Pengertian Sheet & Workbook Pada Microsoft Excel

Pengertian worksheet pada Microsoft Excel – Artikel pada kesempatan ini akan membahas pengertian sheet pada Microsoft Excel, Workbook, Page Layout dan Page Setup pada Ms Excel.

Microsoft Excel adalah suatu program yang berjalan di sistem operasi perangkat lunak, fungsinya membuat, mengedit dan menyimpan dokumen yang umumnya berupa angka.

Microsoft Excel sudah berjalan di dalam berbagai sistem operasi, yakni Windows, MacOs, iOS dan Android.

Pengertian worksheet pada Microsoft Excel

Pengertian worksheet pada Microsoft Excel

Microsoft Excel banyak berperan di dalam membantu berbagai fungsi aritmatika. Ms Excel berperan penting dalam hitung menghitung sederhana maupun kompleks. Selain itu, program Excel menyelesaikan berbagai fungsi dalam bidang matematika.

 

Pengertian Workbook

Workbook adalah file Excel yang didalamnya terdiri dari 1 atau lebih sheet (lembar kerja) dimana kita bisa melakukan berbagai pekerjaan terutama berkaitan dengan angka.

Workbook adalah buku kerja Ms Excel dimana file Excel ini biasanya berektensi xlsx atau xlsb.

Pengertian Workbook

Workbook dibagi menjadi bagian yang lebih kecil lagi disebut worksheet atau sheet atau lembar kerja.

Bagaimana untuk memulai aplikasi Excel ini atau membuat workbook baru?

Anda tinggal membuka program Excel, maka otomatis akan tersaji lembar kerja yang siap Anda isi data berupa angka atau data apa saja.

Ketika kita membuka program Excel kemudian mau membuat workbook baru, maka tinggal pilih FILE –> New –> Pilih Blank Workbook. Maka lembar kerja Excel siap untuk kita isi.

cara membuat workbook baru

 

Pengertian sheet atau worksheet pada Microsoft Excel

Worksheet atau disebut juga sheet adalah lembar kerja Excel yang terdiri dari garis – garis atau kotak – kotak transparan yang disebut dengan Cell. Garis atau kotak transparan ini tidak akan tampil saat Anda cetak atau print jika tidak dibuat tabel dengan garis hitam.

Saat pertama kali anda membuka aplikasi Excel, maka akan disajikan Cell yang siap untuk dibuat tabel. Inilah lembar atau sheet atau worksheet yang siap untuk Anda masukan angka – angka dan dibuat tabel sesuai dengan kebutuhan.

Didalam lembar kerja Excel atau sheet tersebut terdapat lembar lain yang bisa kita buat.

Pada bagian bawah sebelah kiri cell cell Excel terdapat Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Jika kita klik maka akan muncul lembar atau sheet baru.

Maka, Sheet1, Sheet2 dan Sheet3 ini berfungsi untuk memudahkan Anda dalam menambah dokumen baru di Excel tanpa membuka file baru. Jadi disini, 1 file Excel bisa menyimpan beberapa lembar kerja atau sheet Excel.

Ini sangat memudahkan Anda saat ingin menambah lembar kerja baru tanpa harus membuat file Excel baru.

Jika Anda butuh lebih dari 3 sheet, maka tanda “+ disebelah Sheet3 bisa Anda klik untuk menambah Sheet ke 4, 5 dan seterusnya.

Pengertian sheet

Fungsi Sheet, Delete, Move or Copy, Insert, Protect Sheet

Rename

Excel juga menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan Anda dalam mengelola lembar kerja. Misalnya, kalian ingin merubah nama Sheet1 menjadi nama judul sheet. Maka tinggal klik kanan bagian Sheet1, kemudian pilih Rename.

Selain klik kanan untuk merubah nama, kalian juga dapat double klik bagian bertuliskan Sheet tersebut.

 

Delete

Jika Anda ingin menghapus Sheet1 atau Sheet yang lain, maka tinggal klik kanan lalu pilih Delete.

Untuk fitur sheet lainnya masih klik kanan ya.

 

Move or Copy…

Anda juga bisa memindah atau mengcopy sheet dengan memilih Move or Copy…

 

Insert

Insert

Untuk memasukan lembar lain, Anda bisa pilih Insert, kemudian pada tab General Anda bisa pilih sesuai kebutuhan Anda. Kemudian klik Ok.

 

Protect Sheet

Anda juga bisa mengunci sheet agar tidak bisa diotak – atik oleh orang lain dengan memilih Protect Sheet.

Untuk kalian para pelajar yang sedang mulai belajar Ms Excel, beberapa fitur diatas biasanya yang lazim sering digunakan. Untuk itu fitur – fitur tersebut sebaiknya kita pahami dan praktekkan untuk memudahkan kita mengelola lembar kerja. Bayangkan jika kalian memiliki banyak sheet dengan data berbeda. Maka sangat perlu bukan untuk memberi nama sheet – sheet tersebut.

Bagaimana pembahasan pengertian sheet pada Microsoft Excel diatas? Sederhana bukan, saya yakin kalian mudah memahaminya. Ini merupakan gambaran dasar dari program Excel. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply