Fungsi & Kegunaan Insert Shapes Tool pada Microsoft Word

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan program Microsoft Word yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office. Pasalnya hampir semua orang pernah menggunakan program satu ini untuk mengedit, membuat, hingga memformat dokumen. Sebagai penyempurnaan dan variasi dari dokumen, disematkan tool shapes. Apa kegunaan shapes ini ? Simak ulasannya berikut.

Kegunaan Shapes Tool pada Microsoft Word

Kegunaan shapes tool pada Microsoft Word adalah

Shapes adalah perintah pada Microsoft Word yang fungsinya adalah untuk membuat bentuk datar berupa 2D. Penambahan grafis ini dimungkinkan dalam Word sebagai pelengkap dan pemberi variasi pada dokumen. Tool ini sendiri dapat anda temukan pada tab menu Insert, bersama dengan beberapa perintah model grafis lainnya seperti Picture dan Clipart.

Fungsi insert shapes

Apabila dilihat dari bagian bagiannya fungsi Insert Shapes bisa dibagi ke dalam beberapa kategori, seperti:

  • Lines
  • Rectangles
  • Basic Shape
  • Block Arrow
  • Equations Shape
  • Flowchart
  • Stars and Banners
  • Callouts.
Kegunaan shapes tool pada Microsoft Word adalah

Shape Tool pada Microsoft Word 2016

Pelajari: Cara Menyisipkan Tulisan Seni Pada Dokumen Word

Lines

Untuk Lines atau garis bisa digunakan untuk membuat tanda tangan digital. Yang mana perintah ini bisa digunakan untuk membuat garis lurus, melengkung, panah, hingga garis bebas.

Rectangles

Lalu kegunaan shapes pada kategori Rectangles adalah untuk membuat bentuk 2D berupa persegi maupun persegi panjang yang sesuai dengan ukuran.

Basic Shape

Sementara Basic Shape terdiri atas shape berbentuk bulat, setengah lingkaran, bulan, awan, segitiga, hingga kubus silinder. Pada perintah ini, anda juga bisa membuat tulisan agar berada di dalam shape atau biasa dikenal sebagai text box.

Block Arrow

Sedangkan Block Arrow dapat digunakan untuk membuat tanda panah sebagai arah petunjuk. Bila pada lines tanda panahnya tidak bervolume atau berupa garis, maka lain halnya dengan Block Arrow ini sehingga terlihat lebih jelas bila digunakan sebagai papan petunjuk.

Equations Shape

Kemudian equations shape sebagai lambang untuk perhitungan matematika.

Flowchart

Selanjutnya, flowchart atau diagram alir banyak digunakan untuk membuat bagan ataupun struktur organisasi. Bisa juga untuk membuat langkah langkah dan lain sebagainya.

Stars and Banners

Namun jika anda membutuhkan untuk pembuatan bingkai judul atau logo dalam bisnis, maka shape stars and banners bisa dimanfaatkan.

Callouts

Untuk fitur Callouts atau kolom komentar digunakan sebagai bentuk yang menandakan komentar atau keterangan. Biasanya shape bentuk ini ditemukan pada sebuah percakapan.

Jadi kegunaan shapes tool pada Microsoft Word adalah berbeda beda tergantung kategori shape-nya. Yang pasti, tool ini bisa bermanfaat dan mendukung pekerjaan menjadi lebih mudah dan bervariasi.

Pelajari: Fungsi Redo, Undo, Paste, Cut & Copy Pada Microsoft Word

Cara Membuat Shapes pada Microsoft Word

Langkah langkah membuat shapes pada Microsoft Word sangat mudah dilakukan:

  • Pertama, anda perlu membuka lembar kerja Microsoft Word,
  • Kemudian klik menu Insert dan pilih Shapes yang ada di bagian jendela ribbon.
  • Klik salah satu jenis atau tipe shapes yang anda inginkan, maka kursor akan berubah menjadi tanda plus.
  • Arahkan tombol mouse di area tempat anda ingin meletakkan shapes.
  • Klik pada area tersebut sembari diarahkan ke kanan atau ke bawah sesuai dengan keinginan. Dalam hal ini, anda juga bisa mengatur besar kecilnya shapes. Kapanpun anda mengaktifkan shapes, anda bisa mengubah ukurannya dengan cara yang sama.
Kegunaan shapes tool pada Microsoft Word adalah

Cara menggunakan shape tool Ms Word

Selain memperbesar atau memperkecil ukuran shapes, agar kegunaan shapes dapat sesuai dengan keinginan, maka anda juga bisa mengubah warna shapes hingga mangatur ketebalan dan warna garisnya.

Caranya yaitu klik kanan pada bentuk datar yang telah dibuat, masuk ke Fill dan pilih warna yang diinginkan. Sementara untuk ketebalan dan warna garis bisa melalui opsi Outline.

Adanya penambahan grafis dapat memperindah serta membuat dokumen yang anda kelola terlihat semakin menarik. Selain itu, beberapa dokumen memang membutuhkan adanya fitur shapes ini, seperti bagan organisasi dan lain sebagainya. Cara yang telah dijelaskan seperti di atas bisa anda terapkan untuk menjalankan fitur tersebut pada Microsoft Word.

Pelajari:

Demikian pembahasan tentang fungsi Insert Shapes atau kegunaan shapes tool pada Microsoft Word. Semoga membantu Anda yang sedang belajar Ms Office Word. Penggunaan Shapes Tool ini bisa Anda praktekan untuk berbagai versi Microsoft Office. Mulai dari Ms Office 2007 sampai dengan Ms Office 2019. Selamat belajar semoga bermanfaat!

Leave a Reply