Menyusun tabel job description karyawan tentunya harus dilaksanakan oleh pemilik usaha atau bisnis yang memiliki cukup banyak karyawan. Ini penting dilakukan agar karyawan pun bisa mudah mengerti tentang job pekerjaan mereka.
Tapi apakah anda sudah tahu bagaimana bentuk job description karyawan Excel? Atau saat ini anda sedang mencari contoh format job description karyawan Excel, contoh job description karyawan pdf, serta contoh job description dan job specification pdf? Nah, tenang saja contoh tersebut bisa anda temukan di ulasan kali ini.
Baca Dulu : Slip Gaji Excel
Apa itu Job Description?
Biasanya job description bisa ditemukan di perusahaan. Job description sendiri sangat penting bagi perusahaan. Job description sendiri merupakan petunjuk dan berisikan gambaran secara jelas tentang sebuah rincian pekerjaan yang sebelumnya telah ditetapkan.
Dengan demikian job desc pekerjaan karyawan akan fokus pada tugas tertentu dan tidak melenceng pada pedoman awal. Karena hal inilah job description akan sangat penting bagi karyawan sebab karyawan bisa bekerja sesuai dengan job desc-nya masing-masing, sehingga karyawan tidak akan kebingungan dalam menjalankan tugas pekerjaannya.
Karyawan pun akan mendapatkan gambaran jelas dalam bekerja sehingga bisa mencapai target yang ditetapkan. Selain itu dengan format job description ini pun memiliki manfaat lainnya yaitu untuk keberlangsungan aktivitas karyawan di setiap devisi dan posisinya.
Jadi bagaimana apakah anda yang memang diberikan tugas untuk membuat job description sudah bisa membuatnya? Atau masih mencari contoh format job description karyawan Excel, atau contoh job description karyawan pdf?
Sebelum membuatnya, ada hal perlu diketahui untuk membuat job description yang baik. Bagaimanakah caranya?
Baca Juga :
Cara Buat Format Job Description yang Baik
Job description yang baik akan menjadi peranan penting dalam mewujudkan perkembangan dan membuat perusahaan makin maju, sebab format job desc yang baik akan efektif untuk karyawan dalam bekerja.
Nah, perlu diketahui ada 5 elemen dalam membuat job description yang baik. Apa sajakah itu? Ini dia 5 elemen tersebut.
1. Spesifikasi Pekerjaan
Untuk elemen pertama ini dilakukan agar mengetahui dan dapat menilai kualitas pekerjaan. Lalu untuk elemen ini didasarkan pada tanggung jawab dan kinerja pada pekerjaan yang dibebankan tersebut.
2. Akuntabilitas
Yang kedua ada akuntabilitas yang didasarkan pada kebijakan, produk, keputusan, serta tindakan apa yang ditetapkan nantinya. Akuntabilitas ini penting agar pemilik jabatan atas job tersebut bisa menjalankan aturan dan ketentuan yang dibuat dengan sesuai harapan.
3. Tugas serta Tanggung Jawab
Ini juga sangat penting agar karyawan bisa mengetahui tugas dan tanggung jawabnya dalam bekerja. Selain itu dengan ini nantinya karyawan akan mengetahui apa yang harus diambil dalam menentukan keputusan yang tepat.
4. Ringkasan Pekerjaan
Selanjutnya ada ringkasan pekerjaan yang isinya adalah dari tugas besar apa yang harus dilakukan. Tidak perlu repot-repot juga mengisi hal-hal yang tidak penting dalam job desc, ini dilakukan agar karyawan bisa lebih mengerti tentang apa yang harus dilakukan.
5. Identifikasi Pekerjaan
Terakhir adalah identitas pekerjaan yang mana ini berkaitan dengan identifikasi pekerjaan yang berupa informasi, jabatan dan pengalaman. Ini dilakukan agar mendapatkan tenaga ahli serta kompeten dalam bidangnya.
Itulah beberapa elemen dari job description karyawan. Agar makin bisa membunuhnya anda bisa melihat contoh format job description karyawan Excel, contoh job description karyawan pdf, serta contoh job description dan job specification pdf berikut ini.
Contoh format job description karyawan Excel
Langsung saja inilah contoh job description karyawan Excel atau contoh job description karyawan pdf.
Ketahui :
Nah demikian contoh format job description untuk karyawan dengan format Excel maupun Pdf. Semoga membantu dan berguna untuk Anda semua yah! Jangan lupa like and share jika bermanfaat ya, terima kasih untuk dukungannya …