Cara Membuat Rumus Atau Simbol Sigma, Delta, Sudut di Word & Excel

Cara membuat simbol sigma, sudut, delta – Saat bekerja menggunakan program Microsoft Office Word maupun Excel, terkadang anda mungkin perlu untuk menulis rumus rumus matematika. Mungkin untuk persamaan kuadrat seperti Y = ax2 + bx + c terbilang mudah karena bisa memanfaatkan superscript. Lantas bagaimana menuliskan simbol sigma di Word dan Excel ? Simak caranya dalam ulasan berikut.

Cara membuat lambang sigma, sudut, delta di Cell Excel

simbol sigma di word

Memang tidak semua informasi dapat dikomunikasikan dengan efektif hanya menggunakan teks biasa. Terkadang dibutuhkan simbol simbol layaknya alpha, beta, sigma, hingga omega. Excel sebagai salah satu program yang termasuk dalam paket Microsoft Office memiliki banyak simbol yang dapat anda gunakan untuk mendukung pekerjaan. Berikut cara menyisipkan atau membuat simbol sigma di Excel.

  1. Buka lembar kerja Excel terlebih dahulu, kemudian klik tab Insert yang ada di antara menu Home dan Page Layout. simbol sigma di excel
  2. Klik Symbol yang dilambangkan dengan simbol Ohm (Ω), letak menu ini lazimnya berada di paling kanan menu bar.
  3. Klik Symbols dan klik tanda panah ke bawah pada font, dan pilih font yang ingin anda ambil sebagai simbol.
  4. Klik simbol yang ingin dimasukkan dan klik Insert lalu Close, maka simbol tersebut akan muncul di cell yang aktif.
    simbol sigma di excel

    Cara menyisipkan simbol sigma di Excel

Pelajari juga:

    1. Perintah Grafik Chart Title Digunakan Untuk Apa?
    2. Kegunaan Shapes di Word
    3. Fungsi Word Art dan Clip Art

Menyisipkan Simbol Sigma dengan Insert Symbol di Word

Memasukkan simbol sigma di Word tidak jauh berbeda dengan cara menyisipkannya di Excel, yaitu dengan mengandalkan menu insert symbol. Ini merupakan cara klasik dan umum untuk menyisipkan berbagai macam simbol, mulai dari simbol sigma, simbol delta segitiga di Word, simbol delta di Word, hingga simbol sudut di Word.

  1. Buka lembar kerja Microsoft Office Word terlebih dahulu, kemudian pilih menu Insert.
  2. Cari menu symbol yang ada di group Symbols. Pilih kode simbol di Word yang juga dilambangkan dengan Ohm (Ω). cara membuat rumus sigma di word
  3. Klik menu symbol sehingga anda akan masuk ke dalam menu symbol. Pilih opsi More Symbol, agar anda dihadapkan pada pilihan berbagai simbol yang jauh lebih lengkap.
  4. Atur subset menjadi Greek and Coptic untuk langsung diarahkan pada bagian simbol matematika. Nantinya di sini anda bisa menemukan simbol alpha, beta, hingga sigma.
  5. Klik simbol sigma tersebut dan pilih Insert di bagian bawah jendela, maka simbol sigma akan muncul pada lembar kerja.
    cara membuat rumus sigma di word

    Cara membuat rumus sigma di Word

Cara membuat lambang sigma dengan kode shortcut simbol di Word

  1. Buka lembar kerja Microsoft Office Word terlebih dahulu. Cara ini bisa lebih cepat, karena hanya dengan cara membuat rumus sigma di Word.
  2. Ketikkan kode simbol untuk simbol yang ingin disisipkan. Lambang sigma di keyboard memiliki kode 03a3 untuk sigma kapital.
  3. Ketikkan kode sigma di lembar kerja, yaitu 03a3.
  4. Tekan tombol ALT + X di keyboard dan blok kode 03a3 yang tadinya sudah diketik.
  5. Setelah itu, simbol sigma di Word akan muncul pada halaman lembar kerja Anda.

Pelajari Juga:

    1. Fungsi Table di Word dan Excel
    2. Fungsi Format painter
    3. Fungsi Drop Cap di Word

Sangat mudah bukan membuat simbol matematika di Microsoft Office Word maupun di Excel ? Bahkan dengan menghafal kode shortcut-nya, anda tidak perlu lagi repot repot untuk mencari satu persatu simbol tersebut di kumpulan simbol lainnya. Cukup ketikkan kodenya, maka dalam beberapa langkah saja simbol sigma sudah muncul di lembar kerja.

Leave a Reply