Cara Mengolah Data Kuesioner Manual Skala Likert dengan Excel

Bagaimana cara mengolah data kuesioner skala likert dengan Excel secara manual? Bagaimana cara input data kuesioner ke program Ms Excel? Kali ini Panduanoffice akan memberikan kepada Anda tutorialnya! Lets cek it!


Data kuesioner memang terdengar tidak asing di telinga. Untuk data mungkin kita sudah tahu kalau, data adalah kumpulan dari beberapa informasi yang di gabungkan. Nah kalau kuesioner sendiri adalah kegiatan di mana kita mengajukan berberapa pertanyaan kepada responden untuk mendapatkan suatu informasi.

Untuk data kuesioner yang di dapat biasanya bersifat kuantitatif sehingga kita di haruskan untuk mengolah kembali data tersebut, ada salah satu cara yang bisa di lakukan yaitu secara manual dengan cara input data skala likert ke dalam Excel.

cara mengolah data kuesioner manual

Sebenarnya ada banyak cara mengolah data kuesioner manual ini, salah satunya adalah menggunakan excel. Mengolah data kuesioner di excel di nilai lebih cepat dari pada menggunakan software statistik seperti SPSS, SPLS, atau juga EVIEWS.

Mengolah Data Kuesioner menggunakan Excel

Cara input data kuesioner ke Excel

Sebelum mulai mengolah tentunya kita harus memasukkan atau menginput data pada kolom – kolom yang tersedia di Excel. Kita bisa membuat permisalan setiap pertanyaannya dengan simbol atau huruf.

cara mengolah data kuesioner skala likert dengan excel

Cara mengolah data kuesioner skala likert dengan excel

Contohnya, pertanyaan kuesioner pada nomor satu Kita bisa misalkan dengan huruf A, kemudian nomor 2 bisa dengan B atau bisa juga menggunakan permisalan A1 dan A2. Apabila terdapat pertanyaan di dalam pertanyaan kita bisa memanfaatkan worksheet yang lain.

Baca Dulu: Cara Membuat Grafik Pencapaian Target di Excel

Menambahkan Keterangan

Jika sudah membuat worksheet untuk tiap pertanyaan. Tulis keterangan angka untuk setiap skala likert, dimisalkan angka 1 untuk sangat tidak setuju, angka 2 untuk setuju, angka 3 untuk netral, angka 4 untuk setuju, dan angka 5 untuk sangat setuju. Penggunaan angka ini  merupakan standar yang biasanya dipakai dalam mengolah data skala likert di Excel. Semakin tinggi angkanya maka skala likertnya semakin setuju.

Ketahui Coding yang Akan di gunakan

cara input data kuesioner ke excel

Coding bisa kita masukkan dalam kolom dimana terdapat skala likert tadi. Coding yang bisa kita gunakan:

COUNTIF(kolom awal:kolom akhir);skala likert”.

Contohnya jika data yang akan kita olah terdapat pada kolom C baris 4 – 34 dan kita ingin menginput skala likert sangat tidak setuju atau pada keterangan angka tadi adalah angka 1, maka bisa kita tulis:

COUNTIF(C4:C34);1

Kemudian kita tekan Enter.

Nah nanti akan muncul berapa jumlah responden yang memilih sangat tidak setuju.

Contoh kedua, misal data kuesioner skala likert ada pada kolom F baris 19 – 49 dan ingin memasukkan pada kolom netral maka kita masukkan angka 3. Kita langsung tulis saja:

COUNTIF(C19:C49);3

Kemudian klik Enter.

Hal tersebut dilakukan secara berulang saat akan memasukkan skala likert lainnya.

Ubah menjadi Presentase

Dalam mengolah data kuesioner secara manual ini tentunya kita memerlukan usaha lebih. Setelah kita dapatkan data skala likertnya, kemudian kita harus mengubahnya menjadi presentase agar lebih mudah dipahami.

cara mengolah data kuesioner manual

Caranya tinggal mengopy – paste data tersebut kemudian kita pastekan di tab baru, lalu kita balik agar skala likert menjadi sebuah baris. Misal total responden tadi adalah 30. Untuk mendapatkan presentase kita bisa menggunakan analisis univariet. Maka tinggal kita bagi masing data dengan 30 (jumlah responden).

Baca Juga: Download Contoh Soal Perhitungan PPh Pasal 21 Terutang di Excel

Hasil akhir dari data tadi bisa kita copy – paste di kuesioner, dan dari situ kita bisa lihat pada poin apa mereka berspekulasi negatif dan positif.

Menginput data secara manual di Excel ini tentunya harus ekstra hati – hati dan juga fokus. Sebab kalau kita tidak fokus kita bisa memasukkan data di kolom yang salah. Selain itu kita juga harus mengetahui formula atau coding apa yang akan kita gunakan untuk mengolah data tersebut.

Related Pos: 

Diatas merupakan uraian atau penjabaran singkat tentang bagaimana cara mengolah data kuesioner secara manual dengan menggunakan Excel. Cukup gampang kan? Yang diperlukan dalam menggunakan cara olah data menggunakan excel adalah KETELITIAN.  Mengolah data di excel ini hanya berperan pada tahap dasar saja. Untuk mengadakan uji lebih lanjut, kita  masih memerlukan software statistik seperti SPSS.

Kira – kira seperti itu penjelasan singkat yang bisa diberikan terkait input data kuesioner secara manual di microsoft excel. Semoga dapat memberi pencerahan kepada yang sedang kebingungan tentang bagaimana cara mengolah data skala likert di Excel.

Leave a Reply