Cara Tepat Mengganti Nama Sheet & Menyisipkan Sheet Dalam Lembar Kerja Excel

Cara mengganti nama sheet saat bekerja menggunakan aplikasi Microsoft Excel tentunya bukanlah sebuah hal yang sulit dilakukan. Cara ini biasanya diperlukan untuk memberikan identitas pada sheet atau bagian dari dokumen yang berupa tabel atau data. Mengganti nama atau judul sheet juga memudahkan kita untuk menemukan kembali lembar data dari dokumen yang sedang dikerjakan.

cara mengganti nama sheet

Umumnya, setting awal lembar kerja di Microsoft Excel sudah tertera nama Sheet1, Sheet2, dan Sheet3. Meski tersedia default hanya 3 sheet, namun Anda bisa menambah atau mengurangi jumlahnya sesuai kebutuhan. Dan tentunya, masih banyak yang memerlukan informasi tentang bagaimana cara mengganti nama sheet dengan mudah dan cepat, tentunya dengan langkah yang benar pula.

Baca Dulu: Cara Menambah & Menghapus Sheet di Excel

Cara Mengganti Nama Sheet dalam 4 Langkah Berbeda

Bila Anda bekerja menggunakan Microsoft Excel, maka Anda dapat mengganti atau mengubah nama sheet atau lembar kerja dengan beberapa langkah yang berbeda. Setidaknya ada 4 langkah yang perlu Anda ketahui tentang cara mengganti nama sheet dalam uraian sebagai berikut :

  1. Double click atau klik ganda pada sheet

Cara pertama ini yang paling umum dilakukan ketika mengubah nama sheet karena tergolong langkah yang paling mudah.

Untuk mengganti nama sheet atau lembar kerja, cukup klik ganda pada sheet (contoh Sheet1), hingga tulisan yang menunjukkan judul asli sheet terseleksi. Saat terseleksi itulah, Anda bisa mengganti nama worksheet dengan judul sesuai keinginan Anda. Sebagai contoh, ganti nama Sheet1 menjadi nama kota, misalnya “SEMARANG“.

Artikel Terkait: Cara Menggabungkan Beberapa Sheet Menjadi Satu Sheet 

  1. Menu pintasan setelah klik kanan mouse

Berikutnya, Anda juga bisa mengganti nama sheet dengan cara memilih menu di pintasan. Langkah yang bisa dilakukan adalah klik mouse di bagian kanan ketika kursor menunjuk pada sheet yang dipilih, hingga keluar sederet menu.

Kemudian dari beberapa menu yang muncul, pilih Rename. Dan ketika nama sheet sudah terseleksi, saat itulah Anda bisa menggantinya dengan nama worksheet sesuai keinginan.

  1. Menu pintasan dengan keyboard

Langkah ini hampir mirip dengan cara kedua, namun tanpa menggunakan mouse sebagai alat bantunya. Adapun perangkat yang digunakan yaitu dengan menggunakan keyboard untuk memunculkan menu Rename.

Caranya adalah klik sheet yang akan diubah, lalu tekan tombol keyboard Alt + O + H + R secara berurutan. Bila langkah yang Anda lakukan benar, maka nama sheet akan otomatis terseleksi, kemudian Anda pun bisa mengubahnya.

Baca Dulu: Cara Membuat Nomor Halaman Berurutan di Excel

Cara mengganti nama sheet ini sangat mudah, cukup dengan menghafal urutan huruf yang harus ditekan.

  1. Format Rename pada bilah Menu

Yang terakhir, Anda juga bisa mengganti nama sheet dengan cara mengakses tombol Home hingga keluar bilah menu pada kelompok Cells.

Pilih Format, hingga keluar drop-down menu, pilih Rename Sheet. Maka nama sheet akan terseleksi dan Anda pun bisa langsung mengganti nama sheet tersebut.

Post Terkait: Cara Membuka Worksheet Excel Yang Tidak Bisa Diedit

Hal Penting Saat Mengganti Nama Sheet

Dari beberapa cara mengganti nama sheet tersebut, Anda bisa memilih yang paling mudah bagi Anda. Namun ada hal penting yang harus diperhatikan ketika mengubah sheet dengan nama sesuai keinginan.

Beberapa hal penting yang dimaksud adalah nama sheet tidak boleh kosong. Harus ada karakter yang diisikan, baik huruf, angka ataupun karakter-karakter simbol tertentu.

Adapun  karakter simbol yang tidak diperbolehkan diantaranya  ? * / \ : [ dan ]. Sedangkan karakter simbol yang bisa digunakan untuk mengganti nama sheet seperti – _

Artikel Terkait:

Itulah cara mengganti nama sheet pada Excel dalam beragam cara atau variasi. Cukup mudah, bukan? Selamat mencoba.

Leave a Reply