Mengenal Ikon Tombol Office Button Pada Microsoft Powerpoint

Microsoft Powerpoint merupakan software yang dimanfaatkan oleh berbagai pengguna untuk membuat presentasi, baik dalam bidang pendidikan hingga bisnis. Saat menggunakan software satu ini, anda akan menemukan berbagai menu yang tidak jauh berbeda dari MS Word maupun Excel. Seperti tombol Office Button pada Microsoft Powerpoint berisikan menu yang sama.

Mengenal Icon Office Button

Saat membuka jendela kerja Microsoft Powerpoint, anda akan menemukan menu bar di bagian atas lembar kerja. Dimana Office Button adalah icon yang berada paling kiri di samping berbagai menu yang ada, atau lebih tepatnya tombol ini terletak di bagian pojok kiri atas dari lembar kerja Microsoft Powerpoint.

tombol office button pada microsoft powerpoint berisi

Tombol Office Button sendiri mempunyai dua area atau dua bagian opsi, yaitu di sisi kiri dan juga di sisi kanan. Untuk sisi kiri terdapat 9 perintah yang bisa dipilih dan terdiri dari opsi New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, serta Close. Yang mana masing masing opsi tersebut mempunyai fungsi berbeda beda antara satu sama lain.

Sementara untuk area sisi kanan pada menu Office Button merupakan bagian Recent Documents. Untuk membuka file Powerpoint yang sudah ada dapat membuka ikon Office Button dan langsung memilih file yang ditampilkan di Recent Documents tersebut. Dalam hal ini, Microsoft Powerpoint versi 2007 dan 2010 memiliki sedikit perbedaan.

Pasalnya MS Powerpoint 2010 tidak menampilkan Office Button, namun diganti dengan menu File. Jika tombol Office Button pada Microsoft Powerpoint 2007 berisi 9 perintah yang telah disinggung sebelumnya, maka tombol Office Button pada Microsoft 2010 berisi 13 fungsi menu yaitu Home, New, Open, Info, Save, Save As, Print, Share, Export, Close, Account, Feedback, dan Options.

Fungsi Office Button di MS Powerpoint 2007

Tombol office button pada Microsoft Powerpoint berisi 9 perintah yang berkaitan dengan manajemen dokumen. Berikut ketentuan masing masing perintah tersebut.

1. New : digunakan untuk membuka slide atau lembar kerja baru. Bisa juga menggunakan tombol pintasan CTRL + N pada keyboard untuk melakukan aksi ini.

2. Open : digunakan untuk membuka file yang telah anda simpan pada perangkat (CTRL + O).

3. Save : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang sedang dikerjakan (CTRL + S)

4. Save As : tidak jauh berbeda, Save As akan membantu anda menyimpan dokumen pada folder yang diinginkan.

5. Print : digunakan untuk mencetak dokumen (CTRL + P)

6. Prepare : mempersiapkan perubahan pada dokumen sebelum dipresentasikan atau disimpan.

7. Send : tombol Office Button pada Microsoft Powerpoint berisi Send berguna untuk mengirim file dengan cepat, baik melalui fax atau email.

8. Publish : untuk publikasi hasil presentasi.

9. Close : untuk keluar dari presentasi pada lembar kerja yang sedang dijalankan.

Fungsi Office Button di MS Powerpoint 2010

1. Home : kembali ke halaman awal.

2. New : membuat dokumen baru.

3. Open : membuka file dokumen yang sebelumnya sudah pernah dibuat.

4. Info : menampilkan informasi file yang tengah dibuka.

5. Save : menyimpan dokumen dengan nama sama.

6. Save As : menyimpan file dengan nama berbeda.

7. Print : mencetak file.

8. Share : membagikan dokumen secara online.

9. Export : mengubah dokumen ke format lain.

10. Close : menutup dokumen tanpa keluar program.

11. Account : menampilkan informasi program seperti versi dan tema.

12. Feedback : memberi masukan dan penilaian pada produk Powerpoint milik Microsoft.

13. Options : tombol Office Button pada Microsoft Powerpoint berisi Options berguna untuk mengatur tampilan toolbar.

Jadi fungsi Office Button pada MS Powerpoint versi 2010 bisa dilihat pada menu File, yang mana perintah di dalam menu tersebut tidak jauh berbeda atau hanya diberi beberapa tambahan perintah saja. Intinya menu tersebut bisa anda gunakan untuk manajemen dokumen pada Powerpoint.

Leave a Reply