Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Tips Belajar Membuat Aplikasi Kasir Menggunakan VBA di Microsoft Excel

3 min read

cara membuat aplikasi kasir menggunakan vba di microsoft excel

Bagi seorang progammer, tentu tidak asing lagi dengan istilah VBA. Namun bagi orang awam, tentu hanya sebatas mengenal aplikasinya yang dapat digunakan pada Ms Excel. Untuk itu, dikesempatan kali ini kami ingin berbagi tentang cara membuat aplikasi kasir menggunakan VBA di Microsoft Excel lengkap yang dapat kalian coba.

Apa itu VBA di Microsoft Office Excel?

VBA (Microsoft Visual Basic for Applications) merupakan sebuah turunan bahasa pemrograman yang berasal dari bahasa pemrograman Visual Basic yang sudah dirilis sejak tahun 1993.

cara membuat aplikasi kasir menggunakan vba di microsoft excel

Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft ini sejatinya adalah kombinasi yang terintegrasi antara bahasa pemomgraman Visual Basic dengan lingkungan pemrograman visual basic editor.

Tujuan dibuatnya VBA ialah untuk mempermudah para programer dan app desainer dalam mendesain serta membangun program visual basic yang terdapat dalam aplikasi utamanya yakni Ms Office yang diperuntukan untuk beragam aplikasi tertentu.

Saat ini, versi terbaru dari VBA yaitu versi VB.NET 2017 yang berjalan di CLR .NET. Versi ini kompatibel terhadap semua program Microsoft Office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Access Power Point, Microsoft Outlook, Microsoft Visual Studio, dan Microsoft Front Page.

Baca Dulu: Fungsi Terbilang Excel

Fungsi dan Kegunaan VBA

Fungsi VBA adalah untuk melakukan otomatisasi sebuah sistem. Dengan menggunakan VBA, maka pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang dan kompleks dapat diselesaikan secara otomatis.

Kegunaan utamanya tentu untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih efisien karena mampu menggantikan pekerjaan manual. Dengan begitu, proses input data dan perhitungan Excel bisa dilakukan secara otomatis, tanpa perlu campur tangan manusia lagi.

Sejak awal, VBA sudah didesain untuk menjalankan beragam jenis tugas. Salah satunya ialah untuk mengkustomisasi aplikasi Microsoft Office dan Microsoft Visual Stiduo.

Dari segi tugasnya, VBA berbeda jauh dengan Microsoft Visual Basic. VBA hanya dapat dibangun di Ms Office untuk mengendalikan fungsi-fungsi yang ada didalamnya dalam menjalankan rangkaian objek yang telah terprogram.

Sementara Microsoft Visual Basic dibuat untuk membuat fungsi pemrograman tingkat lanjut untuk menghasilkan program yang lebih kompleks yang bisa digunakan pada sistem operasi Windows maupun Ms Office itu sendiri.

Pelajari:

Cara Membuat Program Kasir dengan Excel

VBA merupakan bahasa pemrograman yang simpel namun powerful. Akan tetapi, bagi kalian yang belum punya pengalaman sama sekali dalam menggunakan VBA, tentu akan kesulitan dalam mengkustomisasi Office menggunakan VBA.

Untuk itu, dikesempatan kali ini kami tidak ingin memberikan metode tingkat lanjut yang digunakan untuk membuat program kasir dengan Excel, melainkan hanya penjabaran basic seputar tips menggunakannya. Jika penasaran, simak informasinya di bawah ini:

1.      Kuasai Bahasa Pemrogaman VBA

Memang, VBA jauh lebih simpel dari Visual Basic, namun bagi yang belum pernah mempelajari Visual Basic sejak awal tentu akan kesulitan dalam memahaminya. Karena itu penting sekali untuk menguasai bahasa pemrograman ini terlebih dhaulu.

judul gambar

Beberapa hal yang perlu kalian pelajari seputar bahasa pemrograman VBA meliputi:

  • Visual basic editor
  • Kode / syntax
  • Objek model
  • Method
  • Property
  • Macros
  • Variable
  • Looping
  • Branching

2.      Buatlah Projek Awal yang Sederhana

Jika kalian sudah mendalami tentang bahasa pemrograman VBA, maka buatlah projek atau tugas awal yang didasarkan untuk mengatasi masaah-masalah yang sederhana. Sebagai contohnya menghitung formasi penjumlahan dan pengalian dalam aplikasi kasir.

Dalam dunia pemrograman, segala sesuai tidak bisa langsung menuju ke sesuai yang kompleks. Karena itu, silakan pikirkan sebuah masalah lalu pecah lagi ke dalam bagian yang lebih kecil, bagi setiap masalah tersebut dalam suatu modul, lalu pecahkan masalah tersebut. Jika kode pemrograman berhasil, silakan lanjutkan ke bagian selanjutnya.

3.      Debugging

Saat membuat sebuah kode pemrograman, tentunya pernah mengalami eror bukan? Dalam VBA ada dua macam eror yang perlu kalian tahu, yakni:

  • Run-time errors: kondisi dimana sintaks / kode tampak tersusun dengan benar namun terjadi eror saat VBA mencoba menjalankan kode tersebut. Eror semacam ini cukup sulit dicari kesalahannya sehingga perlu debugging berkali-kali untuk mencari tahu detailnya.
  • Syntax eror: kesalahan dalam penulisan bahasa pemrograman sehingga kode tidak berjalan dengan sempurna. Untuk memecahkan kode ini lebih mudah karena Visual Basic Editor akan memberi tanda atau petunjuk pada baris kode yang eror.

4.      Gunakan Referensi dari Komunitas

Komunitas VBA sangatlah besar. Jika kalian menemui kendala saat mencoba membuat aplikasi kasir menggunakan bahasa pemrograman satu ini, maka tanyakan saja di VBA Community.

Ada banyak sekali informasi seputar cara membuat aplikasi kasir menggunakan VBA di Microsoft Excel lengkap di komunitas VBA yang bisa dibaca sesuka hati. Selain itu, tersedia juga kumpulan contoh kode VBA yang sudah jadi sehingga bisa copy paste sesuai kebutuhan.

5.      Kunjungi Microsoft Office Developer Center

Jika masih kesulitan dalam menemukan referensi yang tepat untuk membuat program kasir menggunakan excel, silakan kunjungi saja Microsoft Office Developer Center.

Atau kalian juga dapat menggunakan referensi dari menu Bantuan Office dengan cara:

  1. Klik menu “Bantuan” pada Excel dengan cara tekan F1.
  2. Pada sebaeah kanan tombol Search, pilih “Developer Reference”.
  3. Pilih “Excel Object Model Reference”.
  4. Silakan browsing sepuasnya untuk menemukan referensi yang epat.

Masih kesulitan dalam membuat aplikasi kasir menggunakan VBA di Excel?

Jika ya, kalian bisa mendownload aplikasi kasir Excel VBA yang siap pakai. Selain programmnya sudah benar-benar jadi / sudah sempurna, kalian pun tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk sekedar trial eror dalam membuat program kasir sendiri.

Berikut ini beberapa aplikasi kasir berbasis VBA untuk Excel yang tersedia secara gratis maupun berbayar:

  • Aplikasi Kasirku v1, v2, v3
  • Kasir Portable
  • Kasir Toko Excel
  • Program Aplikasi Kasir
  • Toko Retail
  • Kasir Sederhana

Ketahui:

Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami berikan seputar cara membuat aplikasi kasir menggunakan VBA di Microsoft Excel secara lengkap. Semoga bermanfaat!

judul gambar
Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text