Download Contoh Nota Bon Kosong Bengkel Sepeda Motor [File Excel]

2 min read

contoh nota bengkel motor

Contoh nota bengkel motor dalam bentuk file Excel mungkin akan berguna bagi Anda yang baru mau memulai usaha buka bengkel sepeda motor. Biasanya, selain jasa service sepeda motor, bengkel motor juga menjual sparepart motor.

contoh nota bengkel motor
Contoh nota sparepart bengkel motor kosong

Dengan adanya spare part dan jasa perbaikan motor, maka perlu sekali untuk menggunakan nota agar harga bisa lebih jelas dan rinci. Ini penting bahkan wajib bagi para pemiliki jasa bengkel motor. Apalagi perusahaan besar yang pastinya sudah tidak perlu ditanya lagi, pasti menggunakan nota sebagai bukti transaksi kepada pelanggan.

Contoh nota service bengkel sepeda motor

Sebelumnya, kami telah menertbit Cara membuat Nota di Excel, Anda bisa baca lagi agar lebih mudah dalam membuat nota menggunakan aplikasi Excel.

Contoh nota bengkel sepeda motor kosong yang kami berikan dalam format Excel yang siap untuk Anda edit sendiri sesuai dengan keperluan dan kebutuhan Anda.

contoh nota bengkel sepeda motor

Jika Anda ingin file dalam bentuk Word dengan alasan agar mudah di cetak, maka tinggal di convert saja menggunakan aplikasi online yang banyak bertebaran di internet.

Nota bengkel kosong dibawah ini mungkin bisa berguna bagi Anda semua yang jika ingin sementara menggunakan nota kosong buatan sendiri. Kebetulan dirumah Anda ada printer dan kertas Hvs yang tidak terpakai. Sayang juga kan tidak dimanfaatkan. Apa lagi sekarang segala bentuk barang mahal.

contoh nota sparepart bengkel motor

Baca Juga: Cara Membuat Ukuran Kertas F4 Di Excel 2016

Lalu bagaimana format membuat nota bon bengkel motor yang betul?

Nota bengkel motor yang benar harus memiliki:

  • No. Nota / Faktur
  • Tanggal dan tahun
  • Pemilik bengkel
  • Mekanik (jika ditangani karyawan)
  • Nama pelanggan
  • Alamat
  • No Hp yang bisa dihubungi
  • No. Plat Kendaraan
  • Km Kendaraan

Untuk kolom, terdiri dari:

judul gambar
  • Nomor
  • Jenis kendaraan
  • Jumlah
  • Harga satuan
  • Qty (jumlah barang/sparepart yang dibeli)
  • Harga Satuan
  • Subtotal
  • Uang muka
  • Total yang harus dibayar

Dari contoh format nota bengkel motor diatas, akan lebih jelas jika Anda melihat contohnya langsung. Apalagi kami berikan contoh nota bengkel motor kosong dalam bentuk file Excel yang bisa langsung Anda edit di file Excel tersebut.

nota service motor honda

Anda tinggal isi kolom yang kosong dan sesuaikan dengan kebutuhan usaha bengkel sepeda motor Anda. Isi alamat, no contact bengkel Anda yang aktif, tabel detail pemesanan dll.

Baca Juga: Belajar Excel Untuk Administrasi Perkantoran

Jenis Nota

Sebelum mengetahui lebih mendalam mengenai nota, ada baiknya terlebih dahulu memahami berbagai jenis nota. Sebagai bukti transaksi, penjual mengeluarkan nota penjualan kepada pembeli. Biasanya, dua nota dikeluarkan untuk satu transaksi. Ada satu nota untuk pembeli dan satu untuk penyedia jasa atau penjual.

Tanda terima penjualan mungkin tidak selalu menunjukkan bahwa transaksi telah dibayar tunai. Nota penjualan juga diperlukan untuk transaksi yang melibatkan uang muka atau pembayaran bulanan. Perhatikan kategori berikut untuk mempelajari perbedaan antara setiap nota penjualan atau bukti transaksi!

1. Nota kredit

Credit note juga dikenal sebagai nota kredit, adalah dokumen yang dibuat sebagai bukti transaksi untuk menunjukkan pengurangan piutang. Pengurangan ini dapat terjadi sebagai akibat dari penurunan harga pembelian barang atau sebagai akibat dari cacat atau masalah yang menyebabkan barang dikembalikan sebagian atau seluruhnya.

Penjual menerbitkan nota kredit setelah menerima nota debit dari pelanggan. Sebelum akuisisi selesai, nota ini ditandatangani dengan persetujuan dan kesepakatan kedua belah pihak. Tidak akan ada kesalahpahaman dengan cara ini.

Baca Juga: Download Aplikasi Kasir Excel Gratis

2. Nota Debet

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, nota kredit hanya dapat diberikan oleh penjual setelah pembeli menyerahkan nota debit. Pembeli membuat nota debet sebagai bukti penurunan hutang usaha akibat produk dikembalikan atau dibayar. Alhasil, ketika pembeli membeli produk melalui sistem bon atau utang, keberadaan nota debet ini mengurangi jumlah utang yang harus dibayar.

Nota kredit dan debit harus dicetak paling sedikit dua rangkap. Lembaran nota yang asli dikasikan kepada pihak pelanggan atau pembeli, sedangkan salinannya disimpan sebagai arsip atau bukti penyedia jasa bengkel atau penjual dati toko tersebut.

3. Nota kontan

Nota kontan adalah bukti transaksi yang dikeluarkan oleh penjual setelah pembeli membayar barang yang diperoleh, berbeda dengan nota kredit dan debet, yang masih terikat pada hutang dagang antara kedua belah pihak.

Vendor biasanya mengeluarkan uang tunai kepada pembeli yang melakukan transaksi langsung. Karena tata cara pembayarannya tidak memerlukan pendewasaan atau pembayaran yang lengkap, maka bukti pembayaran tersebut dikenal dengan istilah cash note (karena digunakan untuk pembayaran tunai/tunai).

Baca Dulu:

Uang kertas, seperti bentuk uang kertas lainnya, harus dibuat setidaknya dalam dua salinan. Pembeli menerima nota asli, sementara penjual menyimpan duplikat untuk nota atau arsip. Informasi berikut harus disertakan dalam nota kas yang diterbitkan:

  • Tanggal penerbitan wesel terdiri dari tanggal, hari, bulan, dan tahun.
  • Nama pemilik toko/usaha yang menjual barang tersebut.
  • Jenis produk yang dijual, serta volume dan harga yang dibayar oleh pembeli
  • Tanda tangani atau stempel nota untuk mengonfirmasi bahwa itu adalah bukti pembayaran yang asli.

Download

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.