Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Download Gratis Format Data Siswa Baru Excel Lengkap

2 min read

format data siswa baru excel

Apakah Anda sedang mencari format data siswa baru Excel? Data siswa baru memang sangat penting bagi setiap sekolah. Sayangnya, untuk membuat format data dari nol cukup menguras waktu dan tenaga. Oleh karena itu, Anda bisa mengunduh format tersebut sehingga akan menghemat banyak waktu karena cukup memasukkan data-data tertentu saja.

Format Data Siswa Baru Excel
Format Data Siswa Baru Excel

Baca Juga : Contoh Isi Daftar Tabel Laporan PKL

Format Data Siswa Baru Excel

Untuk lebih mudah membuat data siswa baru, Anda bisa menggunakan aplikasi dari file Excel. Pasalnya, penerimaan siswa baru memang cukup merepotkan bagi sebagian besar orang. Bahkan, selain banyaknya data yang diolah, apabila terjadi sedikit kesalahan maka hasilnya bisa cukup fatal dan akan menghabiskan lebih banyak energi lagi nantinya.

Oleh karena itu, dengan menggunakan aplikasi dari Excel ini Anda cukup memasukkan data-data tertentu saja. Kemudian, sistem yang sudah dibuat akan menginputkan data tersebut ke dalam sebuah database siswa. Untuk mengunduhnya dibawah .

Di aplikasi Excel tersebut, ada beberapa poin yang perlu diisi, yakni sebagai berikut.

1. Data anak

Data anak atau data siswa berisikan identitas dari pendaftar. Beberapa poin yang perlu diisikan antara lain nama lengkap, nomor pendaftaran, NIK, NISN, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, jumlah saudara, cita-cita, dan nomor handphone.

2. Data alamat

Data alamat lebih berfokus kepada tempat tinggal dari pendaftar. Biasanya bagian ini berisikan alamat lengkap mulai dari dusun, desa, kecamatan, hingga kabupaten. Selain itu data-data lain seperti kode pos, nomor KTP, dan nomor KK juga disertakan.

3. Data asal sekolah

Sesuai dengan namanya, data asal sekolah berisikan informasi mengenai sekolah sebelumnya. Beberapa poin-poinnya antara lain jenis lembaga, status, NPSN, dan nama sekolah.

4. Data orang tua

Terakhir adalah data orang tua. Data orang tua ini bisa berupa data diri ayah, ibu, atau wali. Beberapa data yang harus diisikan adalah nama lengkap, status, NIK, tempat tanggal lahir, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan nomor handphone.

Format Data Siswa Baru Excel
Format Data Siswa Baru Excel

Download

 

Format Data Siswa Baru
Format Data Siswa Baru

Download

 

Format Data Siswa Baru Excel
Format Data Siswa Baru Excel

Download

 

Baca Juga :

Download Format Data Siswa Lengkap

Selain data siswa baru, pengolahan data terkait siswa yang lain adalah data siswa lengkap tiap kelas. Anda bisa menggunakannya untuk rekap data siswa excel agar lebih mudah. Berbeda dengan sebelumnya, data siswa lengkap untuk setiap kelas adalah sebagai berikut.

1. Nama lengkap

Nama lengkap bisa dibuat dan diurutkan berdasarkan urutan alfabetis agar lebih mudah dibaca. Sepertinya di bagian ini tidak ada perhatian khusus yang perlu diberikan, yakni hanya seperti penulisan nama pada umumnya saja.

2. Nomor induk

Pada umumnya, setiap data siswa tiap kelas akan disertakan nomor induk siswa di bagian depan. Di instansi lain mungkin NISN juga akan dituliskan, namun semua tergantung dari masing-masing sekolah.

3. Informasi umum

Informasi umum ini berisi tempat tanggal lahir, alamat, dan identitas orang tua atau wali. Akan tetapi, beberapa memang tidak menggunakannya karena dirasa akan terlalu panjang.

Secara umum, itulah tadi unsur-unsur yang ada pada data tiap kelas. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat contoh format data siswa tiap kelas yang sudah tersedia. Dengan demikian, Anda cukup mengubah atau menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Format Data Siswa Lengkap
Format Data Siswa Lengkap

Download

 

Format Data Siswa Lengkap

Download

 

Format Data Siswa Lengkap

Download

 

Ketahui :

Jadi, sebenarnya format data siswa baru excel dengan data siswa tiap kelas memang memiliki beberapa perbedaan. Salah satu yang cukup terlihat adalah untuk siswa baru informasi yang dicantumkan jauh lebih lengkap seperti asal sekolah hingga latar belakang orang tua. Oleh karena itu, perhatikan hal tersebut ketika ingin membuatnya.

Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *