Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Fungsi Gambar Shortcut Text Highlight Color Pada Microsoft Word

1 min read

fungsi text highlight color

Sebagai salah satu aplikasi pengolah kata terpopuler, Microsoft Word memiliki fitur yang lebih baik dan lebih lengkap dibandingkan aplikasi lainnya. Nah, salah satu fitur unggulan yang  sering digunakan ialah fitur “text highlight color”. Sebenarnya, apa fungsi text highlight color pada Microsoft Word dan bagaimana cara mengaplikasikannya?

fungsi text highlight color
Fungsi text highlight color

 

Nah, bila kalian ingin tahu lebih lanjut seputar fungsi text highlight color serta bagaimana cara membuatnya, silakan simak informasinya di bawah ini.

Baca Dulu : Fungsi Title Bar

Apa itu Fitur Text Highlight Color?

Text highlight color adalah fitur pada Microsoft Word yang terletak dalam grup toolbar Font pada tab HOME.

Fitur ini memang jarang digunakan tidak seperti fitur lain yang terdapat dalam toolbar font. Hal ini karena penggunaan text highlight color umumnya hanya digunakan sebagai penanda dan tidak terlalu diperlukan selama proses teks editing.

Lalu, apa saja sih fungsi text highlight color dan bagaimana cara mengaplikasikannya pada Microsoft Word? Jika penasaran, silakan simak terus artikel berikut ini.

Fungsi Text Highlight Color pada Microsoft Word

Fungsi text highlight color pada Microsoft Word ialah untuk membuat sorotan pada teks atau objek agar tampak lebih jelas.

Cara kerjanya ialah dengan memberi warna latar belakang yang cerah pada teks yang dimaksud seperti kuning muda, hijau muda, biru muda, atau pink sehingga nantinya teks yang berwarna hitam akan tampak lebih jelas.

Jika pada halaman kertas, text highlight color ini bisa diibaratkan dengan stabilo yang akan membuat teks jadi terlihat lebih jelas sehingga lebih memudahkan untuk dijadikan ringkasan atau rangkuman tanpa harus membaca keseluruhan teks.

Fitur text highlight color tersedia di hampir semua versi Microsoft Word. Namun versi penyempurnaannya mulai dari versi Ms Word 2007 ke atas. Untuk versi online dan versi Android pun terdapat fitur ini sehingga kalian bisa menerapkannya dengan mudah.

Baca Juga :

Gambar Text Highlight Color

Nah bila kalian belum pernah melihat seperti apa itu ikon text highlight color, silakan kalian bisa melihatnya pada gambar di bawah ini:

judul gambar

Gambar Text Highlight Color

Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, bahwa shortcut text highlight color memiliki ikon dengan karakter ab dan kuas di bawahnya.

Secara default, warna yang ditampilkan adalah warna kuning muda yang tampak cerah sehingga dapat menyatu dengan baik terhadap font teks default yang berwarna hitam.

Namun bila kalian ingin menyesuaikan dengan warna font yang bukan warna gelap, maka bisa juga mengubah warna tersebut pada pilihan warna yang  tersedia seperti pada gambar di atas.

Cara Menggunakan Fitur Text Highlight Color pada  Microsoft Word

Setelah kalian paham tentang fungsi text highlight color pada Microsoft Word, sekarang kita lanjutkan ke dalam tips menggunakan fitur tersebut. Berikut rinciannya:

a. Cara Mengaplikasikan Text Highlight Color

  • Blok teks yang akan di sorot
  • Pilih tab Home
  • Pada toolbar font, silakan klik Text Highlight Color
  • Tentukan warna yang ingin ditampilkan
  • Selesai!

b. Cara Menghilangkan Text Highlight Color

  • Blok teks yang ingin dihapus sorotannya
  • Pilih tab Home
  • Di bagian toolbar font, silakan klik Text Highlight Color
  • Pilih warna “No Color

c. Shortcut Text Highlight Color pada Keyboard

  • Buat sorotan teks: tekan tombol Alt + H + I secara bersamaan
  • Hapus sorotan teks: tekan tombol Alt + H + I + N secara bersamaan

Ketahui :

Itulah beragam fungsi text highlight color pada Microsoft Word yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan sampai  bertemu lagi di artiekl yang akan datang!

judul gambar
Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text