Contoh Laporan PKL SMK Farmasi di Apotek & Rumah Sakit

contoh laporan pkl smk farmasi di apotek

Laporan PKL Farmasi adalah laporan yang disusun oleh mahasiswa program studi Farmasi setelah menjalani praktik kerja lapangan (PKL) di suatu lembaga atau perusahaan terkait dengan bidang farmasi. Laporan ini berisi tentang pengalaman dan hasil yang diperoleh selama PKL serta refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.

Contoh Laporan PKL SMK Farmasi di Apotek
Contoh Laporan PKL SMK Farmasi di Apotek

Laporan PKL Farmasi biasanya mencakup pendahuluan yang menjelaskan tujuan, latar belakang, dan metodologi PKL, diikuti dengan hasil dan pembahasan dari kegiatan yang dilakukan selama PKL. Hasil dan pembahasan dapat mencakup pengalaman praktik yang diperoleh, tugas-tugas yang telah dilakukan, proses kerja di lembaga atau perusahaan tersebut, serta pengamatan dan analisis tentang bidang farmasi yang terkait dengan kegiatan PKL.

Selain itu, laporan PKL Farmasi juga dapat berisi kesimpulan dan saran tentang hal-hal yang dapat ditingkatkan atau diperbaiki di lembaga atau perusahaan yang dikunjungi selama PKL. Kesimpulan dan saran ini dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap pengembangan bidang farmasi dan pelayanan kesehatan.

Laporan PKL Farmasi sangat penting karena merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan nilai PKL serta menyelesaikan program studi Farmasi. Selain itu, laporan ini juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi oleh lembaga atau perusahaan yang dikunjungi selama PKL dan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa atau pihak-pihak yang tertarik dengan bidang farmasi.

Baca Juga : Contoh Laporan Table Manner

Contoh Laporan PKL SMK Farmasi di Apotek

Berikut adalah contoh laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMK Farmasi di Apotek:

Laporan Praktek Kerja Lapangan SMK Farmasi di Apotek KUSUMA

I. Pendahuluan

Pada tanggal 1 Januari 2023, saya mulai menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Apotek KUSUMA selama enam minggu. Apotek KUSUMA adalah apotek yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani No. 10, Kota ABC. Selama PKL ini, saya bertugas sebagai asisten apoteker dan melakukan berbagai tugas terkait dengan farmasi.

II. Tujuan

Tujuan dari PKL ini adalah untuk memperoleh pengalaman praktis di bidang farmasi, memperdalam pengetahuan tentang obat-obatan dan prosedur dispensing, serta mengembangkan keterampilan dalam berkomunikasi dengan pasien dan memberikan pelayanan yang baik di apotek.

III. Kegiatan Harian

Sebagai asisten apoteker, tugas saya meliputi:

Melayani pasien dan menjawab pertanyaan mereka tentang obat-obatan yang tersedia di apotek.

Mendispensing obat sesuai dengan resep dari dokter dan memberikan informasi tentang dosis, cara penggunaan, dan efek samping obat.

Memeriksa tanggal kedaluwarsa dan kondisi obat-obatan sebelum didispensing ke pasien.

Membantu apoteker dalam pengelolaan stok obat dan melakukan inventarisasi obat-obatan yang tersedia.

Mengambil pesanan obat dari pasien melalui telepon dan membantu pengiriman obat ke rumah pasien jika diperlukan.

Membuat laporan harian tentang kegiatan dispensing obat.

IV. Hasil dan Pembahasan

Selama PKL di Apotek KUSUMA, saya dapat memperdalam pengetahuan saya tentang obat-obatan dan prosedur dispensing di apotek. Saya juga belajar tentang pentingnya memeriksa tanggal kedaluwarsa dan kondisi obat sebelum didispensing ke pasien untuk mencegah efek samping yang berbahaya. Selain itu, saya juga belajar tentang pentingnya berkomunikasi dengan pasien secara jelas dan sopan untuk memberikan pelayanan yang baik di apotek.

