Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Contoh AD ART Organisasi Perkumpulan Pemuda Desa

1 min read

contoh ad art organisasi pemuda

Panduanoffice.web.id — Dalam sebuah organisasi, AD/ART merupakan salah satu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, banyak orang mencari contoh AD ART organisasi pemuda atau perkumpulan lainnya. Jika Anda juga merasa sedikit kebingungan untuk membuatnya, silakan simak artikel ini hingga selesai.

Contoh AD ART Organisasi Pemuda

Baca Juga : Contoh Laporan Penjualan Harian Cafe

Apa Itu AD/ART?

AD/ART merupakan kepanjangan dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Anggaran tersebut menjadi sebuah pedoman dan peraturan yang perlu ditaati oleh seluruh anggota organisasi dalam menjalankan berbagai kegiatan nantinya.

Biasanya, di dalam AD/ART terdapat beberapa hal pokok. Hal pokok tersebut antara lain teknis pengelolaan organisasi, ketentuan keanggotaan, peraturan pembubaran, dan lain-lain. Semua yang tercantum di dalamnya bersifat mutlak dan mengikat semua anggota tanpa kecuali.

Jadi, dari penjelasan di atas bisa dikatakan bahwa fungsi utama dari AD/ART adalah sebagai panduan atau penuntun dalam berorganisasi. Tanpa adanya peraturan tersebut, baik anggota maupun pengurus bisa melakukan hal-hal yang merugikan organisasi seperti perpecahan, perbedaan pendapat, dan sebagainya.

Tujuan AD/ART

Dalam organisasi apapun, tanpa adanya pedoman tentu akan membuatnya berjalan tanpa arah. Oleh karena itu, ada beberapa tujuan dari pembentukan aturan ini.

  • Mewujudkan ketertiban anggota dan pengurus
  • Mengatur mekanisme organisasi
  • Menjadi pegangan utama
  • Menjadi dasar peraturan lainnya
  • Menjadi tanda sebuah organisasi dijalankan dengan teratur

Ketahui :

Contoh AD/ART Organisasi Word dan Cara Membuatnya

Perlu diketahui bahwa biasanya AD/ART disusun menggunakan aplikasi Microsoft Word karena cenderung lebih praktis. Oleh karena itu, Anda bisa melihat contoh berikut ini lalu kemudian menyalin ke dalam Microsoft Word.

Contoh Ad/Art Organisasi Word

 

 ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA 

BAB I 

NAMA, WAKTU, DAN TEMPAT KEDUDUKAN

Pasal 1

Organisasi ini bernama Paguyuban Masyarakat Sejahtera Merakyat dan disingkat menjadi PAMASSMER

Pasal 2

(1) PANASSMER dibentuk pada 13 Juni 2020 dan lamanya tidak ditentukan

judul gambar

(2) PANASSMER berkedudukan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan dapat membentuk cabang di daerah lain

BAB II

SIFAT DAN CIRI ORGANISASI

Pasal 3

(1) PANASSMER dibentuk dengan asas Pancasila

(2) PANASSMER bersifat Independen dan tidak tergabung dengan induk organisasi manapun

(3) PANASSMER bercirikan kekeluargaan, kemasyarakatan, dan kebudayaan

Contoh di atas bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing organisasi, mulai dari jumlah bab hingga pasalnya. Sebagai referensi, beberapa hal yang perlu dicakup dalam peraturan tersebut adalah keanggotaan, ruang lingkup organisasi, struktur organisasi, penetapan, pembubaran, dan penutup.

Contoh AD/ART Organisasi Pemuda Desa

Untuk AD/ART pemuda desa sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dengan organisasi lainnya, baik dari segi unsur maupun formatnya. Satu-satunya yang perlu diperhatikan adalah bahwa seluruh peraturan sudah disepakati bersama oleh semua anggota. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak contoh AD/ART organisasi pemuda desa PDF yang sudah tersedia kemudian sesuaikan dengan kondisi masing-masing.

 Ad/Art Organisasi Pemuda Desa Pdf

AD ART Pemuda Desa

Contoh AD/ART Organisasi Perkumpulan

Organisasi perkumpulan biasanya dibentuk karena satu kesamaan hobi tertentu seperti komunitas dan sudah memiliki pengurus secara resmi. Biasanya perkumpulan ini telah berdiri selama bertahun-tahun dan memiliki visi misi tersendiri.

Oleh karena itu, sekali lagi bahwa pembuatan AD/ART ini harus disepakati seluruh anggota perkumpulan dengan berdasarkan visi misi tersebut. Peraturan ini sangat penting agar tidak ada anggota yang menyimpang, baik dalam hal perkataan maupun perbuatan. Untuk contoh juga bisa Anda lihat di sini.

Contoh AD ART Perkumpulan

Ketahui :

Demikian sedikit pembahasan serta contoh AD ART organisasi pemuda dan perkumpulan yang bisa dijadikan referensi. Mengingat fungsinya yang sangat krusial, sebaiknya proses pembuatan harus dilakukan semaksimal mungkin.

judul gambar
Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text