Skip to content
Home » Download Contoh Format Excel Database Karyawan Perusahaan

Download Contoh Format Excel Database Karyawan Perusahaan

  • by
database karyawan excel

Database karyawan Excel menjadi file penting bagi instansi atau perusahaan karena disitu tersimpan data pribadi karyawan secara lengkap.

Contoh format data karyawan Excel  akan kami berikan kepada Anda diakhir artikel, tinggal download template data karyawan excel maka Anda tinggal isi saja.

Sebelum download contoh format data karyawan Excel, kenali terlebih dahulu mengenai database karyawan dalam suatu perusahaan dibawah ini.


database karyawan excel

Pada suatu perusahaan pastinya tak pernah terlepas dengan adanya karyawan bahkan jumlahnya banyak. Tak mungkin mendata satu-satu sehingga yang paling tepat adalah menggunakan database karyawan Excel. Untuk membuatnya sangatlah mudah apalagi di internet sudah banyak contoh database karyawan perusahaan dengan format Excel. Anda bisa menggunakan contoh format data karyawan Excel tersebut untuk membuat database yang baik dan benar.

Mengenal Database Karyawan Perusahaan

Dari tadi kita hanya membahas tentang database-database saja, memangnya apa itu database karyawan? Database karyawan Excel adalah salah satu data penting yang berisi tentang seluruh informasi pribadi semua karyawan yang dibuat di Ms. Excel.

Tentunya informasi tersebut berdasarkan data-data yang telah didapatkan sebelumnya dan berkaitan dengan perusahaan. Biasanya, data itu mencakup nama, tanggal lahir, pendidikan, alamat, posisi di perusahaan, jumlah gaji, dan lain sebagainya.

Pentingnya Memiliki Database Karyawan di Ms. Excel

Jika kita melihat pengertian di atas tentu saja sudah memiliki pengetahuan betapa pentingnya memiliki database tersebut, yaitu:

  1. Database karyawan ini menjadi suatu acuan berapa jumlah karyawan di suatu perusahaan
  2. Database sangat berguna sebagai data penentuan gaji karyawan
  3. Database bermanfaat untuk mengetahui bagaimana kinerja karyawan
  4. Dapat digunakan sebagai dasar manajemen karyawan yang baik dan benar
  5. Dapat digunakan sebagai acuan jika karyawan mengalami kecelakaan kerja
  6. Anda bisa download data karyawan Excel sebagai informasi yang valid untuk keperluan promosi jabatan

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari database karyawan ini. Hanya saja beberapa di antaranya adalah yang disebutkan di atas.

Kelebihan Menggunakan Database Karyawan di Ms. Excel

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika telah memiliki database ini. Beberapa kelebihannya yaitu sebagai berikut:

  1. Bisa disimpan dalam penyimpanan awan sehingga tidak akan hilang selamanya
  2. Bisa diatur dengan menggunakan kata sandi sehingga tidak mudah diakses oleh orang yang sembarangan. Data karyawan lebih aman.
  3. Untuk mencari data karyawan juga menjadi lebih mudah karena tinggal menggunakan fitur pencarian.
  4. Data tak akan rusak karena air, api, atau bencana alam.
  5. Tak hanya dengan Ms. Excel biasa, Anda bisa download aplikasi database karyawan dengan Excel agar makin mudah.

Baca Dulu:

Bagaimana Caranya Mendapatkan Data Karyawan?

Lalu, bagaimana cara mendapatkan data karyawan sejak awal untuk mengisi database yang ada di Excel? Tentu saja ada banyak cara yang bisa ditempuh, yaitu sebagai berikut;

  1. Pada masa-masa awal karyawan melamar kerja, di sana mereka mencantumkan CV dan juga dokumen data diri pendukung seperti KTP. Inilah kesempatan perusahaan untuk memasukkan data dari sana ke database.
  2. Selain itu, Anda juga bisa memberikan formulir data karyawan perusahaan Excel agar si karyawan tersebut mengisi sendiri apa saja data yang dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk formulirnya sendiri bisa Anda gunakan secara manual menggunakan kertas atau bisa juga secara online. Untuk yang online, Anda bisa menggunakan Google Form.

Download Aplikasi Kasir Excel Gratis

Download aplikasi database karyawan dengan format Excel

Karena Ms. Excel itu tak terlalu mudah digunakan untuk beberapa orang, maka ada banyak solusi lainnya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi yang dirancang khusus untuk database karyawan.

Ya, di sana sudah ada template data karyawan Excel yang mana Anda tinggal mengisi sesuai dengan kolomnya. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menambah data informasi jika di aplikasi tersebut tidak mencantumkannya.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda harus membelinya kepada perusahaan khusus yang memang menjual aplikasi database ini. Anda juga bisa custom sehingga aplikasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga bisa menghubungkan aplikasi database dengan aplikasi lain agar terjadi integrasi yang lebih baik.

contoh database karyawan perusahaan excel

DOWNLOAD

Sumber Link

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Database Karyawan

Menggunakan Ms. Excel biasa maupun menggunakan aplikasi database karyawan itu sama saja sebenarnya. Hanya saja dengan Aplikasi semuanya menjadi lebih mudah. Walaupun Anda harus mengeluarkan uang, banyak keuntungan yang bisa didapatkan, yaitu:

  1. Bisa meminta format yang sesuai dengan perusahaan Anda
  2. Bisa digunakan dalam keadaan online sehingga data masuk ke penyimpanan awan dan terintegrasi dengan aplikasi lain di dalam internal perusahaan
  3. Cara memasukkan data menjadi lebih mudah
  4. Lebih rapi
  5. Tidak perlu menghafalkan rumus
  6. Jika ingin digunakan untuk bidang lainnya, data tak harus di- print out, bisa langsung dikirimkan dengan integrasi aplikasi.

Artikel Terkait:

Itu dia beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai database karyawan Excel yang sangat penting untuk perusahaan apalagi perusahaan besar. Dengan adanya database ini maka seluruh karyawan bisa terpantai dengan baik tanpa kurang suatu apa pun. Semoga informasi di atas dapat membuka mata kita agar tak menyepelekan penggunaan database ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *