Contoh Absen Manual Kehadiran Karyawan Bulanan Dengan Tanda Tangan

2 min read

contoh absen manual karyawan

Absensi karyawan tentunya menjadi hal penting yang harus diperhatikan, untuk itu sebagai pemilik usaha anda perlu tahu contoh absen manual karyawan.

contoh absen manual karyawan

 

Laporan kehadiran karyawan yang rapi dan baik akan membantu anda dalam mengetahui kinerja dari karyawan. Lantas bagaimana contoh absen kehadiran karyawan, atau contoh absen karyawan bulanan?

Baca Juga : Contoh Rekap Absen Siswa Per Bulan

Manfaat Laporan Kehadiran Karyawan

Absensi atau laporan kehadiran memang menjadi data yang harus dimiliki anda sebagai pemilik usaha atau pengelola sebuah usaha. Sebab ada manfaat laporan kehadiran karyawan yang harus anda ketahui.

Perlu diketahui jika laporan absen berfungsi sebagai data anda agar mengetahui kinerja para karyawan. Dengan ini anda akan tahu karyawan yang rajin berangkat dan yang sering tidak berangkat.

Contoh Absen Manual Karyawan

Dengan demikian nantinya anda akan dapat mengevaluasi para karyawan. Evaluasi hari, Minggu, bulanan terhadap kinerja karyawan jelas penting sebagai salah satu langkah untuk memajukan usaha yang dijalani.

Jadi memang baiknya memberikan absensi untuk karyawan. Anda bisa mencari contoh absen manual pekerja atau contoh absensi karyawan tanda tangan sebagai patokan dalam membuat absensi karyawan.

Contoh Absen manual karyawan

Untuk absen manual anda bisa menggunakan buku abses. Memang cukup banyak buku abses manual yang bisa dijadikan contoh absen manual karyawan.

Sebagai tanda kehadiran, karyawan bisa menandatangani absen sebagai bukti hadirnya. Atau anda juga bisa membuat sendiri contoh absensi karyawan tanda tangan. Untuk membuatnya bisa menggunakan perangkat lunak Excel.

Berikut ini adalah contohnya yang pastinya bisa dibuat dari Excel.

Contoh Absensi Manual Karyawan

Unduh

Absen Manual

Unduh

 

Absen Manual Karyawan

Unduh

judul gambar

Contoh Absen Excel

Absensi Manual

Untuk absensi secara manual biasanya akan dicetak yang kemudian dijadikan sebagai bukti data untuk evaluasi yang sah untuk mengetahui kinerja setiap karyawan. Tapi tentunya absensi manual memiliki berbagai kekurangan.

Salah satunya adalah dipalsukan, seperti pemalsuan tanda tangan. Nah, hal ini mungkin terjadi jika ada karyawan nakal yang memalsukan tanda tangan di absensi mereka. Tentunya ini sangat merugikan sekali.

Karena hal tersebutlah sekarang ini lebih banyak perusahaan yang menggunakan mesin absensi yang lebih canggih, misal dengan mesin absensi sidik jari.

Dengan mesin tersebut, karyawan harus memasukan sidik jarinya di dalam mesin, secara otomatis mesin akan merekap daftar kehadirannya. Sidik jari tentunya tidak bisa dipalsukan.

Baca Juga :

Aplikasi Absensi Karyawan

Zaman pun semakin canggih, sekarang juga makin banyak aplikasi absensi karyawan. Aplikasi tersebut akan sangat membantu pengelolaan bisnis mendapatkan data kehadiran karyawannya secara lebih akurat.

Nah, berikut ini adalah beberapa apk yang dapat dimanfaatkan untuk merekap daftar kehadiran para pekerja secara lebih akurat.

1. Time Off Management

Pertama ada aplikasi bernama TimeOff Management. Asa berbagai fitur menarik dalam apknya ini, salah satu fiturnya adalah pengajuan cuti yang nantinya akan dicatat oleh sistem pada apknya.

Jadi nantinya pekerjaan yang mengambil cuti akan ditampilkan tanggal cutinya di semua kalender pengguna aplikasinya. Menarinya juga, perusahaan dapat kostumisasi kalender di aplikasi ini, seperti batas hari cuti yang dapat diambil, kemudian jenis cuti, dan hari libur.

2. Talenta

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk absensi online adalah Talenta. Tak kalah dengan apk sebelumnya, Talenta juga memiliki berbagai fitur yang menarik dan memudahkan perusahaan untuk mengetahui laporan kehadiran pekerjaan.

Beberapa fiturnya adalah Live Attendance yang memungkinkan para pekerja bisa melakukan absensi secara online di mana pun. Kemudian ada fitur Face Recognition yang mana karyawan hanya perlu selfi untuk melakukan absensi.

Ada juga fitur payroll. Ini adalah fitur untuk memudahkan pengelola atau pemilik usaha dalam membuat jadwal shift karyawan, jadwal lembur, hingga integrasi.

3. Clockify

Ada juga Clockify dengan fitur unggulan seperti dapat mengetahui waktu karyawan masuk kerja secara otomatis. Rekapan waktu ini akan direkap dalam timesheet karyawan.

Dengan timesheet ini pemilik dapat mengetahui apakah jam kerja pada pekerjanya efektif atau tidak.

Itulah beberapa aplikasi absensi karyawan yang tentunya akan membantu anda sebagai pemilik usaha untuk mengetahui laporan kehadiran para pekerja. Mungkin aplikasi tersebut akan lebih efektif dibandingkan dengan absen manual.

Ketahui :

Itu saja penjelasan kali ini seputar contoh absen manual karyawan. Silakan dipilih untuk menggunakan absen manual atau online.

judul gambar

Apa Itu Aplikasi Administrasi RT Pintar Gratis?

Sekarang ini apapun bisa dilakukan dengan sangat mudah, termasuk administrasi RT lengkap berkat adanya aplikasi administrasi RT Gratis yang sangat membantu kepala RT dan...
Berly
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.