Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Excel Beserta Contohnya

2 min read

contoh laporan keuangan sederhana excel

Contoh laporan keuangan sederhana Excel sering dimanfaatkan oleh mereka dalam membuat pembukuan keuangan dibidang bisnis. Laporan tersebut tidak hanya dapat kita gunakan secara pribadi melainkan juga banyak digunakan oleh perusahaan dagang. Dari contoh laporan tersebut, kita dapat pula mengetahui cara membuat laporan keuangan di Excel.

Penjelasan mengenai langkah pembuatan laporan yang jelas memudahkan kita dalam menciptakan laporan keuangan yang berkualitas. Karena menggunakan Excel, laporan keuangan xlsx merupakan format laporan yang akan kita dapatkan nantinya. Sebelum mendapatkan data valid mengenai keuangan, kita perlu download file Excel laporan keuangan perusahaan dagang atau download format Excel laporan keuangan pribadi.

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Laporan keuangan xlsx dapat dengan mudah kita buat dengan memanfaatkan perangkat lunak Excel. Laporan keuangan dapat berupa neraca, laporan perubahan modal, laporan laba rugi dan laporan arus kas. Kadang kala, kita juga membutuhkan jurnal dan buku besar untuk menyesuaikan kebenaran data keuangan.

Melalui perangkat lunak Excel, kita hanya perlu memasukkan data transaksi keuangan yang masuk dan data transaksi yang keluar. Langkah ini membuat kita tidak perlu melakukan pembuatan laporan secara manual. Berikut merupakan cara atau langkah yang dapat kita lakukan ketika membuat laporan dengan menggunakan Jurnal yang dapat kita ubah menjadi file Excel:

  1. Laporan neraca
  • Pilih menu laporan
  • Klik neraca pada bagian sekilas bisnis
  • Filter tanggal
  • Expor data ke formal Excel
Aset Bahagia
Kas kecil5.000.000
Persediaan barang4.000.000
Piutang Usaha6.000.000
Total Aset Bahagia15.000.000
  1. Laporan laba rugi
  • Pilih menu laporan
  • Pilih laba rugi pada sekilas bisnis
  • Klik filter dan ekspor ke Excel
Laporan Laba Rugi
Contoh laporan keuangan sederhana perusahaan

Tips Membuat Laporan Keuangan Xlsx

Download file Excel laporan keuangan perusahaan dagang dilakukan jika kita menjalankan perusahaan dan ingin mendapatkan laporan yang tepat. Karena laporan dibuat dengan menggunakan Excel, maka format laporan yang tersaji menggunakan xlsx. Pembuatan laporan dengan memanfaatkan perangkat lunak Excel sebenarnya bukanlah hal yang sulit.

Pembuatan laporan membutuhkan ketelitian yang tinggi sehingga data dapat disajikan dengan benar tanpa ada kesalahan sedikitpun. Kita juga dituntut untuk memanfaakan fitur yang ada di dalam perangkat lunak ini. Di bawah ini merupakan tips membuat laporan keuangan dengan menggunakan Exc:

judul gambar

1.Mempelajari template

Cara membuat laporan keuangan di Excel dapat dilakukan dengan mempelajari template terlebih dahulu. Langkah yang dapat kita lakukan adalah menerapkan dan mencoba menggunakan template pada Excel. Dengan pemahaman akan template, kelak kita tidak akan kesulitan dalam pembuatan laporan keuangan.

2. Fokus pada kumpulan data prefilled

Download file Excel laporan keuangan perusahaan dagang dilakukan dengan fokus pada data prefilled. Langkah ini dapat kita lakukan saat melakukan perhitungan arus kas dan akuntansi. Kita perlu memanfaatkan data prefilled dengan semaksimal mungkin ketika melakukan perhitungan akuntansi.

Baca Juga :

3. Memilih template

Contoh laporan keuangan sederhana Excel menunjukkan penggunaan template pada laporan. Template sendiri dapat membuat laporan terlihat jelas dan rapih. Excel menyediakan beragam jenis template yang nantinya dapat kita manfaatkan. Caranya adalah dengan mengklik tombol menu yang ada pada perangkat lunak Excel. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memilih wizard. Di tempat inilah, kita akan menemukan template yang berbeda-beda.

Download format Excel laporan keuangan pribadi menjadi kegiatan yang paling tepat kita lakukan untuk mendapatkan data keuangan pribadi. Sama halnya dengan laporan keuangan perusahaan, laporan keuangan pribadi juga dapat kita sajikan dengan menggunakan Excel. Pada saat kita menggunakan perangkat lunak ini, kita tidak hanya dapat menemukan template tetapi juga fitur yang dapat kita manfaatkan.  Fitur yang ada pada Excel dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan terhadap angka dan data.

Cara membuat laporan keuangan di Excel dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur tabel pivot. Tabel ini dapat kita temukan pada menu insert. Tabel pivot berperan dalam meringkas data kompleks berdasarkan sel pilihan. Fitur ini dapat kita manfaatkan ketika membuat rangkuman yang terkait dengan data akuntansi mentah. Tidak hanya tabel pivot, berikut fitur lainnya yang ada pada Excel:

1. Analisa What If

Analisa What If

Contoh laporan keuangan sederhana Excel menjelaskan akan keberadaan Analisa What If. Fitur yang ada pada bagian menu ini dapat membantu memperkirakan kumpulan data dalam rumus. Kita dapat pula menguji hasil data baru tanpa harus menghilangkan data set primer.

Baca Juga :

2. Forecast sheets

Forecast Sheets

Baca Juga:

Cara membuat laporan keuangan di Excel dilakukan dengan menggunakan fitur forecast sheets. Dengan fitur tersebut, kita dapat memperkirakan data berdasarkan nilai hitoris. Sebelum kita memutuskan menggunakan fitur ini, kita sebaiknya memperkirakan data yang terkumpul selama menjalankan bisnis. Dengan begitu, laporan keuangan dapat dihasilkan dengan hasil yang maksimal.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *