Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Download Struk PLN Excel Offline Gratis Bisa Edit & Cara Cetak Lewat Aplikasi

2 min read

Download Struk PLN Excel

Saat ini, proses download struk PLN Excel menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh masyarakat. Terlebih bagi masyarakat yang memiliki bisnis sewa rumah dan bangunan maupun pembayaran token listrik. Mengapa? Dengan menggunakan aplikasi yang bisa download struk PLN, kamu bisa mencetak struk tersebut dan memberikan struk tersebut kepada kliennya. Sehingga, proses pembayaran listrik pada rumah atau bangunan yang disewa dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Download Struk PLN Excel

Selain itu, kalian juga bisa melakukan edit struk PLN dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Untuk mencetak struk PLN, masyarakat bisa download aplikasi cetak struk PLN prabayar offline gratis. Seperti namanya, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. Selain itu, aplikasi ini juga mudah untuk dioperasikan.

Download dan Edit Struk PLN dengan Menggunakan Excel

Umumnya, aplikasi edit struk PLN memiliki beberapa format yang berbeda. Hal ini tergantung dengan developer dari aplikasi tersebut. Akan tetapi, informasi yang dimasukkan dalam aplikasi tersebut hampir sama yaitu Nama dan ID Pelanggan, besaran jumlah listrik yang dibayarkan, dan tanggal melakukan transaksi.

Selain itu, jika struk PLN ingin diedit atau membuat struk baru, masyarakat bisa menggunakan aplikasi berbasis Excel. Kamu bisa mendownload dari beberapa situs atau provider yang secara khusus menyediakan aplikasi tersebut. Setelah itu, kalian bisa mengoperasikan aplikasi tersebut dan mengeditnya sesuai dengan data yang ingin dimasukkan. Berikut ini salah satu contoh langkah memasukkan data ke dalam sebuah aplikasi untuk membuat struk PLN.

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi pembayaran listrik tersebut.
  2. Setelah itu, pengguna bisa login ke aplikasi tersebut dengan memasukkan username dan password yang sudah dibuat.
  3. Kemudian, pengguna bisa membuat Database Pelanggan yang dibuat dengan klik Sheet Database Pelanggan. Database ini berisi informasi mengenai ID Pelanggan yang membayar listrik kepada pengguna.
  4. Setelah itu, pengguna bisa pilih kolom Data Bantu. Di kolom tersebut, pengguna bisa menuliskan Biaya Administrasi yang akan dibebankan kepada pelanggan.
  5. Pengguna bisa klik menu Home untuk memilih Bank yang akan digunakan untuk proses pembayaran. Setelah data terisi lengkap, nantinya akan muncul kotak dialog seperti berikut:
  6. Untuk memilih transaksi pada bulan apa yang ingin dicetak, pengguna bisa memilih menu Bulan. Setelah itu, klik tombol cetak untuk mencetak struk PLN yang sudah dibuat.

Download Struk PLN Excel

Download Struk PLN Excel

Untuk file Excel yang tinggal edit kamu juga bisa download struk pembayaran listrik dari PLN dengan format XLSM atau Excel di link download dibawah ini.

Download

Baca Juga:

judul gambar

Download Struk PLN dari Aplikasi Resmi PLN

Proses download struk PLN juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi resmi dari PLN yaitu aplikasi PLN Mobile. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa download struk dari pembayaran listrik ke PLN yang telah dilakukan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk download dan cetak struk dari PLN Mobile.

  1. Hal pertama yang dilakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi PLN Mobile. Selanjutnya buka aplikasi PLN Mobile yang akan memunculkan gambar seperti berikut:download struk pln
  2. Jika pengguna sudah memiliki akun pada PLN Mobile, kamu bisa klik menu Login. Akan tetapi, jika belum memiliki akun PLN Mobile, kalian harus terlebih dahulu membuat akun dengan klik menu Daftar.
  3. Setelah itu, pengguna bisa pilih menu Kelistrikan yang ada di bagian depan. Setelah itu, pengguna bisa memasukkan ID Pelanggan beserta Nomor Meter.
  4. Selanjutnya, pengguna bisa klik History Pengguna dan klik bulan yang ingin dicetak struknya.download struk pln
  5. Pilih Download Invoice dan tunggu hingga file struk tersebut dikirimkan melalui email. Setelah itu, pengguna bisa cetak struk PLN tersebut.

Baca Juga:

Demikian seputar aplikasi cetak struk PLN prabayar atau Pascabayar offline gratis dengan menggunakan aplikasi mapun file Offline Excel, semoga membantu.

judul gambar
Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text