power Point. Hal tersebut karena aplikasi tersebut memang digunakan untuk membuat presentasi yang menarik dengan berbagai macam visual bergerak yang menarik. Ada beberapa grup di dalam tab Animation, yakni sebagai berikut.

1. Preview

Bagian preview berguna untuk melihat gambaran presentasi yang sudah dibuat. Dengan fitur ini Anda bisa memeriksa apakah seluruh animasi sudah bergerak sesuai dengan pengaturan atau belum tanpa harus menggunakan Slide Show.

2. Animation

Di bagian animation terdapat dua kolom, yakni Animation dan Effect Options. Animation berfungsi untuk memilih berbagai macam efek animasi yang dapat digunakan di slide yang dipilih. Sementara itu Effect Option adalah pengaturan lebih lanjut dari aplikasi yang sudah dipilih sebelumnya.

3. Advanced animation

Pada bagian Advanced Animation, Anda akan menemui 4 ikon yakni Add Animation, Animation Pane, Trigger, serta Painter. Berikut adalah penjelasan lengkap dari ikon tersebut.

  • Add animation untuk menambah efek animasi
  • Animation pane untuk menampilkan panel pengaturan animasi di bagian kanan
  • Trigger untuk mengatur kondisi dalam memunculkan animasi
  • Painter untuk menyalin efek objek untuk objek lainnya

4. Timing

Bagian terakhir adalah timing. Pada dasarnya, Timing berfungsi untuk mengatur waktu dari animasi yang digunakan. Di sini Anda bisa mengatur kapan animasi dimulai, seberapa lama animasi bergerak, dan lain-lain.

Ketahui :

Jadi, sekarang Anda sudah mengetahui apa kegunaan dari tab design dan animation pada Microsoft Office. Pada dasarnya kedua fitur tersebut bertujuan untuk mempercantik visual dari lembar kerja yang dibuat.

Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *