Soal Excel: Ikon Save Redo dan Undo Merupakan Bagian Menu Dari … ?

Soal Excel dan Jawabannya #05:

Ikon save redo dan undo merupakan bagian menu dari …

 

Jawab: Quick Access Toolbar

 

Penjelasan

Pengertian Quick Access Toolbar

Apa itu Quick Access Toolbar?

Quick Access Toolbar adalah suatu bar yang berisi beberapa ikon yang memiliki fungsi berupa perintah langsung pada Microsoft Office serta mempermudah untuk tombol akses cepat bagi penggunanya.

Apa fungsi Quick Access Toolbar?

Fungsi Quick Access Toolbar ini adalah untuk mempermudah atau mempercepat pengguna Ms Office dalam melakukan perintah.

Ikon Save Redo dan Undo Merupakan Bagian Menu Dari

Secara default, dalam menu ini bisa kita temukan di bagian atas menu ribbon, tepatnya pojok kiri atas. Namun letak tersebut dapat kita pindah kebagian bawah ribbon dengan mengatur menggunakan tanda panah kecil disamping ikon toolbar paling kanan. Jika posisi Quick Access Toolbar berada di atas ribbon, kamu tinggal klik Show Below the Ribbon. Jika ingin mengembalikan keatas ribbon maka tinggal klik Show Above the Ribbon.

Beberapa ikon yang secara default muncul pada menu Toolbar ini, yakni:

  • Ikon Save berfungsi untuk menyimpan dokumen atau lembar kerja MS Office.
  • Ikon Undo berfungsi untuk membatalkan perintah yang dilakukan sebelumnya.
  • Ikon Redo berfungsi untuk mengulang kembali perintah dimana sebelumnya telah dibatalkan.

Baca Juga: Cara Mengolah Tabulasi Data Kuisioner

Tombol lain dari menu Quick Access Toolbar pada Excel 2013 seperti dibawah ini:

Ikon Save Redo dan Undo Merupakan Bagian Menu Dari

Ikon lainnya untuk MS Office Excel 2013 adalah:

  • Open
  • Email
  • Quick Print
  • Print Preview and Print
  • Spelling
  • Sort Ascending
  • Sort Descending
  • Touch/Mouse Mode

Selain ikon diatas, pada Ms Office 2013, terdapat opsi More Command dan Show Below The Ribbon.

Ketahui: Rumus Cara Mencari Modus di Excel

Customize Quick Access Toolbar

Customize Quick Access toolbar adalah pengaturan untuk menampilkan Coomands atau perintah berupa ikon untuk ditampilkan pada akses Toolbar dibagian atas jendela lembar kerja.

Ketika kamu klik More Command, maka akan muncul jendela baru yaitu Excel Options. Jendela Excel Options ini adalah untuk menambah fasilitas Quick Access Toolbar yang akan sering kita digunakan.

Dibagian pengaturan sebelah kiri yakni Quick Access Toolbar ini maka pada bagian sebelah kanan dapat dilihat banyak sekali tombol yang bisa kita sisipkan pada Quick Access Toolbar ini. Lihat gambar berikut!

Ikon Save Redo dan Undo Merupakan Bagian Menu Dari

Baca: Cara Menentukan Nilai Huruf di Excel

Tombol- tombol ikon perintah tersebut memiliki fungsi masing masing. Kamu bisa menampilkannya di Toolbar Excel terutama tombol / ikon yang sering kamu gunakan. Ini Tentu akan sangat menghemat waktu kamu saat mau menggunakan tombol ikon perintah tersebut. Terutama tombol yang tidak tertampil pada tab HOME. Karena pada tab HOME ini sudah langsung bisa kita akses atau kita bisa langsung klik ikon tersebut jika ingin menggunakannya.

Misal pada tab ribbon HOME pada group Font, disini kita sudah bisa langsung menggunakan tombol untuk mengatur font. Seperti, menebalkan tulisan, memiringkan tulisan atau memberi garis bawah. So, kita tidak perlu menampilkan ikon font ini di Quick Access Toolbar.

Cari Tahu: Ekstensi Yang Digunakan Microsodt Excel 2007

Secara default, pada Quick Access Toolbar ini akan menampilkan Popular Commands atau ikon perintah yang biasanya atau sering digunakan oleh pengguna Ms Office. Misal tombol New untuk create atau membuat dokumen baru. Ikon tombol ini sering dipakai namun tidak ada di menu ribbon Excel . Untuk mengakses tombol New guna bikin dokumen baru, Anda harus klik FILE lalu pilih New. Ini tentu kurang cepat, oleh karena itu ikon New ini bisa kita tampilkan di menu Quick Access Toolbar dimana bisa langsung diklik saat edit dokumen.

Nah, dengan adanya Quick Access Toolbar ini maka kamu dapat mengerjakan tugas pada lembar kerja Ms Office dengan cepat.

Baca: Bagian Excel Yang Digunakan Sebagai Penunjuk Sel

Semoga jawaban dari soal Ms Office Excel “Ikon save redo dan undo merupakan bagian menu dari …” dapat membantu kalian. Dan tentunya, penjelasan kami bisa menambah pengetahuan kalian dalam memahami Excel dasar. Selamat belajar, silahkan share di akun sosmed kalian agar teman-teman yang lain bisa tahu manfaatnya.

Leave a Reply