Cara Menghitung Persentase Pencapaian Target Penjualan

Panduanoffice.web.id – Cara menghitung persentase pencapaian target atau achievement biasanya dipakai para pengusaha untuk mendapatkan gambaran riil hasil penjualannya. Achievement sendiri adalah pencapaian hasil terhadap target yaitu suatu cara didalam mempelajari persentase pencapaian terhadap target.

Hasil akhir dari perhitungan realisasi ini yaitu bentuk persen. Disini kita bisa mengetahui cara menghitung persentase penjualan. Namun sebelumnya, sebaiknya Anda membaca artikel terkait lainnya yaitu Cara Menghitung Persentase di Excel.

 

Cara menghitung persentase pencapaian target

Selain itu, kita bisa mengetahui persentase kenaikan, penurunan dan gambaran umum pada pertumbuhan bisnis apapun. Ini tentunya sangatlah penting bagi pengetahuan wirausaha, dan cara ini merupakan cara dasar di perhitungan bisnis penjualan.

Lalu bagaimana cara menghitung persentase pencapaian target di Excel? Sebelumnya kita telah membahas mengenai rumus persentase di Excel, Anda bisa membacanya. Namun kali ini lebih kepada persentase pencapaian target berkaitan dengan perhitungan dalam bisnis.

 

Cara menghitung persentase pencapaian target di Ms Excel

Menghitung persentase pencapaian target di Microsoft Excel terbilang cukup mudah.

Rumus menghitung persentase pencapaian target adalah:

Achievement = (Actual / Target) X 100/100

 

Silahkan lihat contoh tabel Data penjualan dibawah ini:

Data PenjualanHargaAchievement (%)
Galon AirTargetRp500,000
ActualRp150,000
Air Isi UlangTargetRp400,000
ActualRp250,000
Gas 3 KgTargetRp200,000
ActualRp250,000
PulsaTargetRp400,000
ActualRp350,000
Galon AirTargetRp250,000
ActualRp100,000

 

Dari data tabel penjualan tersebut, kita akan mencari berapa persentase penjualan masing – masing barang dibanding target yang telah ditentukan sebelumnya.

Langkah awal memulai dengan menggunakan aplikasi Excel, data tersebut kita masukkan semua ke program Ms Excel. Kemudian akan menjadi seperti dibawah ini.

cara menghitung persentase pencapaian target

Tabel data untuk menghitung persentase pencapaian target

Selanjutnya kita memakai rumus Achievement = (Actual / Target) X 100/100 untuk menghitung pencapaian dibandingkan target.

Letakkan pointer di Cell D

Masukkan formula :

=(C3/C2)*100/100

 

Maka dari Cell D didapatkan hasil 30%, artinya pencapaian hasil penjualan gallon air terhadap target penjualannya sebesar 30%.

Kemudian kita tinggal lakukan hal yang sama terhadap penjualan barang yang lain. Lihat tabel Excel dibawah ini.

cara menghitung persentase penjualan

Cara menghitung persentase penjualan

 

Perhitungan seperti ini sangat bermanfaat saat mengevaluasi sebuah bisnis terlebih penjualan barang atau jasa di suatu suatu toko pribadi ataupun skala lebih besar lagi misal perusahaan. Karena dengan perhitungan seperti ini kita mengetahui pencapaian terhadap target yang ditetapkan pada bentuk persentase.

 

Cara menghitung minimal penjualan terhadap target yang ditetapkan

Kali ini kami akan menghitung nilai total penjualan yang mesti dapat dicapai agar melewati batas minimal target penjualan suatu perusahaan.

Disini kita ketahui persentase penjualan minimal dan target yang diberikan.

 

Contoh kasus:

Seorang sales ditargetkan melakukan penjualan dalam waktu sebulan yakni minimal 85%. Sedangkan target penjualannya ialah 125.000.000.

Yang ditanyakan ialah berapa nilai penjualan minimal yang musti diraih sales tersebut?

Untuk perhitungan diatas kita memakai rumus :

Nilai Penjualan Minimal = Target Penjualan * Target minimal Penjualan

 

Jadi:

125.000.000 X 85% = 106.250.000

Jadi disini, sales harus mampu menjual minimal 106.250.000, guna memenuhi target minimal penjualan sebesar 85% dari perusahaannya.

 

Dari penjelasan diatas, menghitung achievement berperan penting dalam setiap usaha terutama strategi penjualan dalam bentuk analisa data. Jika memiliki bisnis dalam skala yang lebih besar atau memiliki jumlah barang yang banyak, maka memakai aplikasi Excel akan menjadi pilihan yang tepat guna mendapatkan hasil perhitungan yang lebih cepat dan akurat.

Leave a Reply