Rumus Excel Menghitung Total Gaji Pokok & Tunjangan dengan IF

Panduanoffice kali ini akan berbagi rumus Excel menghitung gaji pokok menggunakan IF yang terbilang cukup mudah. Bila Anda kesulitan menghitung memakai rumus if untuk menghitung tunjangan atau mencari total gaji pegawai atau karyawan dengan Excel, mungkin bisa baca artikel ini. So cek it out!


Sudah bukan zamannya lagi menghitung gaji secara manual. Cara lebih mudah sudah banyak digunakan perusahaan untuk perhitungan. Menghitung gaji pokok, tunjangan, hingga gaji total dan lainnya makin lebih mudah. Cara canggihnya yaitu menggunakan excel. Untuk membantu menghitung, ada beberapa rumus excel dengan beragam cara. Contohnya rumus VLOOKUP atau rumus IF yang banyak direkomendasikan perhitungan.

Rumus Excel menghitung Gaji pokok dengan IF

Bukan sembarang rumus, ada perbedaan antara rumus VLOOKUP dan rumus IF yang harus dipahami sebelum mulai menghitung. Paling tidak, sebelum nominal gaji ditotalkan, penguasaan pada aplikasi kedua rumus ini harus sudah maksimal. Sebab jika dasar pengerjaan rumus saja belum dikuasai, bagaimana gaji pokok bisa dihitung.

Kami ingin membantu untuk menemukan solusinya, maka dari itu kemudahan bisa didapatkan dari artikel ini. Namun di artikel ini, rumus IF akan menjadi fokus penjelasan kami. Jadi untuk memudahkan, silahkan pelajari dengan baik-baik.

Rumus Excel menghitung Gaji pokok dengan IF

Bukan rumus asing, Rumus IF atau rumus perbandingan ini sudah banyak digunakan. Jadi pada penjelasan kali ini, fokus kita langsung pada perhitungannya, bukan pengenalan dasar rumusnya. Beberapa yang akan kita hitung adalah gaji pokok, dan tunjangan. Ilustrasinya adalah berikut :

ABCDE
NOJABATANGAJI POKOKUANG MAKANTRANSPORT
1DIREKTUR200.00050.00070.000
2CEO150.00040.00050.000
3KARYAWAN100.00025.00050.000

 

Artikel Terkait: Cara Menghitung Persen Potongan Gaji Karyawan & Pegawai

Di bawah ini adalah tata caranya.

Cara Mengitung Gaji Pokok

Rumus IF nya yaitu

=IF(B2=”Direktur” ;200000 ;IF(B3=”CEO” ;150000; 100000))

 

Bacanya adalah, kasus satu apabila Direktur sama dengan gajinya 200.000, kasus dua apabila CEO sama dengan gajinya 150.000, dan terakhir apabila bukan Direktur atau CEO 100.000 adalah gaji yang diterima.

Langsung tekan Enter jika seluruh instrumennya lengkap dan benar. Maka akan tertulis sesuai level gaji yang disarankan. Sehingga terlihat bahwa tiap level jabatan memiliki perbedaan, gaji pokok adalah salah satunya.

Artikel Lainnya: Cara Menghitung Persentase Kenaikan Gaji

Menghitung Tunjangan

Tunjangan suami/istri dan tunjangan anak kadangkala menjadi perhitungan yang rumit bagi karyawan yang sudah berkeluarga. Kolom F menjadi status Nikah dan G adalah Tidak Nikah. Maka jumlah ada di kolom H. Maka untuk menghitung tunjangan suami/ istri adalah sebagai berikut :

=IF(F2=”KAWIN” ;C2*10% ;0)

 

Kasusnya adalah, apabila status pekerja KAWIN, maka gaji pokok langsung dilakukan 10%, sedangkan selain status KAWIN isi tunjangan adalah 0. Langsung dilakukan salin tempel untuk seluruh pekerja.

Kemudian tunjangan anak yang harus dihitung. Sebelumnya kolom I untuk jumlah anak dan kolom J untuk kolom besar tunjangan. Berikut solusinya :

Rinciannya adalah

  1. Apabila pada kolom I angkanya lebih dari 3, maka tunjangan yang dihitung (2% x Gaji Pokok) X 2
  2. Apabila kolom I angkanya lebih besar dari 0/ 1, dan angka 2 maka kasusnya menjadi (2% x Gaji Pokok) x Jumlah anak di kolom I
  3. Untuk angka selain 1,2,3 atau lebih besar, maka hasil pada kolom J adalah 0

Jika seluruh tunjangan sudah selesai, maka cukup klik untuk mendapatkan hasil. Jika ingin diperbanyak, bisa melakukan salin tempel ke kolom selanjutnya yang ingin dicari hasil tunjangannya. Maka setelah itu, terlihat seluruh hasilnya tanpa susah-susah manual mencari.

Baca Dulu: Cara Menghitung Persentase Kehadiran Pegawai

Antara cara menghitung rumus IF lebih mudah atau tidak dengan VLOOKUP adalah selera penghitung. Karena kemampuan hitung berbeda membuat keduanya rumus ini sangat fleksibel digunakan menghitung gaji pokok hingga tunjangan. bahkan selain itu, bisa juga digunakan untuk menghitung total gaji di excel tersebut.

Tidak akan ada yang susah jika kita tahu kemampuan dalam menghitung. Rumus excel baik itu rumus IF atau VLOOKUP, keduanya mudah digunakan. Hasilnya pun akurat karena berdasarkan logika yang telah dibaca excel.

Panduan Lainnya: Cara Mengelompokkan Data Umur di Excel

Tutorial pengerjaan rumus excel menghitung gaji pokok dengan IF ini semoga bisa membantu untuk mencari solusi dari permasalahan. Selamat mencoba pada pekerjaan yang tertunda. Pengerjaan yang baik akan membuahkan hasil terbaik juga. Pastikan masukan data ke kolom dengan tepat agar hasilnya benar.

Leave a Reply