Pengaturan Perintah Grafik Chart Title Digunakan Untuk Membuat Apa?

Titel grafik atau Chart Title digunakan untuk membuat serta mempermudah penyampaian informasi kepada seseorang maupun lembaga tertentu. Pasalnya data berupa grafik mudah untuk dibaca, sehingga mempermudah pula dalam penyimpulan informasi. Sementara itu, grafik Chart Title digunakan untuk membuat tajuk atau judul pada diagram atau grafik yang telah dibuat serta menampilkan pesan serta menampilkan isi grafik itu sendiri. Apa saja bagian bagian dari Chart Title? Bagaimana perintah pengaturan grafik Chart Title pada Microsoft Word?

Jenis Grafik pada Ms Word dan bagian – bagiannya

grafik chart title digunakan untuk membuat

Dalam Microsoft Office Word, terdapat beberapa jenis grafik yang bisa anda pilih untuk menyampaikan data data terkait suatu informasi tertentu. Untuk menggunakan grafik agar lebih efektif, maka anda pun harus memahami apa yang membuat masing masing jenisnya ini menjadi unik. Berikut beberapa jenis grafik yang ada di MS Word.

  1. Column

Column chart atau grafik kolom bisa dibilang termasuk salah satu jenis chart yang paling banyak digunakan untuk merepresentasikan data. Chart ini menggunakan batang vertikal, dan dapat digunakan untuk berbagai jenis data yang anda miliki. Namun grafik kolom paling sering digunakan untuk membandingkan data.

  1. Line

Line chart atau grafik garis ideal lebih banyak digunakan untuk menampilkan informasi suatu tren. Dimana titik datanya digambarkan saling terhubung menggunakan garis garis, sehingga hal ini dapat memudahkan orang untuk melihat apakah nilai suatu data meningkat atau menurun pada rentang waktu tertentu.

  1. Diagram Pie

Perintah pengaturan grafik Chart Title digunakan untuk diagram pie sama halnya dengan diagram lain, yaitu dapat memberikan judul pada diagram. Yang mana diagram pie ini bisa mempermudah dalam membandingkan sebuah proporsi. Nantinya setiap nilai dari data akan ditampilkan seperti sepotong kue, jadi anda bisa melihat nilai yang membentuk persentasenya secara keseluruhan.

Selain ketiga grafik yang paling sering digunakan seperti di atas, ada pula beberapa jenis grafik lainnya yang bisa digunakan seperti chart bar, chart area, stock, doughnut, bubble, hingga radar. Masing masing digunakan untuk membantu menggambarkan data numerik dalam tampilan Word, sehingga informasi lebih mudah disampaikan.

Pelajari Juga:

Perintah pengaturan serta cara membuat Chart Title

Perintah pengaturan grafik Chart Title digunakan untuk membuat tajuk pada grafik, agar orang lain dapat langsung melihat tujuan data dalam sekali lihat. Ini merupakan salah satu bagian dari grafik. Oleh karena itu, yang pertama harus dilakukan adalah membuat grafik itu sendiri. Caranya yaitu pilih menu chart pada group illustrations yang ada di menu bar Insert. Lalu pilih salah satu model grafik.

Langkah-langkah membuat Chart Title di Microsoft Word

Langkah langkah membuat Chart Title di Word digunakan untuk memberi judul grafik, adalah sebagai berikut.

grafik chart title digunakan untuk membuat

  1. Aktifkan atau klik Chart yang telah Anda buat dan ingin diberikan judul. Nantinya pada menu ribbon akan muncul group Chart Tools dengan tiga tab yaitu Design, Layout, dan juga Format.
  2. Klik pada tab Layout dan pilih menu Chart Title pada group Label, hingga bagian bagian dari Chart Title akan muncul. Bagian yang muncul adalah 2 pilihan posisi untuk judul chart yakni Above Chart dan Centered Overlay Title.
  3. Chart Title pada grafik digunakan untuk memberi tajuk diagram. Untuk Above Chart akan menempatkan judul tepat di atas grafik anda, sementara Centered Overlay Title berada di center diagram namun masih tumpang tindih dengan garis dari grafik yang ada.
  4. Klik pada tulisan Chart Title sampai kursor untuk melakukan edit muncul, dan masukkan teks judul yang diinginkan. Setelah selesai, klik objek mana pun di luar area judul. Pastikan bahwa judul yang anda gunakan sudah sesuai dengan data, karena Chart Title digunakan untuk menampilkan isi grafik dalam sekali baca.

Pelajari Juga:

    1. Fungsi Format Painter Pada Microsoft Word
    2. Fungsi Table Tool Pada Microsoft Word dan Excel
    3. Fungsi Title Bar Ms Word

Jadi, meskipun Microsoft Office Word merupakan program pengolah kata, namun anda juga bisa menyisipkan data berupa grafik di dalamnya untuk mempermudah penyampaian suatu informasi. Grafik ini bahkan dilengkapi dengan perintah title chart untuk memberikan tajuk atau judul, agar isi dari grafik langsung direpresentasikan melalui judul tersebut.

Leave a Reply