Cara Mengatasi Spasi Yang Terlalu Jauh / Berantakan di Ms Word 2007, 2010

Pernahkah kamu menemukan hasil tulisan di MS Word yang tak rapi, berantakan atau spasi yang terlalu jauh? Ya, benar. Biasanya hal itu terjadi karena tulisan adalah hasil ‘copas’ alias menyalin teks dari internet. Yang terlihat adalah spasi antar kata yang terlalu jauh dan berantakan. Maka, sepertinya kita semua perlu tahu bagaimana cara mengatasi spasi yang terlalu jauh di MS Word. Dan sebenarnya, cara ini bukanlah suatu hal baru. Hanya rasanya belum banyak yang membahas cara mengatasi spasi yang terlalu jauh di MS Word 2010, ataupun versi Office yang lain termasuk Ms Word 2007. Padahal informasi ini tentunya sangat berguna bagi para pelajar ataupun mahasiswa yang gemar mencari referensi dari internet.

Mengapa Bahas Cara Mengatasi Spasi yang Tidak Rapi?

Setiap orang pasti lebih suka membaca tulisan yang rapi dibanding yang berantakan. Benar atau betul? Karena itulah, ketika menggunakan MS Word sebagai pengolah kata, penting untuk paham bagaimana cara membuat tulisan yang rapi. Salah satu prinsipnya adalah spasi harus sesuai dengan kaidah penulisan. Itulah alasan, mengapa pembahasan tentang cara mengatasi spasi yang terlalu jauh di MS Word menjadi salah satu pokok bahasan yang cukup penting.

cara mengatasi spasi yang terlalu jauh di ms word

Ada beberapa penyebab mengapa pengaturan spasi pada tulisan di MS Word menjadi terlalu jauh dan tidak rapi. Selain karena sang penulis yang mungkin belum paham tentang kaidah penulisan, ada juga beberapa penyebab lainnya. Maka, sebelum membahas tentang cara mengatasi tulisan berantakan di MS Word dengan spasi yang terlalu jauh, perlu diketahui apa saja penyebabnya.

Baca Dulu: Cara Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris Pada Microsoft Word

Faktor Penyebab Spasi di MS Word Terlalu Jauh

Penulis yang belum memahami tentang kaidah penulisan yang benar tidak akan menjadi pembahasan kali ini. Sebab bila ini penyebabnya, maka solusinya adalah belajar lagi tentang kaidah tersebut. Beberapa faktor berikut ini perlu diketahui saat membahas tentang cara mengatasi spasi yang terlalu jauh di MS Word agar tulisan menjadi lebih nyaman dibaca.

  1. Adanya perbedaan font dan karakter spasi. Penggunaan tipe dan ukuran font yang berbeda, termasuk pula karakter spasi dalam pengaturannya. Hal ini berpengaruh pada jarak spasi yang terlalu jauh dan menjadikan tulisan jadi tidak rapi.
  2. Perbedaan dalam pengaturan alignment / kesejajaran teks. Apakah menggunakan alignment rata kiri (left), rata kanan (right), atau Justify (rata kiri kanan). Perbedaan tersebut akan mempengaruhi jarak spasi yang digunakan dalam tulisan.
  3. Perbedaan versi MS Word yang digunakan. Hal ini terjadi ketika tulisan dipindah dari perangkat yang satu ke perangkat lain dengan versi aplikasi yang berbeda. Faktor perbedaan versi ini juga bisa menjelaskan alasan mengapa tulisan hasil copas dari internet menjadi berantakan saat diterapkan di MS Word.

Baca Juga: Fungsi Bullet & Numbering

Setelah mengetahui faktor penyebab ketidakrapian spasi tulisan di MS Word tersebut, salah satu cara mengatasi spasi yang terlalu jauh di MS Word adalah dengan cara manual. Yaitu mencermati spasi yang berlebih satu persatu dan kemudian memperbaikinya. Namun tentunya cara ini bukanlah cara cerdas untuk mengatasi masalah, karena bisa jadi akan memakan banyak waktu. Ada beberapa cara yang lebih cepat dan praktis yang bisa kamu coba berikut ini.

Baca Dulu:

3 Cara Mengatasi Spasi yang Terlalu Jauh di MS Word

Untuk mendapatkan tulisan hasil copas dari internet agar tetap rapi, bisa dengan cara menyalin dulu ke notepad. Maka, tulisan pun akan sesuai dengan aturan jenis font, paragraf, maupun alignment yang digunakan sebagai default MS Word. Namun ketika sudah terlanjur, setidaknya ada 3 cara mengatasi spasi yang terlalu jauh di MS Word, yaitu :

  1. Menggunakan Tombol Enter

Bila kesalahan spasi tidak terlalu banyak, cara ini bisa digunakan. Langkah penggunaannya yaitu klik atau taruh kursor di bawah kata dengan spasi terlalu jauh itu, lalu tekan tombol Backspace di keyboard dan kemudian tekan Enter di akhir kalimat.

  1. Memanfaatkan Menu Find and Replace

Menu ini berfungsi untuk menemukan dan menggantikan karakter yang salah. Caranya, tekan tombol keyboard Ctrl + H secara bersamaan, hingga muncul menu Find and Replace. Pada kolom “Find what”, isikan spasi dua kali, sedangkan di kolom “Replace with” isikan dengan spasi satu kali. Sesudahnya, tekan “Replace All” lalu pilih “Yes”. Cara ini cocok digunakan untuk mengedit tulisan dengan kesalahan spasi yang terlalu banyak.

  1. Mengubah Tipe File

Bila tulisan yang tak rapi di MS Word disebabkan perbedaan versi aplikasi, maka cara ini bisa digunakan. Yaitu dengan memilih menu “Save As” dokumen ke dalam MS Word di versi yang sesuai. Biasanya tulisan berantakan karena dari versi yang lebih lama ke yang baru, sehingga untuk itu simpan file ke dalam versi Word 97-2003 Document.

Baca Dulu:

Itulah tips cara mengatasi spasi yang terlalu jauh di MS Word berikut penjelasan tentang faktor penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply