Fungsi Smartart Pada Microsoft Word & Perbedaannya Dengan Chart

Dalam menggunakan Microsoft Word dan Power Point pastinya kamu tak asing lagi dengan nama Smartart. Tombol yang satu ini tersedia untuk kamu yang suka membuat info grafik sederhana tapi mudah dipahami pembaca. Ya, fungsi tersebut tentunya masih umum sehingga kamu perlu mengetahui fungsi Smartart secara khusus.

Fungsi Smart art di Microsoft Office dan Perbedaan dengan Chart

Fungsi smart art

Untuk mengetahuinya, inilah dia fungsi smartart dan perbedaan dengan Chart Ms Word:

  1. Untuk Menampilkan Informasi dengan Lebih Ringkas dan Berwarna

Fungsi smartart di pada Microsoft Word salah satunya adalah untuk menampilkan informasi sehingga lebih ringkas. Biasanya jika kamu membuat artikel dengan bab atau sub bab bisa menggunakan yang satu ini.

Pelajari Juga: File Dokumen Yang diketik Menggunakan Microsoft Word

Pembaca akan lebih mudah memahaminya apalagi dipadukan dengan warna-warna yang cantik. Untuk memahaminya lebih mudah, buatlah informasi secara ringkas tapi padat. Untuk membuatnya, kamu bisa memilih opsi List atau Daftar.

  1. Untuk Membuat Urutan Tata Cara
fungsi smartart pada microsoft word

Fungsi Smartart pada Microsoft word 2016

Fungsi yang selanjutnya dari Smartart adalah untuk membuat urutan tata cara sehingga memerlukan penomoran yang urut. Misalnya saja kamu akan membuat info grafik mengenai proses atau cara virus menyerang tubuh. Kamu bisa memilih Smartart dengan opsi Process atau Proses.

  1. Untuk Menjelaskan Siklus yang Terus Menerus

Fungsi selanjutnya dari tombol ini adalah untuk menjelaskan siklus yang terjadi secara terus menerus sehingga membentuk lingkaran. Kamu bisa memakai opsi Siklus atau Cycle.

Pelajari: Fungsi Picture Tool di Microsoft Word

Misalnya saja, pada rantai makanan di mana rumput dimakan kelinci, kelinci dimakan ular, ular dimakan elang, elang mati dimakan mikroorganisme, mikroorganisme baik untuk menyuburkan tanah, rumput bisa tumbuh.

  1. Untuk Membuat Bagan Organisasi

Untuk menjelaskan kedudukan para pengurus di organisasi pastinya memerlukan bagan bukan?  Ya,  bagan ini digunakan untuk memperjelas kedudukannya. Untuk membuat bagan ini kamu bisa memakai opsi hierarki atau Hierarchy.

Kamu dapat membuat bagan berbagai jenis organisasi karang taruna, kantor balai desa, koperasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Naskah Yang Terletak Dibagian bawah

  1. Untuk Memperlihatkan Hubungan suatu Komponen dengan Komponen Lainnya

Berikutnya adalah untuk memperlihatkan hubungan suatu komponen dengan komponen yang lainnya. Misalnya adalah kalori yang masuk ke dalam tubuh harus sama dengan kalori yang dikeluarkan untuk tenaga.

Ini adalah salah satu hubungan erat dari suatu komponen dengan komponen lainnya. Untuk membuat seperti ini, kamu bisa menggunakan opsi Relasi atau Relationship.

fungsi smartart pada microsoft word

Menu Smartart Ms Word 2016

  1. Untuk Memperlihatkan Beberapa Bagian yang Saling Berhubungan

Fungsi yang keenam yaitu untuk memperlihatkan beberapa bagian yang saling berhubungan baik ke atas maupun ke bawah. Bagan yang satu ini juga sering disamakan dengan tombol Chart karena menggunakan panah X dan Y.

Padahal ada perbedaan chart dan smartart yang bisa kamu temui. Salah satunya adalah panah di Smartart tidak ada angka atau hurufnya hanya memberitahu bahwa komponen A ada hubungannya dengan komponen B, C, dan D. Untuk menggunakannya pilihlah opsi Matriks atau Matrix.

  1. Untuk Memperlihatkan Hubungan Komponen dari Atas ke Bawah

Terakhir yaitu untuk memperlihatkan adanya hubungan suatu komponen dari atas ke bawah. Misalnya adalah nutrisi yang ideal di dalam tubuh. Di ujung ada mikro nutrisi dan yang paling besar adalah karbohidrat. Kamu bisa menggunakan opsi Piramida atau Pyramid.

Baca Juga:

Jadi, itulah beberapa fungsi smart art di Microsoft Office baik itu di Word maupun Power Point. Dengan penjelasan di atas diharapkan kamu mengetahui fungsinya dengan baik serta mengetahui perbedaan smartart dan chart. Jangan takut mencoba, nanti malah tidak segera bisa. Selamat belajar!

Leave a Reply