V. Kesimpulan

PKL di Apotek KUSUMA memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi saya dalam memperdalam pengetahuan tentang farmasi dan prosedur dispensing di apotek. Saya juga belajar tentang pentingnya pelayanan yang baik kepada pasien dan bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka secara efektif.

VI. Saran

Saya berharap bahwa Apotek KUSUMA dapat terus meningkatkan pelayanannya kepada pasien dengan memperbarui stok obat yang tersedia dan meningkatkan kualitas pelayanan. Selain itu, saya juga berharap bahwa Apotek KUSUMA dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa SMK Farmasi lainnya untuk melakukan PKL di sini dan memperoleh pengalaman praktis yang sama.

Artikel Terkait :

Contoh Laporan PKL Farmasi di Rumah Sakit

Contoh Laporan PKL Farmasi di Rumah Sakit
Contoh Laporan PKL Farmasi di Rumah Sakit

 

LAPORAN PKL FARMASI DI RUMAH SAKIT

Nama Mahasiswa: Fino Ardho Taulani

Program Studi: Farmasi

Periode PKL: 5 Maret – 20 April 2023

PENDAHULUAN

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa dalam program studi Farmasi. PKL dilakukan untuk memperoleh pengalaman praktik yang sesuai dengan ilmu yang telah dipelajari selama di kampus. Tujuan dari laporan PKL ini adalah untuk memberikan gambaran tentang kegiatan yang dilakukan selama PKL di Rumah Sakit [nama rumah sakit].

 

LATAR BELAKANG

Rumah Sakit [nama rumah sakit] merupakan salah satu rumah sakit terbesar di kota [nama kota]. Rumah sakit ini memiliki berbagai departemen termasuk departemen farmasi yang bertanggung jawab atas penyediaan obat-obatan yang dibutuhkan oleh pasien selama berada di rumah sakit. Selama PKL, saya ditempatkan di departemen farmasi dan bertugas membantu proses distribusi obat dan memberikan informasi obat kepada pasien.

TUJUAN

Tujuan dari PKL di departemen farmasi Rumah Sakit [nama rumah sakit] adalah untuk memperoleh pengalaman praktik yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang farmasi, serta memberikan kontribusi yang baik terhadap pelayanan kesehatan bagi pasien.

 

METODOLOGI

Selama PKL, saya melakukan berbagai tugas di departemen farmasi, antara lain:

Mengisi obat ke dalam stok obat dan memeriksa tanggal kadaluwarsa obat.

Membantu proses distribusi obat ke berbagai unit di rumah sakit.

Memberikan informasi tentang obat kepada pasien dan memberikan rekomendasi obat sesuai dengan instruksi dokter.

Mengisi resep obat yang diberikan oleh dokter kepada pasien.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Selama PKL di departemen farmasi Rumah Sakit [nama rumah sakit], saya dapat mengamati proses pengadaan, distribusi, dan penggunaan obat di rumah sakit. Saya juga belajar tentang berbagai jenis obat dan kegunaannya, serta cara mengidentifikasi obat yang tepat untuk setiap pasien.

Selain itu, saya juga belajar tentang pentingnya dokumentasi yang tepat dalam pengelolaan obat di rumah sakit. Setiap obat harus dicatat dengan baik, termasuk jumlah, tanggal kadaluwarsa, dan tujuan penggunaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan obat yang cukup dan untuk memantau efektivitas penggunaan obat.

Selama PKL, saya juga berinteraksi dengan pasien dan anggota staf medis lainnya di rumah sakit. Saya belajar tentang pentingnya komunikasi yang efektif dalam memberikan informasi obat kepada pasien, serta bagaimana memberikan saran obat yang tepat sesuai dengan instruksi dokter.

Ketahui :

Demikianlah inspirasi contoh laporan PKL SMK farmasi di apotek dan di rumah sakit, semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *