Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Cara Membuat Kode Barang Otomatis di Excel 2007

2 min read

cara membuat kode barang di excel

Panduan Excel — Agar pekerjaan Anda bisa terselesaikan dengan baik maka pastikan mengetahui cara membuat kode barang di Excel. Sebab dengan mengetahuinya itulah maka Anda tidak perlu membuatnya satu per satu. Dimana tentu itu akan menghabiskan banyak waktu bahkan membuat kurang produktif bukan.

Cara Membuat Kode Barang di Excel
Cara Membuat Kode Barang di Excel

Dalam kegiatan bisnis, tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik bukan. Selain mempertimbangkan bagaimana strategi bisnis dimana dapat Anda gunakan, ternyata pemilik bisnis juga perlu memahami bagaimana proses pembuatan kode unik pada produk . Sebab nantinya akan memberikan banyak keuntungan untuk kegiatan operasional bisnis.

Baca Dulu : Rumus Excel Saldo Otomatis

Cara Membuat Kode Barang di Excel

Sebelum membahas tentang cara membuat kode barang di excel, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui sekilas apa itu  kode barang.  Kode unik barang di excel ini merupakan nomor identifikasi suatu produk dimana biasanya digunakan buat mengidentifikasi secara menarik dan dimuat dalam beberapa susunan persediaan barang atau inventory.

Sebagian besar dari perusahaan menyebutkan dengan kode produk, part number, nomor model, kode item dan lain sebagainya. Kendati penamaannya memang berbeda-beda tetapi bagaimanapun, kegiatan penomoran tersebut sangat penting untuk Anda sekaligus sistem inventory.

Sebab nantinya apabila Anda ataupun sistem tidak bisa melakukan identifikasi barang secara unik, tentu akan kesulitan dalam memperhitungkan kegiatan ataupun eksistensi didalam inventory secara lebih efektif. Pengkodean itulah juga berfungsi sebagai singkatan untuk memaparkan jenis barang-barang tertentu.

Dibandingkan memasukkan Borongan nama ataupun penjelasan lainnya maka Anda bisa menggunakan penomoran barang jauh lebih pendek. Sebab nantinya dapat mempercepat proses memasukkan data ataupun pengelolaan inventory.

Untuk membuat kode unik itulah ternyata tidaklah sulit seperti yang ada di bayangan Anda. Terlebih lagi sudah ada beberapa aplikasi pendukung untuk kegiatan tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Excel.

Artikel Terkait :

Cara Membuat Kode Barang di Excel Untuk Pemula

Cara Membuat Kode Barang di Excel Untuk Pemula
Cara Membuat Kode Barang di Excel Untuk Pemula

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa kehadiran dari perkodean inilah mempunyai peran cukup penting termasuk untuk pendataan operasional seperti pendataan barang-barang. Suatu perusahaan biasanya akan membuat suatu master data dimana nantinya akan berisi kode unik.

Untuk membuat kode barang di excel 2007 ataupun versi lainnya sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja sebagian besar dari Anda mungkin masih merasa bingung bagaimana proses pembuatannya tersebut bukan? Oleh karena itulah kami sudah menyiapkan panduannya dibawah ini.

  • silahkan tentukan berapa digit kode yang akan dibuat sekaligus tentukan struktur kode yang akan dibentuk dari apa saja. Misalnya saja kode tersebut terbentuk dari dua huruf serta 3 angka
  • setelah itu, Anda dapat membuat master huruf dan berilah range master huruf
  • kemudian silahkan beri nama range masterhuruf dengan cara block cell A1 hingga Cell B26
  • selanjutnya tab pada menu formula - Define Name
  • Sesudah muncul jendela Devine Name maka ketikkan masterhuruf yang terdapat pada textbox name dan langsung saja klik ok
  • Silahkan buat form untuk melakukan uji coba dengan membuat data apa saja
  • Untuk membuat kode, pengguna bisa memanfaatkan rumus Vlookup dengan Randbetween sebagai contohnya adalah =VLOOKUP[RANDBETWEEN[1,26], masterhuruf,2,0] & VLOOKUP [RANDBETWEEN[1,26, masterhuruf, 2, 0] & RANDBETWEEN [1,26] &RANBETWEEN[1,26]
  • Kemudian silahkan ubah rumus menjadi format value agar kode tersebut tidak berubah-ubah. Silahkan block cell A2 hingga CellA11 pada sheet 1 dan tekanlah tombol CTRL+C, klik kanan dan paste special
  • Sesudah muncul jendela paste special maka pilihlah value pada pilihan menu centang paste- tab ok.

Fungsi Pengkodean Barang

Sudah tahu bukan bahwa Anda bisa membuat pengkodean otomatis di Excel dengan mudah? dengan melakukan pengkodean barang itulah ternyata akan memberikan fungsi dan manfaat tersendiri lho. Apabila Anda penasaran, langsung saja simak beberapa fungsinya dibawah ini.

  1. Membantu untuk meningkatkan efisiensi pendaftaran ataupun dalam membuat daftar operasional, finansial hingga akuntansi
  2. Meningkatkan control pencatatan pada perusahaan karena kehadiran dari kode unik bisa berfungsi sebagai identitas transaksi
  3. Memberikan kemudahan dalam perbaikan sekaligus penyesuaian apabila terdapat suatu tindakan tertentu
  4. Memberikan kemudahan dalam proses penyusunan laporan.

Ketahui :

Dalam menjalankan bisnis, Anda memang harus mempersiapkan banyak hal yang ada didalamnya. Dengan begitu maka kegiatan operasional dapat berjalan dengan lancar. Termasuk memahami seperti apakah cara Membuat Kode Barang di Excel diatas.

Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *