Berapa Ukuran Kertas Binder B5 Dalam Cm di Word?

1 min read

Kertas binder merupakan jenis kertas yang dipasangkan dengan ring binder clips sehingga dapat dengan mudah dirangkai sesuai kebutuhan. Ukuran kertas binder A5 di Word seringkali dijadikan standar dasar dalam pembuatan kertas binder, padahal ada banyak jenis ukuran kertas binder yang ada di pasaran mulai dari A4 hingga B5.

Ukuran kertas binder B5 di Word

Dibandingkan dengan kertas jenis lain, binder memang jarang digunakan karena fungsinya yang terbatas. Walau begitu, kertas ini bisa dengan mudah di lepas pasang sehingga dapat ditukar maupun diisi ulang sewaktu-waktu. Karena itulah kertas binder sering dijadikan sebagai arsip catatan / notebook bagi anak kuliahan.

Macam-Macam Ukuran Kertas Binder B5

Nah, bagi kalian yang bertanya-tanya tentang berapa ukuran kertas B5 dalam cm atau dalam ukuran lainnya, silakan amati tabel di bawah ini:

NOJenis Kertas BinderPanjangLebar
1Kertas Binder B517,6 cm25 cm
2Kertas Binder A421 cm29,7 cm
3Kertas Binder A514,8 cm21 cm
4Kertas Binder A610.5 cm14,8 cm
5Kertas Binder A77.4 cm10 cm

Berikut penjelasan masing-masing ukuran kertas binder mulai dari B5 hingga A7:

a)      Ukuran Kertas Binder B5

Kertas binder A5 merupakan kertas binder paling populer dan paling banyak tersedia di pasaran. Dengan ukurannya yang tidak lebih besar dari A4 dan tidak lebih kecil dari A5, tentu membuatnya menjadi sangat pas untuk dibawa di ransel kecil, tas samping cewek, ataupun tas laptop.

judul gambar

Ketahui: Ukuran Kertas A3 dalam Cm

Umumnya, binder B5 dibuat dengan 26 ring binder clips sesuai standar yang ada. Namun ada juga yang dibuat hanya dalam 6 lubang ring saja. Jika kalian ingin membelinya, kami sarankan untuk memilih yang tipe 26 ring agar tidak kesulitan mencari kertas isi ulangnya di pasaran.

b)      Ukuran Kertas Binder A4

Kertas Binder A4 sangat jarang ditemui dipasaran mengingat ukurannya yang terlalu besar yakni berukuran 21 cm x 29,7 cm.

Dengan ukuran sebesar itu, tentu umumnya hanya digunakan sebagai arsip dokumen, jurnal, dan juga buku karya ilimiah. Jumlah lubang ring pada A4, umumnya dibuat berdasarkan keinginan produsen karena tidak ada standar khusus, namun kebanyakan ialah berupa 9 ring dan 30 ring.

Baca Dulu: Ukuran Kertas A5 dalam Cm

c)      Ukuran Kertas Binder A5

Ukuran kertas binder A5 sama populernya dengan B5 karena dari segi ukuran tidak jauh berbeda. Dengan ukurannya yang pas yakni 14,8 cm x 21 cm, tentu kertas ini sangat cocok dipakai sebagai catatan para mahasiswa.

Lubang ring yang terdapat pada kertas binder A5 diproduksi dalam beberapa varian, diantaranya ialah 6 ring, 21 ring, dan 24 ring.

d)      Ukuran Kertas Binder A6 dan A7

Ukuran kertas binder A6 dan A7 bisa dibilang sangat kecil sehingga jarang digunakan serta jarang tersedia di pasaran. Penggunaan kertas binder A6 dalam kehidupan sehari-hari biasanya dimanfaatkan untuk membuat catatan harian, notebook, daftar belanja, invoice, atau sekedar untuk mainan anak-anak.

Baca Juga:

Cara Mengatur Ukuran Kerta Binder A5 di Word

Untuk mengatur ukuran kertas binder A5 pada Microsoft Word sangatlah mudah. Jika penasaran, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Microsoft Word
  • Klik Tab FIle > Dokumen Kosong
  • Masuk ke “Layout / Tata Letak
  • Klik ikon “Ukuran
  • Pilih ukuran A5 atau B5.

Jika ingin menggantinya dengan ukuran lain, silakan pilih saja format ukuran dokumen yang tertera di dalamnya.

Ketahui:

Nah itulah beragam informasi seputar macam-macam ukuran kertas binder B5 di Word. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *