Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Contoh Pembukuan Laporan Keuangan Penjualan Pulsa Konter

2 min read

contoh laporan keuangan penjualan pulsa

Terjun ke dunia bisnis konter pulsa tentu bukanlah merupakan sebuah hal yang mudah dilakukan. Pasalnya, Anda sebagai pengusaha juga harus tahu contoh laporan keuangan penjualan pulsa yang baik dan mudah dipahami.

Contoh Laporan Keuangan Penjualan Pulsa

Keberadaan laporan keuangan dan pembukuan dalam sebuah bisnis tentu sudah menjadi hal yang biasa. Termasuk juga saat Anda membuka bisnis berskala kecil seperti konter pulsa HP.

Namun, tidak sedikit orang yang belum terlalu memahami tentang pembukuan konter pulsa yang baik. Oleh karena itu, bagi yang belum tahu tentang hal tersebut, silakan ikuti penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan Penjualan Harian Cafe

Format Dalam Pembukuan Laporan Keuangan Bisnis Konter Pulsa Manual

Format Dalam Pembukuan Bisnis Konter Pulsa Manual
Format Dalam Pembukuan Bisnis Konter Pulsa Manual

Dalam pembuatan laporan keuangan, Anda dapat memilih untuk menggunakan cara manual atau otomatis. Nah, dalam kasus ini, akan diberikan penjelasan tentang format pembuatan laporan keuangan secara manual.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Persiapkan Buku Penjualan Pulsa

Cara pertama yang perlu dilakukan dalam pembuatan laporan adalah menyiapkan buku untuk penjualan pulsa. Buku tersebut digunakan untuk melakukan pencatatan aktivitas transaksi keuangan dari bisnis konter pulsa Anda.

Buku yang digunakan bisa menggunakan jenis buku tulis biasa ataupun menggunakan jenis buku folio. Anda dapat pilih sesuai dengan kenyamanan Anda dalam melakukan pencatatan aktivitas transaksi.

Di dalam buku penjualan tersebut, terdapat 6 kolom utama yang dapat dipersiapkan. Berikut ini adalah rincian dari keenam kolom tersebut:

  • Tanggal penjualan
  • Nomor transaksi
  • Nama si pembeli pulsa
  • Jenis provider pulsa yang dibeli
  • Nomor HP pembeli pulsa
  • Nominal harga pembelian pulsa

Semua aktivitas penjualan pulsa wajib dimasukkan ke dalam buku pencatatan penjualan tersebut setiap hari.

2. Persiapkan Buku Pembelian

Selain buku catatan penjualan, sebagai pebisnis pulsa Anda juga butuh adanya buku pembelian. Pasalnya, para penjual pulsa tidak dapat menyediakan voucher atau pulsanya sendiri melainkan dari pihak provider.

Buku ini sangat penting untuk menyeimbangkan antara pembelian dan penjualan yang terjadi. Selain itu, adanya buku ini juga penting untuk melihat keuntungan yang bisa didapatkan dari pembelian yang Anda lakukan.

3. Buat Buku Catatan Hutang

Keberadaan buku pencatatan hutang konsumen juga perlu dipersiapkan saat Anda membuka usaha konter pulsa. Hal itu karena tidak jarang ada pembeli yang memesan lewat pesan chat untuk membeli pulsa atau voucher.

Dengan cara pemesanan seperti itu, pastinya Anda tidak akan langsung menerima uang dari si pembeli. Oleh karena itu, buku catatan hutang ini bisa menjadi pengingat pada saat ada orang yang berhutang saat membeli pulsa.

Dalam buku catatan ini, Anda bisa mengisinya dengan beberapa format kolom seperti berikut.

  • Tanggal pembelian
  • Nomor transaksi
  • Nama Pembeli
  • Nomor HP pembeli
  • Jenis provider
  • Harga Pembelian

Sebenarnya, pencatatan hutang ini bisa digabungkan dengan buku catatan penjualan biasa. Namun, apabila digabungkan ditakutkan dapat membuat Anda kesulitan saat mencari catatan pembelian yang masih belum dibayar.

Baca Juga :

Contoh Pembukuan Konter Pulsa Manual

Setelah memahami berbagai macam format dalam pembukuan konter pulsa, selanjutnya akan diberikan beberapa contoh pembukuannya. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa dijadikan inspirasi dalam pencatatan penjualan konter pulsa secara manual.

1. Contoh buku penjualan pulsa

Berikut ini merupakan contoh pembukuan keuangan konter sederhana yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi.

Contoh buku penjualan pulsa
Contoh buku penjualan pulsa

 

Contoh buku penjualan pulsa
Contoh buku penjualan pulsa

2. Contoh buku catatan hutang pulsa

Kurang lebih seperti inilah contoh penulisan sederhana untuk pencatatan hutang para pembeli yang belum melakukan pembayaran saat beli pulsa.

Contoh buku catatan hutang pulsa
Contoh buku catatan hutang pulsa
Contoh buku catatan hutang pulsa
Contoh buku catatan hutang pulsa

Ketahui :

Demikianlah tadi informasi tentang contoh laporan keuangan penjualan pulsa yang bisa diberikan. Terlepas dari format apa yang Anda pilih, kehadiran dari pembukuan ini tidak boleh sampai diabaikan saat Anda berbisnis konter pulsa.

Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *