Cara Menambahkan Kolom Pada Micrososft Excel Dengan Keyboard

Jumlah kolom pada lembar kerja Excel adalah 16384. Kolom itu dimulai dari abjad  A sampai dengan XFD. Kolom di Excel berbentuk horizontal memanjang dari kiri ke kanan. Panduanoffice.web.id kali ini akan berbagai tutor sederhana mengenai cara menambah kolom di Excel dengan keyboard.

cara menambah kolom di excel dengan keyboard

Sebelum terbit panduan Excel ini, telah kami bahas mengenai cara menyisipkan baris Microsoft Excel memakai fitur Insert. Anda bisa membacanya pada artikel Cara Menyisipkan Baris Kosong Pada Excel. Selain itu, kamu juga bisa mencoba melakukan perintah menyisipkan kolom di Excel yang mana akan mempermudah dalam menambah kolom Excel.

Artikel tersebut memakai menu menggunakan bantuan mouse untuk menyisipkan baris maupun kolom. Bagaimana bila kita lakukan memakai tombol keyboard dan tanpa harus merubah rumus dalam tabel Excel ?

Sebenarnya mau memakai mouse, memanfaatkan menu Excel atau langsung memakai kombinasi keyboard sama saja. Keduanya sama – sama cepat dalam menambah baris maupun kolom Excel.

Tetapi sebagai pengetahuan dan Anda lebih menyukai kombinasi tombol keyboard tentu ini akan sangat menarik.

 

Cara menambah kolom di Excel dengan keyboard

Baiklah, tidak perlu berlama – lama, berikut cara menambahkan kolom Excel dengan keyboard:

Kombinasi shortcut untuk menambah kolom Excel adalah dengan tombol ALT + I + C.

Bila kita terjemahkan yaitu: Alternatif Insert Column.

Cara memakainya yakni:

Siapkan tabel Excel, sebagai contoh, kami siapkan tabel seperti berikut ini.

cara menambah kolom di excel dengan keyboard

Dari tabel tersebut, saya lupa untuk memasukkan kolom Nomor dan No. HP.

Maka saya letakan kursor di cell A4. Lalu Anda tekan kombinasi tombol Keyboard ALT + I + C secara bersamaan. Lalu lihat apa yang terjadi.

kombinasi tombol keyboard

Maka akan muncul kolom baru pada sebelah kiri dari cell yang kita seleksi sebelumnya (cell A4).

Cara menambah cell tersebut terbilang praktis serta mudah untuk Anda terapkan. Apabila Anda sedang mengedit tabel dalam jumlah banyak serta harus banyak menambah atau menyisipkan kolom, cara tersebut sangat membantu mempercepat pekerjaan anda.

Berikutnya, kami akan menambahkan kolom No HP diantara kolom Alamat serta Kode Pos.

Maka cukup taruh kursor di kolom Kode Pos, atau cell D4. Selanjutnya tekan kombinasi tombol keyboard ALT + I + C secara bersamaan. Maka akan muncul kolom baru pada tabel Excel.

Cara menambahkan kolom pada Excel dengan keyboard

Cara menambahkan kolom pada Excel dengan keyboard

Cara menambahkan kolom pada Excel dengan keyboard tersebut sangatlah mudah dan praktis. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Selamat belajar Excel!

Leave a Reply