Fungsi Menu Design Pada Microsoft Word 2010, 2013, 2016

Fungsi design pada Microsoft Word itu apa saja? Apa ada di semua versi Ms Office Word (Word 2007, 2010, 2013 dll)? Ketahui penjelasannya di artikel berikut ini!


fungsi design pada microsoft word

Dalam mengerjakan berbagai pekerjaan kantor di era modern seperti sekarang, penggunaan software Microsoft Office semakin intens. Tak terkecuali dengan Microsoft Word, salah satu lini MS Office yang berguna sebagai program pengolah kata. Kali ini, berikut akan dibahas mengenai salah satu tab menunya yaitu fungsi Design pada Microsoft Word. Berikut simak ulasan selengkapnya.

Fungsi Design pada Microsoft Word

Mempelajari fungsi Design sebaiknya mengetahui fungsi-fungsi yang lain juga pada Microsoft Office Word. Anda yang memakai Ms Office 2007, 2010, 2013 bisa mengetahui menu-menunya dibawah ini.

Menu Bar pada Microsoft Office

Hadir dalam berbagai versi, menu bar yang ada di Microsoft Office Word pun tidak selalu sama. Bahkan tidak semua secara langsung memiliki menu bar Design pada MS Word versinya. Berikut jumlah menu pada jendela Microsoft Word masing masing versi.

1. Microsoft Word 2007 memiliki 7 menu default, yakni Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.

2. Microsoft Word 2010 memiliki 9 menu default, yakni File, Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View, dan Format.

3. Microsoft Word 2013 memiliki 9 menu default, yakni File, Home, Insert, Design, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.

4. Microsoft Word 2016 memiliki 11 menu default, yakni File, Home, Insert, Design, Page Layout, References, Mailings, Review, View, Help, dan juga Format.

Catatan:
Jadi bisa dilihat bahwa menu bar Design di Word hanya ada di MS Office Word versi 2013 dan 2016 saja.

Baca Juga:

fungsi design pada microsoft word

Menu Design pada Ms Word 2016

Group Document Formatting pada Menu Bar Design

Fungsi Design pada Microsoft Word terdapat 2 grup, yaitu salah satunya adalah group document formatting ini.

Dalam hal ini terdapat persamaan dan perbedaan antara fungsi menu Design pada Microsoft Word 2013 dan 2016, dengan fungsi tab Design pada Microsoft Word 2007 atau 2010 yang memang tidak ditampilkan secara langsung.

Perbedaan fungsinya yaitu terdapat themes pada group document formatting di tab Design MS Word 2013 dan 2016, sementara group themes di versi 2007 dan 2010 ada di menu Page Layout.

1. Document style : pengguna bisa memilih format teks atau style document berdasarkan themes yang dipilih.

2. Paragraph spacing : mengubah jarak dan garis paragraf dokumen.

3. Set as default : digunakan untuk dokumen baru.

Sementara persamaan fungsi Design pada Microsoft Word berbagai versi ini adalah sebagai berikut.

1. Themes : tema yang dapat dipilih untuk dokumen, dan mengubah total keseluruhan dokumen termasuk paragraf dan font heading.

2. Colors : mengatur dan memilih warna tema.

3. Fonts : mengatur dan memilih jenis huruf.

4. Effects : mengatur efek pada objek yang ada.

Baca Dulu:

Group Page Background pada Menu Bar Design

Fungsi icon tab Design pada Microsoft Word 2013 dan 2016 tersedia group page background, sementara pada Word 2007 dan 2010 group ini ada di menu bar Page Layout. Namun bentuk icon dan fungsinya tidak berbeda pada semua versi. Berikut fungsi tab Design pada Microsoft Word 2010 maupun lainnya untuk group page background.

1. Watermark : memberikan tanda air atau watermark di belakang lembar dokumen MS Word.

2. Page color : memberikan warna di halaman dokumen MS Word.

3. Page border : fungsi Design pada Microsoft Word satu ini adalah untuk memberikan serta mengatur garis tepi atau bingkai pada halaman, paragraf, maupun teks yang telah dipilih di lembar kerja.

Artikel Terkait:

Berdasarkan ulasan di atas, bisa dibilang bahwa tab menu Design meski tidak secara langsung ada di deretan menu bar pada beberapa versi Microsoft Word. Namun group functionnya sudah ada di berbagai versi tersebut. Yang mana menu Design ini digunakan untuk mengatur halaman secara penuh, berbeda dari Home yang hanya fokus mengatur teks atau huruf saja.

Leave a Reply