Cara Membuat & Mengatur Tabulasi di Word 2010

cara membuat tabulasi di word

Pernahkah kamu merasa tidak tahu apa-apa ketika ada yang membahas cara membuat tabulasi di word? Bagi kebanyakan orang mungkin tidak akan terlalu memperhatikan apa itu membuat tabulasi di word lalu kegunaannya apa saja. Karena mayoritas dari kita hanya sekedar membuka worksheets baru lalu mengetik dan melakukan pengaturan umum yang sekedarnya, lalu setelah itu selesai. Padahal banyak sekali hal yang bisa dilakukan jika mengetahui fungsi dari tab itu.

cara membuat tabulasi di word

Secara garis besar fungsi tab dapat dipahami sebagai fasiltas di ms word untuk merapihkan penulisan yang kamu buat. Jika kamu memahami masing-masing fungsinya, maka selain tulisanmu bisa lebih apik, ia juga bisa mempercepat pekerjaanmu. Untuk itu kamu perlu mengenaltabulasi Ms Word terlebih dahulu sebelum membuat dan memanfaatkannya.

Macam-macam Tabulasi

  1. Tabulasi untuk meratakan satu baris tulisan ke sisi kiri.
  2. Tab untuk melakukan perataan satu baris tulisan dengan acuan bagian tengah halaman.
  3. Tabulasi untuk meratakan satu baris tulisan ke sisi kanan.
  4. Tabulasi untuk melakukan perataan pada posisi center halaman yang mengacu pada tanda koma di tulisanmu yang posisinya masih satu baris.
  5. Tabulasi untuk menciptakan vertical line pada satu baris tulisan.
  6. Tabulasi untuk membuat paragraph baru.
  7. Tabulasi untuk membuat rata kiri pada tulisan yang di blok yang bisa saja terdiri dari beberapa paragraf.
  8. Tabulasi untuk menjadikan rata kiri pada satu alinea.
  9. Tabulasi untuk menciptakan rata kanan pada satu Alinea.

Seluruh pilihan tabulasi itu bisa kamu dapatkan di ikon pojok kiri lembar kerjamu. Cara Membuat tabulasi data di word ini akan menjadi gampang jika kamu mengetahui masing-masing penggunaannya. Cara membuat tabulasi di ms word ini akan lebih mudah lagi ketika kamu bisa memanfaatkan keberadaan ruler horizontal dan vertical.

Baca Dulu:  Fungsi Format Painter pada Microsoft Word 

Cara Membuat Tabulasi Data di Word

  1. Aktifkan lembar kerja Microsoft Word mu.
  2. Letakkan kursor pada posisi yang akan diberikan sentuhan tabulasi.
  3. Tentukan fungsi tabulasi yang akan digunakan dengan cara merubah tampilan ikon tab di pojok kiri lembar kerja.
  4. Geser Ruler sesuai kebutuhanmu
  5. Klik tombol Tab di keyboard mu untuk melihat hasil akhirnya.
  6. Selesai

Cara membuat tau mengubah tabulasi dapat dengan sederhana kamu lakukan, karena kamu hanya perlu merubah tampilan ikon sesuai fungsi yang diinginkan pada pojok kiri laman.

Baca Juga:

Cara Membuat Tabulasi Titik di Word

  1. Aktifkan Ms Word dengan membukanya.
  2. Lakukan klik kanan di lembar kerjamu lalu pilih Pargraph.
  3. Ketika jendela baru muncul, pilihlah tabs di sisi bawah.
  4. Ketika jendela berikutnya muncul maka isilah kolom tab position sesuai keinginan dimana titik itu akan kamu mulai. Tuliskan letaknya sesuai posisi yang ditunjukkan pada ruler.
  5. Tentukan pilihan jenis titik-titik yang kamu butuhkan.
  6. Akhiri jendela baru tersebut dengan Ok.
  7. Letakkan kursor di posisi dimana ia akan memulai pemberian titik-titik tersebut.
  8. Gunakan tab keyboard untuk mendapatkan titik-tik berikutnya sampai dengan titik terakhir.
  9. Selesai

Artikel Terkait:

Demikianlah cara membuat tabulasi di word. Hal ini juga berlaku pada cara membuat tabulasi di Microsoft Word 2010. Tabulasi ms word ini sangat membantu ketika tulisan yang atau data yang kamu buat dalam jumlah banyak. Karena ia akan menyederhanakan tugas-tugas yang aslinya bisa saja membebanimu karena akan menguras banyak waktu dan energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *