Cara Mengatur Lebar Kolom & Tinggi Baris Tabel Pada Microsoft Word

Kali ini, Panduanoffice.web.id akan membahas dan menjawab pertanyaan “Bagaimana cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada Microsoft Word ?“.

Jika adik-adik sedang belajar Ms Office Word, pastinya sering menemui kendala yah. Tapi itu hal yang biasa bagi yang sedang belajar Microsoft Word. Untuk lebih jelasnya, yuk baca terus artikel dibawah ini!

Cara Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris Pada Microsoft Word

cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada microsoft word

Bingung cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada Microsoft Word sering terjadi. Kemudahan dalam membuat ada yang menggunakan cara manual atau otomatis. Cara otomatis yang mudah dilakukan tinggal memilih sesuai keinginan tanpa harus ribet mengatur ini dan itu. Namun, ketika menggunakan dan mengharuskan mengatur lebar kolom dan tinggi baris manual ada beberapa yang harus dipelajari.

Pelajari juga: Cara Membuat Dokumen Baru Pada Program Microsoft Word

Cara Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi

Microsoft Word memberikan beberapa fitur yang bisa digunakan oleh pengguna dalam berbagai hal. Cara-cara untuk melakukan suatu pemrograman di fitur Microsoft Word juga bisa diakses di berbagai mesin pencarian. Pada era 4.0 ini teknologi semakin berkembang dan maju. Sebagai generasi milenial sebaiknya harus mengikuti perkembangan zaman dan bisa melakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk pekerjaan di PC.

Kolom dan tinggi baris biasanya digunakan untuk penyusunan tabel. Sebagaimana mestinya tabel yang baik itu memperhatikan unsur yang dimintai sesuai kebutuhan. Ada pun tabel dalam format Microsoft Word sudah disediakan dalam format otomatis.

Namun, ada beberapa permintaan yang mengharuskan membuat tabel secara manual dan itu membutuhkan waktu dan ketelitian yang lebih. Lihai dalam cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada Micrsoft Word dengan lengkap.

Baca Dulu: Fungsi Text Box pada Microsoft Word

Mengatur dengan Fitur Microsoft Word

Ada beberapa cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada Microsoft Word yang disediakan oleh fitur. Namun, dalam memudahkan pekerjaan membuat tabel sebaiknya jalankan sesuai apa yang dimau dan laksanakan dengan kemampuan. Langkah awal, ketika mengotak-atik dalam membuat tabel sebaiknya gunakan mouse.

Ubah kursor yang ada hingga sisi kanan batas kolom yang ada di layar hingga menuju pada sebuah arahan kursor ukuran, sesuaikan kebutuhan lebar kolom yang diinginkan.

Langkah kedua, ada beberapa kolom yang dibatasi dengan ukuran yang sudah ditentukan. Hal ini membutuhkan kerumitan tersendiri. Klik pada pilihan sel yang ingin disesuaikan. Menuju pilihan tata letak dan masuk pada bagian ukuran sel, pilih lagi lebar kolom. Lalu, pada langkah kedua ini tinggal sesuaikan kolom sesuai kebutuhan yang diinginkan. Mudahnya cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada Microsoft Word tersebut karena sudah mengetahui dasar-dasarnya.

Pelajari: File Dokumen Yang Diketik Menggunakan Microsoft Word 2007, Saat Disimpan Dalam Bentuk format

Fitur Tabel Microsoft Word

Dalam tabel terdapat cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada Microsoft Word yang menyediakan berbagai fitur. Setelah cara mengatur lebar kolom sudah dipaparkan dengan dua pilihan cara paling mudah, kini saatnya bagaimana cara mengatur tinggi baris pada sebuah tabel.

Tinggi baris pada tabel yang dibuat secara manual membutuhkan ketelitian yang lebih dibanding secara otomatis.

Langkah pertama, geser mouse hingga kursor membentuk tanda tinggi baris siap diubah. Tarik dan sesuaikan tinggi baris dengan kebutuhan yang telah ditetapkan. Langkah ini merupakan langkah yang paling mudah dilakukan dalam mengubah tinggi baris.

Lalu langkah kedua, sebenarnya hampir mirip dengan cara mengubah lebar kolom, hanya saja ada sedikit perbedaan. Pada langkah kedua membutuhkan tinggi baris tabel. Dua cara ini merupakan cara termudah.

Pada tabel dibutuhkan kerapian dan kesesuaian dengan kebutuhan. Jangan sampai dalam membuat tabel tidak sesuai dan bisa gugur. Lakukan sesuai yang diminta tersebut diharapkan dapat membantu dalam pembuatan tabel yang keren. Karena pekerjaan yang sulit bisa menjadi mudah ketika mengetahui sistem kerjanya.

Pelajari:

Jangan sampai cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada Microsoft Word menjadi pekerjaan yang sulit yang padahal mudah dilakukan oleh siapa pun yang mencermati petunjuk.

Leave a Reply