Cara Menghilangkan Rumus Value di Excel Tapi Mempertahankan Hasil

1 min read

cara menghilangkan rumus di excel

Pada dasarnya cara menghilangkan rumus di Excel sangatlah mudah lho. Saat laporan harian maupun bulanan telah selesai dikerjakan, laporan tersebut biasanya akan dimintai oleh instansi atau departemen terkait dalam bentuk file yang bersih tanpa adanya rumus Excel. Akan tetapi, kadang kala ada saja yang merasa kesulitan jika ingin menghapuskan rumus-rumus tersebut. Mungkin saja dia masih pemula ataupun masih magang.

Cara Menghilangkan Rumus di Excel

Seperti yang diketahui, bahwa setiap rumus yang terdapat di laporan tersebut sangatlah penting untuk dihilangkan. Hal itu supaya rumus yang dipakai tidak bisa dilakukan pengeditan. Dengan begitu, kita bisa menghindari perubahan pada hasil akhir yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya untuk alasan di atas, biasanya pada saat ujian Excel di sekolah ataupun saat melamar pekerjaan, tim penguji akan menguji para peserta tes dengan melakukan penghapusan rumus. Dengan menghapuskan rumusnya, maka rumus-rumus yang sedang dipakai tidak akan diketahui oleh para peserta ujian.

Ketahui :  Fungsi Rumus If And

2 Cara Menghilangkan Rumus di Excel

2 Cara Menghilangkan Rumus di Excel

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk menghapus berbagai rumus di Excel memang cukup mudah, tetapi karena ada navigasi yang begitu banyak membuat sang pengguna merasa kesulitan. Ditambah lagi pihak Microsoft tidak mempunyai tab khusus pada Excel yang berguna dalam menghapus rumus tersebut.

Nah, berikut ini adalah berbagai macam cara yang bisa dilakukan demi menghapus berbagai rumus dalam Excel:

Cara menghapus rumus di Excel tapi mempertahankan hasil

Tidak hanya sekadar menghapus, supaya rumus dapat hilang tentunya harus memerlukan langkah khusus. Sebab, hasilnya juga otomatis akan terhapus jika rumus dihilangkan.  Jadi, diperlukan berbagai metode penghapusan rumus tanpa harus menghilangkan hasilnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

judul gambar
  1. Pilihlah kolom yang akan dihilangkan rumusnya.
  2. Blok seluruh kolom tersebut.
  3. Klik kanan pada mouse, kemudian akan muncul kotak dialog, klik opsi Copy.
  4. Setelah itu, paste kolom di posisi yang sama dengan menggunakan Paste Special.
  5. Klik kanan pada mouse lagi. Kemudian klik Paste Special pada kotak dialog yang muncul.
  6. Jika sudah klik Value di kotak dialog, lalu tekan Ok.

Dengan menerapkan cara tersebut, tabel yang dibuat masih terdapat hasil dari yang dihitungkan, walaupun rumus yang dibuat telah terhapus.

Baca Juga :

Cara menghilangkan rumus value di Excel

Selain cara di atas, ada juga cara untuk menghapus rumus di Excel dengan menduplikasi lembar kerja ke bagian sheet lain. Berikut adalah tahapannya:

  1. Blok Sel yang ingin diduplikasi
  2. Klik Copy yang tertera pada kotak pilihan yang muncul
  3. Berikutnya bukalah lembar kerja yang baru, lalu klik kanan pada mouse
  4. Setelah itu kotak pilihan akan muncul kembali, klik opsi Paste Special
  5. Pada menu tersebut, klik opsi Values dan Number Format

Dengan menerapkan cara ini, kamu dapat menggandakan sebuah Sel pada lembar kerja yang lainnya. Kamu hanya perlu mengkopi seluruh bagian Sel dengan cara menghapuskan rumusnya. Itulah salah satu kelebihan dari fitur Paste Special, yakni mempunyai fungsi yang lebih lengkap. Jadi, kamu dapat menggandakan Sel sesuai dengan yang dibutuhkan.

Artikel Terkait :

Demikianlah berbagai cara menghilangkan rumus di Excel dengan mudah yang bisa kamu terapkan. Metode-metode tersebut berlaku pada semua versi Excel. Baik pada versi 2007, 2010, 2013, bahkan 2016. Hanya saja yang menjadi pembeda adalah letak ataupun tampilan menu.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.