Cara menambah tabel di Excel 2013 – Bagaimana cara menambah tabel di Excel untuk versi 2007, 2010, dan 2016? Masing masing versi Ms Office Excel tidak jauh berbeda dalam membuat atau menambah tabel maupun kolom di Excel. Cara menambah row di Excel maupun kolom merupakan cara basic dalam membuat tabel di Office Excel yang otomatis harus dikuasai saat Anda berkutat di aplikasi Excel. Kita juga akan mengetahui cara menambah kolom di Excel dengan keyboard dimana sekali pencet akan langsung muncul kolom atau baris baru.
Saat mengisi data dan menghitung di aplikasi Excel seringkali kita diharuskan untuk menambah maupun menghapus tabel Excel. Selain itu, kita juga dituntut untuk bisa menyisipkan tabel atau kolom maupun baris serta mengatur tabel Exel agar sama besar.
Cara menambah tabel di Excel 2013
-
Menambahkan kolom baru di Excel
Didalam MS Excel 2013, kita bisa dengan cepat menambah kolom baru dengan cepat. Lihat gambar dibawah ini:
Misal: Kita akan menambah kolom baru di Cell G1, maka berikut langkah – langkahnya:
- Arahkan pointer di Cell G1
- Klik kanan pada Cell G1
- Pilih Insert
- Pilih Entire Coloumn
Agar sama memiliki border hitam, drag / blok G1 sampai G5, pilih All Border dengan icon tabel pada menu HOME. Maka akan terbentuk kolom baru.
-
Menambahkan baris baru
Untuk menambahkan baris baru, caranya hamper mirip, kalau tadi kolom (vertical), sekarang menambah baris (Horizontal).
Didalam Excel, sebenarnya kita sudah bisa langsung saja menambahkan baris dengan langsung mengisi data angka di dalamnya. Karena Excel sudah menyediakan dalam bentuk Cell – Cell yang siap di isi dengan angka.
Misal kita akan menambahkan baris baru Cell A7. Maka langkah – langkahnya:
- Arahkan pointer di Cell A7
- Klik Kanan
- Pilih Insert
- Pilih Entire Row
- Kemudian OK
Untuk membuat border hitam agar sama dengan tabel tersebut maka blok Cell A7 sampai G7, kemudian pilih All Border. Hasilnya bisa dilihat di bawah ini:
-
Menyisipkan kolom atau baris
Untuk menyisipkan kolom diantara kolom – kolom pada tabel di Excel pada kolom diatas, misal akan menyisipkan kolom diatara NO dan Nama, maka ikuti langkah – langkah berikut:
- Klik pointer di kolom nama atau Cell B1/B2 (Disini Cell B1 dan B2 sudah digabung dengan fungsi Merge)
- Klik kanan
- Pilih Insert
- Pilih Entire Coloumn
- Klik OK
Maka akan muncul kolom baru yakni kolom atau Cell B
Untuk menyisipkan baris caranya juga hampir sama:
Misalnya kita akn menambah baris baru sebelum NO 1. Maka:
- Letakkan pointer di Cell A3
- Klik Kanan, pilih Insert
- Pilih Entire Row
- Pilih OK
Maka akan muncul baris baru sebelum NO.1
-
Menghapus kolom dan baris
Di Excel 2013, untuk menghapus kolom maupun baris caranya cukup simple. Kita tinggal mengarahkan pointer di baris atau kolom mana yang akan kita hapus. Lalu Klik kanan, pilih Delete, lalu Anda bisa memilih:
Entire Row, jika ingin menghapus baris
Entire Coloumn, jika ingin menghapus kolom. Lihat gambar gif dibawah ini.
*Catatan:
Dari Point 1 – 4 diatas, kita memakai cara klik kanan untuk menambahkan kolom, menambah baris, menyisipkan kolom dan baris serta menghapus. Selain memakai cara klik Kanan, pada Excel 2013 kita bisa memilih :
Tab HOME, kemudian pada bagian kanan atas terdapat menu Insert dan Delete
Pada bagian Insert, kita bisa menambahkan kolom maupun baris, baik menambahkan baris atau kolom baru maupun menyisipkan di antara kolom atau baris tertentu.
Cara menambah kolom di Excel dengan keyboard
Bagaimana cara menambah kolom di Excel dengan tombol keyboard? Menggunakan kombinasi tombol keybord juga akan mempercepat pekerjaan kita khususnya menambahkan tabel di aplikasi Excel.
Jika sebelumnya kita menggunakan fungsi klik kanan à Insert, untuk membuka menu Insert ini kita bisa memakai kombinasi tombol keyboard:
CTRL SHIFT +
Misal kita akan menambah kolom, maka arahkan pointer pada Cell yang akan kita tambah kolom baru.
Kemudian tekan kombinasi tombol keyboard CTRL SHIFT + secara bersama – sama.
Maka akan muncul kotak dimana kita akan memilih menu Insert à Entire Column
Klik OK
Jika kita ingin menambah baris, kita tinggal memilih Entire row, lalu klik OK.
Untuk menambah kolom di Excel secara otomatis dengan tombol keyboard, kita masih menggunakan kombinasi tombol keyboard diatas (CTRL SHIFT +).
Bedanya kita sorot semua kolom atau baris yakni dengan mulai menyorot bagian Header kolom atau baris Excel.
Lihat gambar gif dibawah ini:
Cara membuat tabel di Excel agar sama besar
Bagaimana cara membuat tabel di Excel agar ukurannya sama besar?
Untuk mengatur lebar kolom atau tinggi baris agar sama besar pada Office 2013:
- Drag atau seleksi kolom atau baris yang akan disamakan ukurannya
- Pilih Tab HOME
- Cari menu Format (disamping menu Delete)
- Klik Menu Format
- Untuk mengatur tinggi baris agar sama besar, pilih Row Height
- Kemudian muncul kotak berisi angka
- Isi angka, misal 15
- Pilih OK
Maka semua baris yang anda seleksi akan memiliki ukuran tinggi yang sama yakni 15.
Untuk mengatur lebar kolom agar sama maka:
- Seleksi kolom atau cell yang akan kita samakan ukurannya
- Pilih Tab HOME
- Pilih menu Format
- Pilih Column Width
- Maka muncul kotak untuk kita isi ukuran kolomnya
- Silahkan isi, misal 12
- Lalu klik OK
- Maka ukuran kolom yang kita seleksi akan sama.
Demikian tutorial cara menambah tabel di Excel 2013 serta cara membuat tabel di Excel agar sama besar. Jika Anda ingin cepat dalam menyisipkan baris maupun kolom, maka cara menambah kolom di Excel dengan keyboard diatas bisa Anda terapkan. Semoga mudah dipahami cara basic diatas ya. Selamat mencoba.