Download File Excel Contoh Laporan Pembukuan Stok Barang Manual Gratis

2 min read

contoh pembukuan stok barang

Download file Excel stok barang gratis di Panduanoffice.web.id tanpa Anda pusing bikin rumus Excel yang njlimet. Form laporan stok barang Excel ini tentu saja bisa langsung Anda pakai, edit dan input dengan data milik Anda sendiri. Contoh laporan stok barang gudang ini terbilang sederhana. Anda diharuskan input produk secara manual yang ada dengan kode produk jika perlu.

Download file Excel stok barang gratis

Contoh pembukuan stok barang ini mengharuskan input barang, harga jual dan beli secara manual. Cara manual justru memudahkan kita dalam menggunakan aplikasi gudang gratis berbasis Excel ini. So, kita gak perlu pusing-pusing membuat aplikasi dengan basis VBA Excel.

Jika tertarik, Anda bisa download file Excel stok barang gratis di akhir artikel. Jangan lupa, like FP kami dulu ya sob …

Namun sebelum Anda download contoh pembukuan stok barang manual Excel, berikut adalah penjelasannya file Excelnya.

Ketahui: 

File Form Laporan Excel Stok Barang Gratis

Membuat laporan menggunakan form excel akan jauh lebih mudah daripada membuat laporan secara manual. Terlebih lagi bila laporan tersebut berkaitan dengan kolom berjenis yang banyak seperti laporan stok barang.

Laporan terkait stok barang cenderung akan dinamis dan terus berubah saat Anda input stok barang baru dan barang yang terjual setiap hari. Perubahan laporan akan terjadi sewaktu waktu bila terjadi peningkatan penjualan atau terdapat stok barang baru yang masuk. Oleh karena itu, laporan akan lebih mudah bila menggunakan aplikasi yang bisa fleksibel mengikuti alur keluar masuk barang. Seperti berikut ini.

Contoh Laporan Stok Barang Gudang dan Contoh Pembukuan Stok Barang Manual

Dikutip dari Belajaroffice.com, berikut langkah-langkah membuat laporan stok barang Excel:

  1. Langkah Pertama, Membuat Sheet Daftar Barang
File Form Laporan Excel Stok Barang Gratis
Daftar harga barang (Produk), Jumlah Barang, Harga Jual, Harga Beli, Stok Awal Barang

Langkah pertama untuk membuat contoh laporan stok barang gudang dengan menggunakan Excel adalah dengan membuat sheet baru. Sheet atau lembar kerja baru ini bisa anda berikan nama terlebih dahulu. Kemudian anda bisa menambahkan tabel yang diberi kolom. Kolom tersebut bisa anda masukkan judul kemudian bagian header dengan nama Produk atau Nama Barang, Kode Barang, Stok Awal, Jumlah Barang, Harga Beli dan Harga Jual.

  1. Langkah Kedua, Input barang

Contoh pembukuan stok barang manual menggunakan Excel selanjutnya adalah dengan input barang.

Pada kolom yang sudah dibuat tersebut anda kemudian bisa mulai mengisikan data sesuai dengan kebutuhan laporan stok gudang.

Disini, kita input produk, kode barang, stok awal, harga jual dan harga beli secara manual. Untuk kolom Jumlah barang, kita pakai rumus:

=SUMIF('Tambah Barang'!C:C,B5,'Tambah Barang'!E:E)+D5

judul gambar
  1. Langkah Ketiga, Membuat Sheet Tambah Barang
Download file Excel stok barang gratis
Input Barang, Kode Barang, Tanggal

Langkah ketiga yang bisa anda lakukan adalah membuka dan mengaktifkan sheet yang sudah dibuat. Anda bisa memulainya dengan menggunakan rumus excel Vlookup pada nama barang / kolom Produk yang ingin anda aktifkan. Cara ini akan berguna bila anda ingin memunculkan nama barang tersebut ketika anda mengetikkan kode barangnya.

Rumus adalah:

=IFERROR(VLOOKUP(C5,'Daftar barang'!B:C,2,FALSE())," ")

Selanjutnya Anda tinggal copy saja kebawah maka nama produk akan otomatis. Untuk kolom jumlah di isi secara manual.

Baca Juga:

4. Membuat Sheet keempat, Data Penjualan Barang

download form laporan stok barang excel
Form laporan data penjualan stok barang Excel

Tabel data penjualan barang menyajikan jumlah barang yang terjual dan diinput secara manual untuk setiap harinya. Disini, terdapat catatan harga jual dan harga beli serta total penjualan dalam nominal rupiah semua barang.

5. Laporan Penjualan dan Stok Akhir Barang

contoh pembukuan stok barang manual

Ini adalah sheet terakhir yang menyajikan stok akhir barang, jumlah terjual dan yang terpenting kita mengetahui Total Keuntungan dari penjualan barang kita dalam beberapa hari.

Dengan tabel ini, kita mengetahui data penjualan barang dan stok barang setiap hari sehingga bisa memantau jika terjadi kekurangan stok barang maka segera bisa antisipasi dan menyetok barang baru kembali.

Baca Juga:

Contoh pembukuan stok barang manual ini akan sangat membantu tidak hanya untuk mengetahui stok barang dalam gudang saja, namun mengetahui daftar harga jual dan harga beli serta keuntungan setiap harinya.

Download File Excel

 

Password: panduanoffice.web.id12

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *