Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Menjorok Kedalam Tampil Rapi

Panduan Office kali ini adalah tentang cara membuat daftar pustaka menjorok kedalam baik secara otomatis ataupun manual. Selain itu, kamu juga bisa mengatur jarak spasi agar terlihat rapi tidak berantakan. cara merapikan daftar pustaka ini juga terbilang simpel alias mudah saja kok. Yuk agar tidak banyak cincong kita mulai saja!


Sudah tahukah kamu tentang cara membuat daftar pustaka? Daftar pustaka penting dilampirkan pada sebuah karya ketika ia mengacu pada rujukan aslinya. Cara membuatnya tentunya tidak lepas dari pemahaman akan komposisi penyusunnya. Maksudnya yaitu apabila kamu ingin menuliskan daftar pustaka, maka kamu harus tahu susunannya terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kamu memikirkan mengenai format penulisannya ketika akan dibuat di ms word.

Komposisi Penyusun Daftar Pustaka

Jika kamu pernah membuat atau setidaknya melihat penulisan daftar pustaka pada sebuah karya tulis, maka sudah mempunyai gambaran bagaimana komposisi penyusunnya. Untuk penulisan sumber rujukan dari buku, ia dituliskan sesuai urutan RangHunDulTaMabit. RangHunDulTaMabit ini maksudnya adalah nama pengarang, tahun diterbitkan, judul buku, kota penerbitan, dan nama penerbit.

cara membuat daftar pustaka

Jika sumber yang kamu gunakan berasal dari jurnal atau media cetak lainnya maka urutan nya tidak lagi seperti di atas. Urutan komposisinya menjadi nama pengarang dan judul bacaan. Sedangkan untuk referensi dari internet maka komposisinya menjadi nama pengarang, tahun tayang, judul bacaan, url, dan waktu pengutipan.

Cara Membuat Daftar Pustaka

Setelah kamu mengetahui komposisinya, maka kamu perlu tahu cara membuat daftar pustaka di MS word. Biasanya seseorang kebingungan tentang cara membuatnya menjorok kedalam. Ada juga yang mau simple tapi tidak tahu cara membuatnya menjorok otomatis. Namun tidak jarang juga yang memilih untuk jurus andalan yaitu cara membuatnya manual.

Cara Membuat Daftar Pustaka Menjorok Kedalam

  1. Aktifkanlah file daftar pustakamu dengan membukanya
  2. Pilihlah seluruh tulisan daftar pusatakamu pada worksheet.
  3. Aturlah first line indent dan left indent yang berada di Ruler berdasarkan keinginanmu.

Cara membuat daftar pustaka menjorok kedalam juga bisa dilakukan dengan blof tulisan yang ingin diatur lalu klik kanan, kemudian klik Pargraph.

Setelah itu, di Identation aturlah pilihan Special dengan memilih hanging dan untuk by pilih sesuai keinginanmu lalu akhirilah dengan Ok.

Cara membuatnya menjorok Ctrl + T juga bisa kamu gunakan untuk membuat hanging.

Baca Juga: 

Cara Membuat Daftar Pustaka Menjorok Otomatis

  1. Aktifkanlah file daftar pustakamu dengan membukanya
  2. Lalu pada menu bar carilah pilihan References, kemudian kliklah manage Sources lalu New.
  3. Setelah itu kliklah pilihan New lagi.
  4. Pada tampilan jendela baru pilihlah jenis refrensi yang akan kamu tuliskan daftar pustakanya di tab Type of source.
  5. Isilah kolom kolom yang disediakan sesuai guidance. Kolom itu akan menyesuaikan berdasarkan pilihanmu di jenis sumber yang akan kamu tuliskan sebagai daftar pustaka

Cara Membuat Daftar Pustaka Manual

  1. Aktifkanlah file daftar pustakamu dengan membukanya
  2. Tuliskan daftar pustaka pada file tersebut sebagaimana urutan yang telah dipapakan pada bagian komposisi penyusunan di atas.

Baca Dulu: 

Merapihkan Daftar Pustaka

Setelah kamu mengetahui cara membuatnya, langkah selanjutnya yaitu kamu perlu tahu cara merapihkan daftar pustaka. Tidak jarang ditemui daftar pustaka yang masih berantakan, dimana susunannya belum menunjukkan urutan A ke Z dan ketidakteraturan lainnya. Cara membuat daftar pustaka merapihkan daftar pustaka yang berantakan dapat kamu awali dengan cara mengatur jarak spasi daftar pustaka terlebih dahulu.

Cara Mengatur Jarak Spasi Daftar Pustaka

  1. Bukalah filemu kemudian pilihlah bagian teks yang akan di Setting.
  2. Kliklah menu bar Home lalu pada ribbon aturlah line spacing melalui ikon yang ada di pengelompokan Paragraph. Setelah itu selesai.

Cara Merapihkan Urutan Daftar Pustaka

  1. Bukalah filemu kemudian pilihlah bagian teks yang akan di setting.
  2. Kliklah menu bar Home lalu pada ribbon aturlah urutannya melalui ikon sort yang ada di pengelompokan Paragraph.
  3. Isikan kolom yang aktif dengan urutan paragraph, text, dan ascending. Setelah itu pilih Ok.

Artikel Terkait:

Kesimpulan

Apapun pilihanmu itu sah-sah saja. Pilihan itu diberikan unutk memudahkanmu dalam menyelesaikan karyamu, jadi pilihlah yang menurutmu paling cocok. Banyak step-step yang mungkin saja bisa kamu lakukan dalam membuat daftar pustaka. Namun cara diatas adalah langkah paling umum yang bisa kamu gunakan.

Leave a Reply